7 Makanan yang Terbuat dari Darah, Ada yang Berasal dari Indonesia!

14 Mei 2018
|Galih Pangestu Jati
118SHARES

Jika kamu menonton film Twilight atau penonton setia serial True Blood, kamu akan melihat para vampir yang meminum darah seperti layaknya meminum jus strawberi. Kamu akan melihat bagaimana darah diteguk dengan sangat puas dan bahagia oleh para vampir tersebut.

Namun, di luar film dan serial tersebut, beberapa masyarakat di dunia memang ada yang mengonsumsi darah sebagai makanan mereka. Darah hewan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah makanan. Kali ini, Yukepo akan membahas beberapa makanan yang terbuat dari darah hewan, ada yang dari Indonesia juga ternyata.

1. Tiet canh - Vietnam

Tiet canh merupakan makanan dari Vietnam yang terbuat dari daging bebek, jeroan bebek, dan juga darah bebek. Darah bebek yang masih segar ditampung di dalam sebuah mangkuk kemudian dicampur dengan saus ikan. Pencampuran ini dilakukan untuk mencegah darah menggumpal.

2. Cabidela - Portugal

Makanan dari Portugal ini terbuat dari darah kelinci atau ayam. Kemudian, darah tersebut dicampur dengan vinegar dan disajikan bersama nasi hangat.

3. Czernina Przepis - Polandia

Makanan ini terbuat dari darah bebek yang dicampur dengan gula dan cuka. Kemudian, makanan ini disajikan dengan pasta, kentang rebus, atau bakso.

4. Saren - Indonesia

Saren biasa disebut dengan dideh atau marus, merupakan makanan yang berasal dari darah binatang yang disembelih. Kemudian, darah tersebut dibekukan dengan cara dikukus. Saren biasanya dijadikan bahan makanan untuk sate opor, dan beberapa jenis makanan lain.

5. Blodplattar - Swedia

Blodplattar merupakan sebuah makanan yang mirip dean pancake. Namun, yang membedakannya dengan pancake adalah komposisi bahan pembuatnya. Makanan ini terbuat dari darah babi, tepung, bawang putih, dan beberapa rempah-rempah lainnya.

6. Mykyrokka - Finlandia

Mykyrokka merupakan sup tradisional yang berasal dari Finlandia. Sup ini terbuat dari usus, darah, bawang putih, dan kentang.

7. Dinuguan - Filipina

Hidangan ini merupakan sejenis casserole yang terbuat dari daging dan darah babi. Tak hanya itu, makanan ini juga dicampur dengan cuka, lada, bawang putih, merica, dan darah yang dimasak dengan baik. Biasanya disajikan dengan nasi.

Deretan makanan tersebut mungkin terdengar menakutkan buat sebagian orang. Bahkan, untuk sebagian kepecayaan, makanan-makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi karena haram. Namun, perlu dicatat juga bahwa makanan-makanan ini merupakan sebuah warisan kebudayaan sebuah masyarakat. Yang perlu dilakukan, kita hanya perlu menghargainya saja, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
118SHARES