7 Kuliner Nikmat dan Lezat yang Nggak Bisa Kamu Temukan Selain di Pontianak

21 Juni 2018
|Reza Pratama
123SHARES

Setiap kota atau daerah di Indonesia selalu memiliki kuliner-kuliner khas nan nikmat yang nggak bisa kamu temui di mana pun. Inilah kenapa Indonesia dikenal sebagai surganya kuliner. Belum lagi tiap-tiap daerah selalu punya makanan andalan yang terkenal dan ikonik dari kota tersebut. Salah satu kota yang terkenal dengan surganya kuliner adalah Pontianak. Beberapa makanan khas kota ‘Khatulistiwa’ ini memang terkenal seantero nusantara. 

Berikut 7 makanan lezat yang nggak bisa kamu temui di pelosok dunia mana pun selain di Pontianak. 

1. Bubur Ikan

Jika bubur pada umumnya menggunakan beras yang direbus hingga lembek dan ditambahi topping ayam, ati, dan lain-lain. Meski sama-sama menggunakan beras sebagai bahan utamanya, yang membedakan bubur ikan khas Pontianak dengan bubur biasa adalah adanya potongan ikan laut/sungai ditambah gurihnya kuah. 

2. Lek Tau Suan

Lek tau san merupakan makanan yang terbuat dari kacang hijau dan dimasak dengan kuah kental dari campuran gula pasir, tepung tapioka, dan daun pandan. Lalu kemudian di atasnya diberi potongan cakwe sebagai pelengkap. 

3. Chai Kue/Choi Pan

Memiliki penampilan seperti pangsit rebus dan dimsum, choi pan dibuat dari tepung beras yang dipipihkan seperti kulit pangsit dan diisi dengan bengkuang, kedelai, dan sayuran bawang kuchai. Lalu sebagai finishing, di atasnya diberi potongan irisan bawang putih membuat rasa semakin mantap di lidah. 

4. Pengkang

Sepintas mungkin terlihat seperti nasi bakar, tetapi makanan ini lebih masuk ke dalam kategori jajanan. Makanan gurih ini terbuat dari beras ketan yang dalamnya diisi ebi dan dibungkus daun pisang lalu diikat menggunakan bambu untuk kemudian dibakar.  

5. Pisang Goreng Pontianak

Pisang goreng mungkin menjadi makanan yang umum ditemukan di berbagai tempat di Indonesia. Tapi di Pontianak, pisang gorengnya sedikit berbeda. Di sana, kamu akan menemukan pisang goreng yang berbentuk kipas. Tak hanya itu, ada pula yang diolesi srikaya. Soal rasa, nggak usah diragukan lagi.

6. Es Krim Petrus

Nama asli eskrim ini adalah Eskrim Angi, tapi lebih dikenal Eskrim Petrus karena lokasinya yang tepat di depan SMA Santa Petrus Pontianak. Eskrim Petrus diklaim sebagai eskrim tertua di Pontianak, mulai berjualan sejak 60 tahun yang lalu dan kini sudah dikelola oleh generasi ketiga.

Varian Eskrim Petrus bermacam-macam, mulai dari coklat, vanila, durian, alpukat, nangka, sampai rasa cempedak. Isiannya tak kalah bervariasi, ada rumput laut, cincau, dan kacang merah. Untuk penyajian, kamu pasti jarang menemukan di luar Pontianak, yakni disajikan di dalam sebuah batok kelapa yang buahnya masih menempel. Jadi selain menikmati eskrim yang manis, kamu juga bisa makan daging kelapa yang segar.

7. Bingke Berendam

Kue khas Pontianak ini tergolong rumit dalam pembuatannya. Untuk siap dikonsumsi, harus melewati proses pemanggangan sebanyak dua kali, yakni pertama dipanggang di atas api kompor, kedua baru dipanggang di oven. Karena prosesnya yang rumit inilah Bingke Berendam paling banyak diproduksi hanya pada saat bulan Ramadan.

Belum lengkap rasanya jika pergi ke Pontianak tanpa mencicipi satu pun makanan-makanan di atas. Tapi sekarang nggak perlu jauh-jauh ke Pontianak, karena makanan-makanan di atas sudah banyak dijual di berbagai kota. Namun, lebih afdolnya lagi kalo makan langsung di kota asalnya. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
123SHARES