7 Makanan Khas Indonesia yang Sudah Melegenda Ini Dibuat Dari Bahan Ekstrem

15 Juni 2018
|Reza Pratama
0SHARES

Kuliner Indonesia memang dikenal sangat beragam, bahkan keberagaman kulinernya tersebar di setiap daerah. Beberapa di antaranya bahkan sampai mendunia. Namun, dari banyaknya berbagai kuliner khas nusantara yang melegenda, ternyata ada beberapa di antaranya dibuat menggunakan bahan dasar ekstrem. Tetapi justru sebagian orang malah menikmatinya seperti makanan lezat pada umumnya. Yuk langsung aja kita intip beberapa makanan legendaris Indonesia yang berbahan dasar ekstrem. 

1. Paniki

Kuliner khas Manado yang satu ini tergolong ke makanan yang lumayan ekstrem. Bukan menggunakan ayam atau sapi sebagai bahan dasarnya, paniki dibuat dari daging kalong atau kelelawar. Daging kalong yang sudah dibakar terlebih dahulu, kemudian dimasak bersama santan dan berbagai rempah. Selain dijadikan makanan berkuah, di Manado daging kalong pun biasa dijadikan sate ataupun digoreng. Tertarik mencoba?

2. Kawok

Bisa dilihat dari bentuknya, daging tersebut jelas bukanlah daging ayam atau makanan lain yang biasa kita makan. Kawok merupakan makanan kha Manado yang berbahan dasar daging tikus. Tapi bukan tikus yang biasa di got atau gorong-gorong ya guys. Melainkan tikus hutan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Kawok biasanya disajikan dengan cara dipanggang layaknya ayam dan ada juga yang digoreng bumbu rica-rica. 

3. Ampiang dadiah

Jika dilihat dari penampilannya, makanan yang satu ini terlihat biasa-biasa saja. Bahkan mungkin terlihat menggiurkan. Namun jika kamu tahu makanan ini dibuat dari susu kerbau yang difermentasikan, apakah kamu masih tertarik untuk mencicipinya? Ampiang dadiah adalah kuliner khas Minangkabau yang bertekstur lembek dan memiliki rasa seperti yogurt. Tetapi warga sana biasa menikmati ampiang didah bersama dengan nasi panas dan sambal. 

4. Pagit-pagit

Terlihat seperti makanan sayur pada umumnya, siapa sangka jika makanan ini terbuat dari sisa rumput yang ada di usus sapi. Makanan khas Sumatera Utara ini merupakan sajian khusus adat istiadat sebagai bentuk raya syukur. Bagi warga suku Batak Karo, makanan ini memiliki cita rasa lezat dan bikin nagih di lidah. 

5. Botok tawon

Dari bentuknya saja mungkin sudah bikin sebagian orang kehilangan nafsu makannya. Eits tetapi jangan salah, makanan yang terbuat dari sarang tawon ini nyatanya nikmat bagi para warga Banyuwangi. Sensasi daging tawon muda bercampur rempah-rempah bikin lidah bergelinjang. 

6. Sambal tumpang

Sambal tumpang merupakan kuliner khas Kediri yang dibuat dari tempe busuk yang dihaluskan. Tempe busuk di sini adalah tempe yang difermentasikan sampai teksturnya menjadi lembek dan lunak. Dibuat dengan berbagai bumbu khas, sambal ini bisa membuat nafsu makan bertambah.  

7. Gulai cipuik

Makanan ekstrem yang terakhir berasal dari Tanjung Pinang, Riau. Bahan utama yang digunakan dalam membuat gulai cipuik adalah siput berukuran kecil. Siput dimasak dengan rempah-rempah dan santan menciptakan rasa gurih yang tak terlupakan. 

Nah, itulah beberapa makanan legendaris khas Indonesia yang berbahan dasar esktrem. Mungkin kamu merasa makanan-makanan di atas terlihat menjijikan dan bikin nggak nafsu makan. Tetapi di daerahnya, makanan tersebut menjadi primadona sebagai santapan yang lezat. Nah di antara makanan di atas, mana yang ingin kamu coba?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
0SHARES