7 Hal yang Kudu Dipikirin Saat Pilih Earphone Bagus. Buat Telinga Jangan Main-main

16 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
97SHARES

Earphone merupakan salah satu kebutuhan anak muda masa kini. Kita butuh benda itu saat di perpus, kafe, saat mengerjakan sesuatu yang butuh fokus, bahkan pura-pura sibuk saat kamu lagi nggak ingin diganggu. Kita juga sering menggunakan benda yang dipasang di telinga ini untuk membunuh rasa bosan ketika dalam perjalanan jauh.

Namun, seringkali kita salah pilih earphone sehingga membuatmu nggak nyaman ketika memakainya. Atau seringkali kita hanya terperdaya harga murah tetapi kualitas dan masa pakainya tidak lama. Pasti kesel banget rasanya. Makanya buat kamu yang sedang membutuhkan referensi untuk memilih earphone yang pas, simak tips di bawah ini. 

1. Pikirkan masak-masak dengan kebutuhan harianmu

Kamu butuh earphone untuk apa saja nih? Apakah untuk olahraga, untuk mengerjakan tugas biasa di depan laptop? Kamu juga butuh yang mudah dibawa ke mana-mana atau nggak? Coba pikirkan baik-baik.

2. Tentukan budget

Penting juga untuk kamu calon pembeli menentukan berapa budget yang kamu alokasikan untuk beli earphone ini. Tentukan sesuai dengan kebutuhanmu, kalau kamu butuh yang standar saja, earphone juga dijual di kisaran harga 30-50 ribu, tetapi kalau kamu mau yang cukup berkualitas pasang budget di kisaran 50-150 ribu. 

3. Pilih over-ear , on-ear, atau in-ear ?

Penting nih, earphone dibagi menjadi tiga tipe. Over-ear yang hanya menempel di daun telinga, biasanya disebut headset. On-ear yang masuk hingga pintu liang telinga, dan tipe in-ear yang bagiannya masuk ke lubang telinga. Sesuaikan dengan preferensimu saja, yang jelas setiap orang punya bentuk dan ukuran lubang telinga yang berbeda, sehingga nggak semua orang nyaman menggunakan tipe in-ear. 

4. Apakah kamu butuh peredam suara?

Peredam suara berguna untuk menghalangi suara di lingkungan luar sampai terdengar ke telingamu. Beberapa earphone punya mode noise cancelation yang bisa mencegahmu mendengar suara kendaraan atau apapun itu di luar suara dari earphone. Konsekuensinya, kamu bisa-bisa nggak mendengar kalau temanmu berusaha memanggilmu bahkan dari meja seberang. 

5. Perlukah beli yang wireless?

Earphone wireless emang praktis banget, terutama buat kamu yang sering aktif bergerak. Namun, harganya tentunya akan lebih mahal dan kamu juga perlu lebih banyak daya untuk memfasilitasi koneksi Bluetooth antara si benda mini nirberkabel dan smartphone-mu. Kebanyakan tipe wireless juga punya kualitas suara yang lebih rendah dibanding earphone normal karena ada proses compression suara. 

6. Merek bukan jaminan

Merek bagus atau terkenal bukan jaminan kalau kamu akan cocok dengan earphone itu. Kamu lebih baik cari banyak-banyak referensi dan ulasan tentang earphone di lapak penjual atau cari tahu di beberapa video unboxing di YouTube.

Selain merek spesialis seperti Beats, Bose, dan Seinheisser kamu bisa coba beberapa alternatif merek lain yang harganya jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang tak kalah bagus. 

7. Kalau kamu punya budget yang lumayan besar coba cari yang berdesain unik

Earphone adalah barang yang akan kamu bawa dan pakai setiap hari. Kalau kamu punya budget lebih, coba cari yang punya desain unik atau warna-warna cerah selain hitam dan abu-abu. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu 'kan earphone mana yang pas dan memang kamu butuhkan? Mulai dari kepraktisan, kualitas suara, hingga, kenyamanan. Yuk mulai berburu yang bagus, demi pengalaman mendengarkan lagu yang memuaskan. Tapi ingat, jangan sampai volume suaranya terlalu kencang ya. Kasihan gendang telingamu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
97SHARES