7 Manfaat Temulawak Buat Tubuhmu. Bikin Makin Sehat Tanpa Keluar Banyak Uang

13 September 2017
|Chandra W.
0SHARES

Salah satu tanaman berkhasiat yang banyak ditemukan di Indonesia adalah temulawak. Tanaman yang masuk jenis rimpang seperti jahe, kunyit, dan kawan-kawannya ini sejak lama terkenal manfaatnya meningkatkan nafsu makan. Tapi sebenarnya temulawak memiliki banyak manfaat selain untuk meningkatkan nafsu makan, lho! Dikutip dari mediskus dan omsehat, ini tujuh manfaat temulawak yang berguna banget untuk tubuhmu:

1. Memproses racun

Sebagai organ yang bertugas menampung racun dalam tubuh, kerja hati bisa dipastikan sangat berat. Temulawak mengandung katagoga yang dapat merangsang hati untuk lebih cepat memproses racun-racun yang masuk ke dalam hati dan empedu. Bukan hanya pasangan yang dapat menjaga hati, temulawak juga bisa. Caranya cukup dengan menaburkan ekstrak atau bubuk temulawak di atas makanan.

2. Sebagai antioksidan

Setiap hari, tubuh kita terpapar radikal bebas yang sangat berbahaya jika terus tertimbun dalam tubuh. Kandungan kurkumin dalam temulawak mampu menangkal radikal bebas. Caranya mudah. Cukup rebus temulawak dan minum airnya tiga kali sehari.

3. Mengobati masuk angin

Cuaca buruk, keseringan naik motor nggak pakai jaket, atau terpapar AC seharian biasanya bikin masuk angin. Kalau udah masuk angin, rasanya malas mau ngapa-ngapain. Biar cepat sehat, minum rebusan temulawak dan gula jawa secukupnya selagi hangat. Badan kamu pasti jadi lebih enakan, karena salah satu manfaat temulawak yaitu mengobati masuk angin.

4. Mengatasi jerawat

Jerawat kini bukanlah masalah yang serius karena sudah banyak sekali perawatan wajah yang dapat diambil baik secara alami maupun kimiawi. Melalui cara alami, Anda bisa memilih bahan temulawak. Haluskan temulawak lalu peras untuk mengambil sarinya. Tambahkan sedikit air agar tidak terlalu pekat. Celupkan kapas ke dalamnya, lalu dengan segera oleskan kapas tersebut pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan secara rutin untuk penyembuhan jerawat lebih cepat.

5. Menambah nafsu makan

Sudah bukan rahasia lagi, temulawak mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya mudah: campurkan temulawak 25 gram dengan 10 gram asam jawa dan gula merah. Rebus dalam 600 cc air putih hingga airnya tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat.

6. Membantu melancarkan buang air besar

Manfaat temulawak selain meningkatkan nafsu makan, juga dapat melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang berada di dalamnya. Selamat tinggal sembelit!

7. Membantu pemulihan kesehatan tubuh

Kandungan borneol dalam temulawak dapat membantu menyembuhkan luka atau penyakit dalam tubuh. Bagi kamu yang sedang dalam masa penyembuhan, konsumsi temulawak untuk mempercepat prosesnya.

Itulah beberapa manfaat temulawak yang baik bagi kesehatan. Ternyata, selain bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, temulawak punya banyak manfaat lain untuk tubuh. Jangan sedikit-sedikit minum obat, ya. Cukup minum rebusan temulawak aja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES