7 Langkah Tanggap Cegah Kanker Payudara. Momok Bagi Wanita Ini Harus Dilawan!

0SHARES

Tidak pandang usia, kanker payudara tetap menjadi momok menyeramkan bagi perempuan di seluruh dunia. Risiko terjangkitnya kanker payudara disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah faktor keturunan atau genetik, periode menstruasi, hingga usia.

Meski begitu, ada banyak perempuan yang masih kurang paham tentang penyakit yang satu ini. Penyuluhan dan sosialisasinya pun hanya menyentuh wanita di beberapa lapisan masyarakat saja. Awarness wanita pun jadi masih belum sepenuhnya maksimal.

Masih belum terlambat kok, ladies. Ayo lakukan pencegahan dini kanker payudara sejak dini dengan beberapa tips berikut ini.

1. Berteman baik dengan makanan sehat, jauhi yang jahat-jahat

Hidup sehat memang jadi kunci utama dalam mencegah datangnya segala penyakit. Demikian pula dengan kanker payudara. Mengonsumsi buah--diutamakan yang berwarna kuning--dan sayur secara rutin, dapat menurunkan risiko perempuan terkena penyakit menyeramkan ini. Selain itu, jauhi juga konsumsi minuman alkohol yang memang memberikan efek jahat bagi tubuh kita.

2. Olahraga rutin, yuk biarkan badanmu bergerak bebas

Menunjang asupan tubuh dengan makanan sehat saja masih belum cukup. Ada baiknya kita mengimbanginya dengan olahraga teratur. Nggak perlu ribet atur jadwal fitness kok, cukup dengan rajin berjalan kaki, berenang, atau sekedar meluangkan waktu untuk jogging di pagi hari saja. Agar tubuhmu tetap fit dan jauh dari risiko terkena penyakit. Termasuk kanker payudara ini tentunya.

3. Hidup sehat dan bahagia tanpa radiasi

Ini penting banget buat diketahui sejak dini. Biasanya perempuan masa kini senang sekali berkutat dengan media sosial yang diakses dari smartphone. Padahal, seringkali mereka justru mengalami tekanan sosial yang menimbulkan rasa stres ringan hingga berat.

Selain itu paparan radiasinya juga berpotensi mengundang hadirnya penyakit kanker payudara. Tapi radiasi nggak hanya dari handphone sih, bisa juga bersumber dari paparan bahan kimia di tempat kerja atau tempat lain. Kuncinya tetap hidup bahagia dan minimalisir paparan radiasi ya.

4. Nggak perlu selangsing model, yang pentung jaga berat badan

Mengontrol berat badan nggak cuma dilakukan untuk mendapat bentuk badan yang ideal bak artis idola, tapi lebih dari itu. Mengontrol berat badan juga berfungsi untuk menghindari datangnya penyakit berbahaya. Menurut survey, perempuan dengan berat badan berlebih atau mengalami obesitas cenderung memiliki risiko mengidap penyakit kanker payudara lebih tinggi dari mereka yang berberat badan normal.

5. Memberikan ASI

Bagi yang sudah menikah dan memiliki buah hati, proses pemberian ASI dengan menyusui ternyata juga memiliki khasiat yang baik untuk sang ibu. Yaitu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Bila memang kondisi memungkinkan, jangan malas atau ragu untuk memberikan ASI secara langsung pada anak. Dengan menyusui, kestabilan hormon estrogen pada perempuan akan terkontrol dengan lebih baik. Sehingga risiko kanker payudara pun semakin mengecil.

6. Konsumtif pada pil KB

Guna mencanangkan program dua anak lebih baik, banyak perempuan yang memutuskan untuk mengonsumsi pil KB. Pada dasarnya pil KB itu aman untuk dikonsumsi, akan tetapi juga memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh yaitu meningkatnya resiko mengalami kanker payudara. Tapi jangan khawatir, risiko ini akan menurun atau menghilang seiring dengan pemberhentian konsumsi pil KB ini kok.

7. Wajib periksa diri

Salah satu cara mencegah kanker payudara sejak dini lainnya adalah dengan rutin memeriksa diri sendiri. Mungkin bisa ketika mandi, atau ketika berganti pakaian jangan lupa untuk mengontrol bentuk payudara kamu. Apakah bentuknya berubah atau timbul benjolan mencurigakan.

Kalau memang ada yang aneh dan menggangu pikiranmu, segerakan untuk memeriksanya ke dokter. Harus berani ya daripada terlambat!

Selain cara diatas, lebih dasar sebenarnya kita harus selalu berpikiran positif dan menjaga kondisi tubuh dengan baik. Jangan lupa juga untuk tetap berdoa kepada sang pencipta agar senantiasa diberikan kesehatan. Kalau kamu peduli dengan teman, pacar, adik, kakak ataupun sahabat, yuk sebarkan informasi ini agar semuanya lebih waspada dengan kanker payudara. Salam sehat, ladies!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
0SHARES