7 Hal yang Harus Dihindari untuk Merawat Kulit Wajah Sensitif

www.pexels.com

Memiliki kulit sensitif itu ada susah senangnya. Mudah iritasi dan timbul kemerahan, perih, gatal, kulit cenderung kasar dan banyak garis kerutan di area wajah adalah tanda paling umum yang sering dialami oleh pemilik kulit rewel ini.

Kulit yang sensitif juga rawan mengalami peradangan dan cenderung rentang mengalami penuaan dini karena minimnya produksi kolagen. Gawat juga, ya. 

Maka dari itu, kamu harus pintar merawat kesehatan kulit dan menghindari beberapa kebiasaan. Apa saja yang harus dilakukan dan dihindari untuk menjaga kesehatan kulit sensitif?

1. Hindari menggunakan produk pembersih biasa

pexels.com

Kamu harus selektif dalam memilih produk pembersih. Memiliki kulit sensitif itu memang membutuhkan perawatan ekstra yang berbeda dengan kulit normal. Untuk produk pembersih, hindari yang mengandung pemutih, alkohol, amonia, asetat, natrium hipoklorit, trisodium fostat dan etilen glikol monobutil.

Mulailah cermat memperhatikan komposisi bahannya sebelum menempelkannya ke wajah. Ribet di awal itu wajar, demi menjaga kulit supaya nggak gampang iritasi memang nggak mudah.

2. Hindari penggunaan sabun sembarangan

pexels.com

Sabun biasa memiliki kandungan komposisi bahan yang tidak dibutuhkan oleh kulit. Maka, tak jarang produk ini malah bisa membuat kulitmu bermasalah. Kamu bisa menncoba sabun khusus untuk kulit sensitif yang tidak mengandung pewarna, pewangi dan punya kandungan antibakteri yang tinggi.

3. Memilih kosmetik secara cermat

pexels.com

Kamu juga harus menghindari pemakaian kosmetik yang tidak tepat untuk kulit sensitif. Kulit memang menyerap segala kandungan bahan kosmetik. Maka dari itu, yang memiliki kulit jenis ini harus memilih yang non-comedogenic.

Kamu harus menghindari kosmetik waterproof. Ini dikarenakan produk yang tahan air pastinya membutuhkan remover yang tidak jarang mengandung alkohol. Bisa-bisa makin bermasalah deh kulitmu.

4. Hindari dan berhenti merokok
pexels.com

Hal yang selanjutnya harus dihindari adalah tidak merokok. Kegiatan ini memiliki efek negatif yang sangat banyak bagi tubuh, terutama untuk kulit sensitif. Kebiasaan ini juga membuat proses penyembuhan kulit sensitif yang infeksi dan penyembuhan luka yang lebih lama.

5. Jangan mandi dengan air hangat terlama
pexels.com

Menghindari untuk mandi yang terlalu lama dengan air hangat perlu kamu biasakan mulai sekarang. Memang, mandi yang baik itu adalah yang suhu airnya di atas suhu tubuh. Misalk suhu tubuh kita 36 derajat Celcius, usahakan panas airnya tidak lebih dari 37 derajat. Suhu ini akan menjaga kelembaban kulit selama mandinya nggak terlalu lama.

6. Gunakan selalu pelembab

pexels.com

Selalu ingat untuk menggunakan pelembab ke seluruh badan dan menjadi rangkaian wajib buat kulit sensitif. Ketika mandi, minyak alami tubuh akan berkurang. Sementara yang memiliki kulit sensitif, harus menjaga kelembaban kulit.

Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan moisturizer sesudah mandi. Pelembab yang baik dan disarankan untuk kulit sensitif antara lain yang memiliki kandungan minyak zaitun, minyak jojoba, minyak argam dan petrolatum.

7. Hindari membersihkan wajah dengan air hangat

pexels.com

Alasan kenapa harus menghindari mencuci muka dengan menggunakan air hangat adalah kulit wajah yang lebih mudah kering. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan air dingin saat membersihkan wajah.

Untuk sabun cuci muka sendiri, sebaiknya memiliki pH normal kulit yakni sekitar 5,5. Yang perlu diperhatikan juga adalah durasi mencuci muka. Baiknya jangan terlalu lama. Selain itu, usap kulit wajah secara perlahan dan lembut saat mencuci wajah. Hindari pembersih wajah yang mengandung scrub supaya tidak terlalu abrasif di kulitmu.

Buat yang memiliki kulit sensitif, memperhatikan kesehatan dan kelembabannya kulit secara rutin memang penting. Nggak bisa diingkari kalau kulit jenis ini membutuhkan perhatian lebih ketimbang kulit normal. Supaya nggak semakin bermasalah, ikuti saran perawatan di atas ya, guys!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tips Dapetin Baju Branded Dengan Harga Terjangkau. Agar Bongkar Lemari Ala Artis Makin Seru!

Tips Dapetin Baju Branded Dengan Harga Terjangkau. Agar Bongkar Lemari Ala Artis Makin Seru!

OOTD Lebaran Perlu Disiapkan oleh Para Hijabers Tomboi

OOTD Lebaran Perlu Disiapkan oleh Para Hijabers Tomboi

Gerakan Ini Mampu Segarkan Tubuh Pegal Saat Bekerja

Gerakan Ini Mampu Segarkan Tubuh Pegal Saat Bekerja

[INFOGRAPHIC] Tips Punya Kulit Cerah dan Cantik Selama Bulan Ramadhan!

[INFOGRAPHIC] Tips Punya Kulit Cerah dan Cantik Selama Bulan Ramadhan!

OOTD yang Cucok buat Buka Bersama, Biar Wefie Makin Kece

OOTD yang Cucok buat Buka Bersama, Biar Wefie Makin Kece

Ingin Wangi Seperti Artis Korea? Ini 5 Parfum yang Jadi Favorit Mereka!

Ingin Wangi Seperti Artis Korea? Ini 5 Parfum yang Jadi Favorit Mereka!

loading