7 Menu Sahur Tinggi Kalsium yang Patut Kamu Coba Sesekali

www.pexels.com

Ramadan tersisa beberapa hari lagi. Tapi jika dievaluasi, kamu sering banget merasa lesu dan lemas. Padahal setiap hari nggak pernah absen sahur. Mungkin saja ini terjadi karena asupan nutrisi, seperti mineral dan vitamin masih kurang.

Tapi, kamu tetap bisa menjaga asupan nutrisi untuk tubuhmu selama bulan puasa dengan menyantap menu sahur yang tinggi kalsium. Tidak cuma mengenyangkan, saat beraktivitas kamu akan bersemangat dan nggak terasa lapar lagi!

1. Sereal gandum dan susu bebas lemak

pexels.com

Buat yang nggak terlalu suka makanan berat di kala sahur, menu berikut bisa jadi pilihan sehat anti ribet yang bisa kamu terapkan di kala sahur. Mengonsumsi sereal gandum bersama susu rendah lemak bisa menjadi pilihan sahur anti ribet sekaligus kaya kalsium.

Kamu bisa menambahkan kacang-kacangan rendah lemak dalam serealmu. Menambahkan buah-buahan seperti pisang yang kaya akan kalium agar tubuh enggak cepat lemas selama berpuasa juga bisa jadi alternatif yang menarik untuk dicoba.

2. Tempe, tahu dan tumis brokoli dengan jus buah sebagai minuman pelengkap

pexels.com

Untuk kamu yang nggak suka daging-dagingan dan kepingin sahur yang nggak ribet, kamu bisa menumis brokoli, tahu dan menambahkan tempe agar lebih variatif. Selain sederhana, menu ini juga kaya akan asupan kalsium dan protein. Dilengkapi dengan jus buah favorit, pastinya bakalan bikin sahur tambah berenergi.

3. Sarden, tahu dan susu rendah lemak

pexels.com

Untuk penggemar ikan sarden kalengan, kamu juga bisa menjadikan makanan praktis ini menjadi sajian sederhana saat sahur. Kamu bisa menambahkan variasi menu tahu sesuai kesukaanmu. Selain praktis dan rendah lemak, sajian ini agaknya tinggi akan kalsium. Kamu bisa barengi konsumsi makanan ini dengan didampingi susu rendah lemak.

4. Plain yogurt, buah-buahan dan susu dengan oatmeal
pexels.com

Bagi paraa pecinta oatmeal, pastinya nggak akan melewatkan menu sahur yang satu ini. Menggabungkan oatmeal dengan susu rendah lemak dan buah-buahan bisa jadi opsi simple kaya nutrisi untuk tubuhmu. Selain itu, kamu bisa mengonsumsi plain yogurt dengan menambahkan beberapa buah beri sesuai kesukaanmu.

5. Sayur bayam dengan tempe plus jus buah
pexels.com

Sayur bening terkenal mudah dibuat. Maka dari itu, menu ini jadi pilihan simple buat para ibu yang bingung mau masak apalagi untuk sahur. Sayur bayam bisa jadi pilihan anti ribet untuk sahurmu dan keluarga. Bayam yang tinggi kalsium bisa digabungkan dengan jagung manis.

Ditambah jus buah favorit seperti jus jambu yang kaya akan vitamin c, pastinya akan menjaga tubuhmu dari kekurangan asupan vitamin di saat puasa. Tertarik untuk mencoba?

6. Ikan teri dengan sayur tumis plus susu rendah lemak

pexels.com

Untuk penggemar ikan teri juga bisa menjadikan makanan yang satu ini menjadi menu sahur favorit. Pasalnya, ikan teri mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh. Tentunya, harus dibarengi dengan sayuran seperti tumis bayam dan brokoli dan didampingin dengan susu rendah lemak yang nggak kalah tinggi nutrisinnya.

7. Telur rebus, nasi merah, sup bayam dan jus buah

pexels.com

Untuk yang nggak suka nasih putih atau sedang diet, kamu bisa menjaga asupan nutrisi tubuh selama berpuasa dengan menyantap telur dan bayam di kala sahur. Menu telur rebus yang berpadu dengan nasih merah dan didampingi oleh sup bayam bisa jadi pilihan simple untuk sahur.

Kamu juga bisa menambahkan jus dengan pilihan buah favorit. Kamu bisa mendapatkan kalori dari gula di dalam kandungan jus ini.

Berpuasa bukan membuat tubuh dibatasi asupan nutrisinya. Selama berpuasa, tubuh membutuhkan nutrisi dan cairan lebih. Maka dari itu ketika sahur, jangan malas untuk makan dan banyak minum air mineral. Air sangat dibutuhkan untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa nanti.

Selalu dampingi menu makanan dengan berbagai buah segar. Jangan malas juga untuk meminum susu agar tubuh tetap mendapatkan protei, kalsium dan kalium untuk membakar energi di siang hari. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
10 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut yang Menyengat Hidung

10 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut yang Menyengat Hidung

7 Hal yang Harus Dihindari untuk Merawat Kulit Wajah Sensitif

7 Hal yang Harus Dihindari untuk Merawat Kulit Wajah Sensitif

Tips Dapetin Baju Branded Dengan Harga Terjangkau. Agar Bongkar Lemari Ala Artis Makin Seru!

Tips Dapetin Baju Branded Dengan Harga Terjangkau. Agar Bongkar Lemari Ala Artis Makin Seru!

OOTD Lebaran Perlu Disiapkan oleh Para Hijabers Tomboi

OOTD Lebaran Perlu Disiapkan oleh Para Hijabers Tomboi

Gerakan Ini Mampu Segarkan Tubuh Pegal Saat Bekerja

Gerakan Ini Mampu Segarkan Tubuh Pegal Saat Bekerja

[INFOGRAPHIC] Tips Punya Kulit Cerah dan Cantik Selama Bulan Ramadhan!

[INFOGRAPHIC] Tips Punya Kulit Cerah dan Cantik Selama Bulan Ramadhan!

loading