7 Hal Nyebelin Ini Pasti Dialami Orang Pakai Behel atau Kawat Gigi

18 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Menggunakan behel atau kawat gigi saat ini bukanlah hal yang aneh, bahkan sudah menjamur untuk kalangan kelas menengah ke atas. Behel yang dipasang oleh dokter gigi spesialis ortodonti bertujuan untuk memperbaiki struktur gigi hingga bentuk wajah. Pengguna behel semakin banyak karena struktur gigi yang rapid an bersih tentu membuat pemiliknya jadi semakin percaya diri.

Tapi… beauty is pain. Dalam proses perawatan dengan behel, tentu ada sisi nggak enaknya. Beberapa di antaranya adalah ketujuh hal di bawah ini yang hampir selalu dirasakan pengguna behel. Perjuangan untuk mendapatkan penampilan bombastis nggak semulus yang diharapkan. Bagi kamu pengguna behel, hal-hal di bawah ini pernah kamu rasakan nggak?

1. Makanan nyangkut di sela kawat

Udah bukan rahasia lagi nih kalau setiap makan, pasti pengguna behel merasa insecure karena takut banyak jigong yang nyangkut di behel. Makanya kadang pengguna behel mendadak jadi pendiam setelah makan. Bagi kamu yang sering kena jebakan batman kayak gini, sebaiknya selalu sedia dental floss dan tusuk gigi ya. Jangan lupa juga sedia tisu untuk membuang bekasnya. Biar giginya nggak kelihatan meriah kalau lagi nyengir.

2. Sakit gigi dan susah makan setelah kontrol

Semua pengguna behel pasti merasakannya nih. Setiap setelah kontrol behel di dokter gigi, pasti kamu akan merasakan ngilu di gigi hingga sakit kepala selama 2-3 hari. Hal ini disebabkan karena struktur gigimu bergerak. Kalau udah begini pasti jadi susah makan. Biar kamu nggak gizi buruk, kamu bisa makan yang halus-halus seperti bubur, jus, dan makanan lumat lainnya. Atau mungkin kamu mau coba bubur bayi?

3. Sariawan adalah sahabat sejati

Bracket dan kawat behel seringkali menggores dinding mulut, lidah, atau bibir. Membuatnya jadi rentan luka dan sariawan. Karena saking akrabnya sama sariawan, kamu sebaiknya jadi lebih sering mengonsumsi vitamin C agar luka di dalam mulut cepat sembuh. Perhatikan juga kondisi bracket dan kawat behelmu. Kalau harus ada yang diperbaiki, segera ke dokter gigi ya! Jangan pernah mengganti sendiri kawat behel dengan kawat jemuran!

4. Lem bracket copot sendiri

Mungkin beberapa kamu ada yang sering mengalami lem bracket yang copot sendiri gara-gara makan yang terlalu panas atau terlalu keras. Bracket kamu pun jadi menggantung layaknya biji sempoa yang bisa digeser-geser. Pasti merasa risih banget dan jadi nggak pede kan? Nggak ada cara lain selain langsung kontrol ke dokter gigimu. Nggak perlu uji coba dengan lem besi di rumah biar nempel lagi. Pokoknya jangan!

5. Berusaha nahan muntah saat cetak gigi

Sebelum pasang behel, biasanya dokter gigi akan membuat cetakan replika gigi kita. Dengan menggunakan adonan khusus yang rasanya seperti gumpalan odol, mulutmu akan dipenuhi dengan adonan tersebut. Kamu akan diminta untuk mangap selama beberapa menit hingga cetakan kering. Nggak bisa dipungkiri aka nada perasaan ingin muntah. Wajar, jadi tips-nya sih kamu harus pasrah aja dan jangan lupa kumur-kumur setelahnya ya!

6. Bingung memilih warna karet saat kontrol

Perasaan dilema paling asyik mungkin kamu rasakan saat memilih warna karet behel yang baru setiap kontrol. Bulan kemarin udah pakai warna biru, bulan ini mau pakai warna merah tapi yang hijau lucu juga sih. Kebingunan ini seringkali berujung pada solusi memilih warna secara random. Kalau begini, pilih warna yang terang banget atau gelap banget sekalian. Hindari warna putih atau bening karena lama kelamaan akan kotor dan warnanya jadi menjijikan. Hiii!

7. Malas pakai karet tambahan

Beberapa kasus gigi membutuhkan karet tambahan untuk menyempurnakan perubahan. Biasanya karet ini dipasang dari satu gigi ke gigi lainnya, misalnya dari gigi geraham atas kiri ke gigi taring bawah kanan. Karet-karet tambahan yang melintang ke sana ke mari di dalam mulut bikin kamu jadi mendadak cadel atau susah makan. Biar nggak repot, selalu sediakan tisu kering dan bawa terus karet-karet cadangannya. Agar kalau ingin diganti atau putus bisa balikan lagi… Eh maksudnya bisa dipakai yang lain lagi.

Jangan pakai behel kalau nggak mau sakit dan susah. Semua butuh proses yang nggak mudah, tapi kalau rajin dan mau ikut anjuran dokter gigi, niscaya semuanya akan berakhir indah. Selamat berjuang!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES