7 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda. Peluang Besar, Saingan Masih Sepi!

27 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Bisnis produk kreatif saat ini memang lagi hits alias naik daun. Tapi serunya, saingannya masih belum sebanyak bisnis kuliner atau fashion. Nah, bagi kamu yang nggak mau menyia-nyaiakan masa muda dan ingin berbisnis, kamu bisa coba beberapa ide bisnis kreatif berikut ini. Tenang, aja, modal terbesarnya kreativitas dan kerja keras kok. Sisanya bisa kamu sesuaikan dengan budget-mu!

1. Bunga artifisial

Kalau bunga asli yang dipetik dan dijadikan rangkaian bunga, lama-lama akan layu juga, 'kan? Lagipula, bunga asli memang sebaiknya hidup dan nggak dipetik. Nah, membuat bunga palsu atau bunga artifisial bisa banget dijadikan lahan bisnis. Biasanya bunga artifisial dibutuhkan untuk hadiah wisuda, perayaan, atau sekadar hiasan di rumah. Tutorialnya udah banyak banget di internet, bahannya mudah didapatkan dan nggak begitu mahal. Mantap, 'kan?

2. Lilin aromaterapi

Bagi kamu yang nggak tahu mau bisnis kreatif apa dan hanya punya modal nggak nyampe sejuta, kamu bisa coba ide bisnis lilin aromaterapi nih. Bahan-bahan pembuatan lilin terbilang mudah didapatkan dan dengan harga yang terjangkau pula. Semakin unik lilin buatanmu maka harganya juga kompetitif banget. Maka dari itu, kamu bisa jualan dengan cetakan yang bervariasi, warna-warna yang unik dan juga wangi yang spesial. Dijamin laku keras, deh!

3. Bantal cushion

Bantal kursi atau yang sering disebut dengan cushion memang lagi happening, nih. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai lahan bisnis. Apalagi kalau kamu juga jago desain grafis. Misalnya dengan membuat sarung bantal yang desainnya bisa kamu kreasikan. Atau bahkan bentuk bantal yang unik sehingga bakalan cantik banget untuk jadi hiasan pada sofa. Tenang, kamu hanya butuh kain, dakron, mesin jahit, dan ide kreatif aja kok!

4. Perhiasan atau aksesoris

Suka pakai perhiasan seperti kalung, anting, gelang, atau cincin? Yakin deh, bisnis aksesoris itu akan terus ada sampai kapanpun, terutama bagi kaum wanita yang akan selalu membutuhkan. Kamu bisa mulai membuat kalung dari manik-manik, gelang dari anyaman tali, cincin dengan batu yang unik dan kekinian, atau anting yang super cantik dari tanah liat. Kamu juga bisa belajar membuatnya dari tutorial yang ada di internet. Super gampang, nih!

5. Clutch atau sling bag

Dompet kecil atau clutch kini juga tengah digemari. Lebih asyik lagi kalau clutch disertai dengan tali panjang sehingga bisa menjadi sling bag. Ternyata bikinnya nggak sulit dan bahan-bahannya pun sederhana, seperti kain, tali, risleting atau kancing, dan hiasan. Pilih motif atau bahan kain yang atraktif sehingga menjadi daya tarik produkmu. Selain itu, buat juga sebagai clutch yang multifungsi. Bisa jadi dompet atau sling bag. Cus, langsung bisnisin, tuh!

6. Hiasan dinding

Pasti kamu pernah lihat dong hiasan dinding kekinian yang hanya terdiri dari pigura dan quotes atau gambar-gambar menarik? Yap, bisa jadi peluang bisnis banget, tuh! Apalagi kalau kamu jago desain atau gambar, kamu bisa bikin quotes dengan seni handlettering atau bikin pattern yang keren lalu dipasang pada pigura. Dengan tema warna tertentu, produkmu akan lebih keren. Kalau nggak dibikin pigura juga bisa di kanvas kok. Menjanjikan, lho!

7. Tanaman hias

Mungkin kamu pernah dengar terrarium atau seni meletakkan tanaman dalam wadah kaca sehingga seperti akuariumnya tanaman. Nah, terrarium saat ini jadi ide bisnis yang oke punya untuk anak muda. Modalnya sih pengetahuan akan tanaman hias, wadah kaca, bahan-bahan pendukung kehidupan tanaman, dan pastinya kreativitas. Sekarang banyak orang yang tertarik akan terrarium karena lucu banget dijadikan hiasan atau souvenir. Mau coba bisnis ini?

Jadi bagi kamu yang lagi bingung mau bisnis kreatif apa, jangan segan mencoba beberapa ide bisnis berikut ini. Apalagi kalau kamu punya modal yang cukup, bisa jadi peluang untuk mendulang keuntungan, nih!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES