7 Makanan Olahan Jagung dari Berbagai Negara Ini Bikin Kamu Penasaran Sama Rasanya

13 Mei 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Sebagai salah satu makanan yang memiliki karbohodrat tinggi, jagung banyak dipilih sebagai santapan utama. Bahkan di beberapa negara, jagung merupakan makanan pokok sebagai pengganti nasi. Selain itu, rasanya yang manis dan gurih membuat jagung bisa dinikmati walau hanya direbus atau dibakar saja. Tak heran jika banyak orang yang gemar dengan makanan berbahan dasar jagung. Di beberapa negara, ada banyak jenis makanan yang berbahan dasar jagung. Berikut beberapa olahan jagung dari berbagai negara. 

1. Popcorn khas Amerika

Siapa yang tak pernah mencicipi makanan ringan yang satu ini? Biasa menjadi teman saat menonton film di bioskop, popcorn merupakan camilan khas Amerika Serikat yang sudah ada sejak 1930-an. Untuk menciptakan rasa gurih yang bikin nagih, popcorn biasanya dicampur dengan mentega dan keju. Tak hanya asin, ada pula popcorn dengan carian rasa caramel.  

2. Makai Paka – Afrika

Makai paka adalah menu makanan yang sangat populer di tanah Afrika, khususnya Afrika Timur. Cara membuat makanan yang satu ini tergolong mudah. Jagung utuh dipotong menjadi dua bagian, lalu direbus dengan santan kelapa ditambah cabai hijau, bumbu kunyit, dan daun ketumbar. Cocok buat kamu penikmat makanan pedas. 

3. Tortilla – Meksiko

Meski tampilannya tak menandakan ada keterkaitan dengan jagung, makanan asal Meksiko ini memang terbagi menjadi dua. Ada yang menggunakan gandum sebagai bahan utamanya, ada juga yang menggunakan jagung. Namun, tortila sendiri pertama kalinya muncul dengan berbahan dasar jagung.  

4. Polenta – Italia

Terlihat seperti kentang tumbuk, polenta adalah makanan kha Italia yang biasa disantap sebagai pengganti pasta atau mashed potato. Polenta dibuat dari jagung yang dikeringkan lalu ditumbuk menjadi bubuk halus dan dijadikan bubur. 

5. Bakwan jagung – Indonesia

Kalo makanan berbahan jagung yang satu ini tentunya sudah tak asing di lidah orang Indonesia. Biji jagung yang dicampur dengan tepung, bawang merah, ketumbar, dan garam. Lalu adonan tersebut digoreng di sebuah minyak panas sampai kekuningan. Paling nikmat disantap selagi hangat. 

6. Cachapas – Venezuela

Terlihat seperti mirip pancake dan roti cane, cacaphas merupakan makanan khas Venezuela yang berbahan dasar jagung yang dihaluskan dan diaduk dengan tepuk. Setelah dihaluskan, adonan tersebut digoreng setengah matang. Setelah itu adonan diangkat dan ditaburi keju mozarela di atasnya. 

7. Spicy corn salad – Thailand

Berbeda dengan olahan pada umumnya, kali ini ada salad khas Thailand yang berbahan dasar jagung. Terdiri dari jagung rebus yang dicampur dengan saus khusus yang terbuat dari cabai jalapeno, garam, dan bawang putih.  Rasanya yang pedas segar, membuat lidah ketagihan. 

Ternyata tak hanya dibakar atau direbus, jagung juga bisa diolah dengan berbagai cara dan menciptakan makanan lezat tiada tara. Jika di Indonesia, jagung sendiri bisa banyak diolah menjadi berbagai makanan lezat. Sebut saja seperti jagung bakar, jasuka (jagung susu keju), bakwan jagung, bubur jagung, dan masih banyak lagi. Di antara banyaknya olahan jagung, menu mana yangmenjadi favoritmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES