7 Kesalahan yang Sering Dialami Para Pejuang Diet Karbo. Bikin Gagal Total!

www.vix.com

Semakin hari, semakin banyak orang yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Maka saat itu pula bermunculan berbagai macam jenis diet. Mulai dari yang biasa-biasa aja sampai yang ekstrem, ada. Usaha ini tentu saja harus dilakukan dengan benar. Karena jika tidak, yang tadinya mau langsing dan sehat, malah jadi sakit dan masuk UGD. Nggak mau, 'kan?

Tapi, masih ada banyak orang yang masih salah paham dalam menjalankan dietnya. Nggak heran kalau tujuan yang diinginkannya tidak tercapai. Hal ini juga berlaku pada diet karbo. Kalau salah langkah, justru berakibat fatal pada tubuh.

Kamu tentu nggak mau dong kayak gitu. Apalagi kalau ternyata kamu adalah salah satu orang yang menjalankan diet ini. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang pada umumnya yang menjalankan diet karbo. Biar usahamu bisa membuahkan hasil seperti yang diharapkan!

1. Apa sih manfaat diet karbo?

www.arah.com

Manfaat yang pertama tentunya adalah menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan glukosa sehingga tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. Diet ini juga dipercaya lebih ampuh menurunkan berat badan dalam jangka pendek dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Selain itu, juga bermanfaat untuk kesehatan. Seperti meningkatkan kadar kolestrol baik, memperbaiki gangguan metabolisme, diabetes, hipertensi, dan penyakit radiovaskular. Kalau tidak salah dalam prosesnya, banyak sekali 'kan manfaat yang bisa didapat?

2. Terlalu banyak makan karbohidrat

www.rd.com

Nah, kesalahan pertama para pelaku diet karbo adalah terlalu banyak makan karbohidrat. Namanya juga diet karbo, berarti harus mengurangi asupan karbo dong. Kesalahannya terletak pada perkiraan jumlah karbo yang harus dikonsumsi dalam sehari.

"Jika kamu ingin mendapatkan ketosis (proses di mana liver memproses protein jadi glukosa karena tidak adanya karbohidrat dalam tubuh), makanlah di bawah 50 gram karbo tiap harinya," kata Kris Gunnars, ahli diet dan penulis Authority Nutrition, dikutip dari HealthLine.

3. Terlalu banyak mengonsumsi protein

www.delfi.lt

Pejuang diet ini biasanya banyak mengonsumsi protein sebagai pengganti karbo. Protein yang berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang dan menambah pembakaran lemak memang sangat baik untuk dikonsumsi tubuh. Namun, seringkali lebih banyak mengonsumsi protein hewani dibandingkan protein nabati.

Akibatnya, timbulnya ketosis akan terhambat oleh banyaknya asupan protein. Menurut Gunnars, 1,5-2 gram protein dari berat badanmu adalah jumlah yang ideal dikonsumsi dalam sehari.

4. Takut mengonsumsi lemak
www.vix.com

Ini nih ketakutan terbesar bagi yang diet: mengonsumsi lemak! Padahal bagi pelaku diet karbo, konsumsi lemak juga penting lho. Lemak dapat menambah asupan energi ketika kamu tidak banyak mengonsumsi karbohidrat.

Menurut Gunnars, menghindari lemak saat diet karbo adalah kesalahan besar karena bisa membuat pelakunya kekurangan energi dan jatuh sakit. Jadi, tidak perlu takut lemak tapi jangan sembarangan konsumsi lemak! Lemak baik seperti lemak Omega 3 dalam ikan atau minyak zaitun bisa banget dikonsumsi saat menjalani diet ini.

5. Tidak mengisi ulang sodium
www.joyofkosher.com

Sekali lagi nih, kamu harus sangat memperhatikan asupan pengganti karbohidrat. Ketika kamu melakukan diet ini, kadar insulin akan berkurang sehingga tubuh akan membuang sisa-sisa sodium dalam ginjal. Sodium merupakan zat elektrolit penting sehingga jika banyak sodium yang dibuang oleh ginjal, maka kita akan merasakan pusing, lelah, bahkan konstipasi sebagai akibat dari kekurangan sodium.

Oleh sebab itu, Gunnars menyarankan para pelaku diet karbo untuk menambah asupan sodium setiap harinya. Kamu bisa menambahkan garam dalam makananmu atau meminum air kaldu dalam bentuk sup.

6. Melewatkan sarapan

www.rd.com

Ini bisa dibilang kesalahan umumnya. Melewatkan sarapan adalah sebuah kesalahan bahkan bagi orang yang sedang tidak melakukan diet. Sarapan tidak akan menganggu dietmu, asalkan makanan yang dikonsumsi ketika sarapan tetap diperhatikan. Oh iya, waktu sarapannya juga harus diperhatikan ya agar tidak selalu siang.

7. Tidak sabar selama proses diet

www.thesun.co.uk

Selama masa awal diet karbo, kamu akan merasa sedikit tidak enak badan. Hal ini disebut ‘flu rendah karbo’ yang disebabkan oleh tubuhmu yang sedang beradaptasi dengan berkurangnya asupan karbohidrat. Flu rendah karbo ini biasanya berlangsung selama 3-4 hari. Oleh sebab itu, para pelaku diet harus bersabar karena tubuhmu tidak bisa beradaptasi secara instan.

Nah, itu dia kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang sedang diet karbo. Nah informasi tadi bisa jadi tips buat kalian yang sedang diet agar terhindar dari kesalahan yang sama. Selamat berjuang demi badan dan gaya hidup yang lebih sehat ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dede Sunandar, Sang Petugas Kebersihan yang Kini Menjadi Komedian Terkenal - Keepodotme

Dede Sunandar, Sang Petugas Kebersihan yang Kini Menjadi Komedian Terkenal - Keepodotme

Biar Image-mu Terkesan Dewasa, Style Tasya Kamila Ini Bisa Jadi Referensi!

Biar Image-mu Terkesan Dewasa, Style Tasya Kamila Ini Bisa Jadi Referensi!

Mengharukan! Calon Suami Menjadi Korban Lion Air, Wanita Ini Kenakan Gaun Pengantin Sendirian di Tanggal Pernikahannya - Keepodotme

Mengharukan! Calon Suami Menjadi Korban Lion Air, Wanita Ini Kenakan Gaun Pengantin Sendirian di Tanggal Pernikahannya - Keepodotme

Minyak Kelapa Murni Punya Segudang Manfaat buat Hidupmu. Worth-it Banget Pokoknya!

Minyak Kelapa Murni Punya Segudang Manfaat buat Hidupmu. Worth-it Banget Pokoknya!

Lakukan Ritual Khusus, Tenaga Medis Dan Pasien Rumah Sakit Ini Bergiliran Joget Goyang Dua Jari, Suasana Mendadak Heboh     - Keepodotme

Lakukan Ritual Khusus, Tenaga Medis Dan Pasien Rumah Sakit Ini Bergiliran Joget Goyang Dua Jari, Suasana Mendadak Heboh     - Keepodotme

Mau Kamar Kost-mu Jadi Serba Instagramable? 11 Ide Ini Layak Dijadikan Acuan!

Mau Kamar Kost-mu Jadi Serba Instagramable? 11 Ide Ini Layak Dijadikan Acuan!

loading