7 Hal yang Harus Dihindari Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

19 Agustus 2017
|Aiya Shara
0SHARES

Siapa yang nggak pengen lulus kuliah? Kalau udah ngerasain lulus kuliah, rasanya pasti bahagia banget. Tapi, sebenarnya perjuangan nggak berhenti sampai di situ aja, lho. Setelah kamu lulus kuliah, di situlah saatnya kamu memasuki dunia yang baru. Dunia yang menantangmu untuk berkompetisi dengan banyak orang. Dunia kerja!

Sebagai first jober atau fresh graduate, tentunya kamu masih belum punya pengalaman yang mumpuni untuk masalah kerja. Mungkin sebelumnya kamu pernah punya side job saat kuliah, tapi bukan berarti hal tersebut membuatmu sangat berpengalaman. Kuliah di universitas yang bagus dan ternama memang keren, tapi bukan berarti kamu selalu mengandalkan nama universitas untuk mencari kerja.

Banyak sekali yang nasibnya sama denganmu di luar sana dan berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka. Ditambah, sainganmu bukan hanya anak-anak fresh graduate aja, tapi juga orang-orang yang sudah resign dari kantor lamanya dan ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih dari sebelumnya. Nah, sainganmu bertambah banyak, kan? Jadi, sebagai fresh graduate yang mencari pekerjaan pertamamu, ada beberapa hal yang nggak boleh kamu lakukan biar kamu nggak susah dapat kerja. Apa saja sih? Yuk, simak di sini!

1. Money oriented, kalau gajinya nggak tinggi nggak mau

Sebagai fresh graduate, jangan terlalu mematok gaji yang tinggi. Mungkin kamu bisa bilang kalau kamu lulusan terbaik di universitas ternama atau aktif di berbagai kegiatan kampus dengan relasi yang cukup luas, tapi bukan berarti kamu berhak menuntut gaji yang terlalu tinggi. Kamu harus survey dulu berapa gaji yang sepantasnya didapatkan oleh seorang fresh graduate dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu juga bisa lihat dan cari tahu perusahaan yang kamu lamar biasanya mematok gaji berapa untuk fresh graduate. Jangan terlalu memikirkan gaji karena kamu butuh pengalaman dan belajar dulu untuk masuk ke dunia kerja.

2. Terlalu idealis

Fresh graduate memang biasanya idealis dan kekeuh. Mungkin ketika kamu jadi mahasiswa hal tersebut bisa kamu terapkan. Tapi, dunia kerja berbeda dengan dunia kuliah. So, turunkan dulu keidealisanmu demi mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

3. Asal melamar kerja dan nggak tahu posisi apa yang dituju

Ini banyak banget terjadi pada fresh graduate. Biasanya ini terjadi sama seseorang yang kurang informasi dan nggak tahu arah serta tujuannya. Semua dilamar, nggak tahu apa posisinya. Alhasil, pas dapat panggilan kerja dan interview, nggak benar-benar paham sama posisi yang dilamar. Jangan begitu, ya!

4. Saat wawancara kerja, nggak mempersiapkan penampilan

Sesuatu yang mungkin sepele, tapi berdampak besar. Ketika wawancara pekerjaan, lebih baik untuk berpenampilan rapi. Hal tersebut nggak cuma untuk membuat dirimu terlihat tampak profesional, tapi juga menghargai pihak perusahaan yang mewawancaraimu.

5. Pasrah dan yang penting bisa kerja

Ada yang punya motto begitu? Jangan ya! Meskipun sebagai fresh graduate, kamu harus punya tujuan ingin menjadi apa. Bisa saja sih kamu dapat pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanmu, tapi pastikan dulu apakah pekerjaan itu yang kamu sukai.

6. Asal bikin CV

Meskipun kamu fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja, bukan berarti kamu asal-asalan bikin CV ya. Buat CV-mu semenarik mungkin supaya perusahaan mau melirik.

7. Nggak PD pas wawancara dan selalu takut salah

Hal yang lumrah kalau kamu deg-degan saat wawancara pertama. Tapi, jangan jadikan itu sebagai momok yang menakutkan. Setiap orang punya kesalahan, dan harus dijadikan pembelajaran. Jadi, jangan takut dan minder karena itu bakalan bikin wawancara kerjamu amburadul. Jadi, harus percaya diri ya!

Nah, udah paham yang apa saja yang nggak boleh kamu lakukan kalau jadi fresh graduate? Yang penting jangan mudah menyerah. Kalau memang belum diterima di satu perusahaan, terus coba dan jangan menyerah begitu saja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Aiya Shara
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES