7 Hal Ini Harus Dibersihkan Seminggu Sekali. Biar Nggak Jadi Sarang Penyakit!

13 November 2017
|Olphi Disya
1.1 KSHARES

Pepatah "bersih pangkal sehat" memang ada benarnya. Ketika kamu rajin bersih-bersih, maka kamu nggak akan mudah terserang penyakit akibat banyaknya debu atau kuman di sekitarmu. Beberapa barang di rumah memang bisa jadi sarang kuman atau debu yang menumpuk sehingga mungkin banget akan masuk ke tubuh.

Oleh karena itu, kamu harus rajin membersihkan beberapa barang di bawah ini, minimal seminggu sekali. Apa aja ya? Yuk, kepoin!

1. Pakaian yang udah terpakai

Kecuali kalau kamu bekerja di jasa laundry, memang agak mustahil kalau harus menyuci pakaian setiap hari. Maka dari itu, sisihkan waktumu minimal seminggu sekali untuk mencuci pakaian yang kotor. Pakaian yang udah dipakai 1-2 kali, kena keringat, bernoda, atau, bau apek, harus segera kamu cuci. Jangan gunakan lagi pakaian yang udah lebih dari 3 kali dipakai, ya!

2. Karpet dan keset

Karpet dan keset yang letaknya di lantai, membuatnya akan lebih mudah menjadi tempat debu dan kotoran menempel yang dibawa oleh kaki kita. oleh karena itu, penting untuk membersihkan karpet dan keset seminggu sekali dengan cara disedot. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot bakteri, debu, kuman, serta kutu yang ada di karpet atau kesetmu.

3. Toilet

Udah bukan rahasia lagi kalau kamar mandi menjadi sarang kuman apabila nggak dibersihkan secara paripurna. Nah, yang harus kamu bersihkan mulai dari kloset, dinding kamar mandi, shower, bak mandi, ember, dan gayung. Kerak yang menempel pada perabot kamar mandimu bisa bikin kuman dengan mudah hinggap di tubuhmu. Duh, nggak mau, 'kan?

4. Meja makan

Tahukah kamu bahwa meja makan yang jarang dibersihkan berpotensi menjadi sarang bakteri E. Coli yang dapat menyebabkan diare? Sisa makanan yang tumpah, cairan yang melekat di permukaan meja, hingga sisa-sisa makanan yang tak kasat mata bikin bakteri senang lama-lama nongkrong di meja makan. Bersihkan dengan cairan khusus meja makan dan tutup dengan taplak meja!

5. Kipas angin

Bagi kamu yang sehari-hari menggunakan kipas angin, kamu harus rajin membersihkannya. Kalau kamu perhatikan, besi jeruji kipas angin tertumpuk debu-debu yang berhamburan akibat dorongan angin dari kipas. Cukup bersihkan dengan lap basah, dibersihkan dengan tisu kering, hingga dijemur beberapa saat sampai benar-benar kayak baru lagi!

6. Area kompor

Ketika memasak, mungkin banget kan ada minyak yang muncrat keluar wajan, butiran garam atau gula yang berjatuhan, atau sisa makanan yang nggak sengaja jatuh di area kompor. Udah pasti akan ada kuman dan bakteri yang membuat area kompor jadi kotor. Daripada makananmu yang enak itu jadi sumber malapetaka alias diare, mendingan kamu bersihkan tiap minggu ya!

7. Lemari baju

Meskipun belum ada baju baru di lemari, tapi kamu nggak boleh cuek sama kesejahteraan lemari bajumu dong. Bersihkan setiap minggu sekali tumpukan baju di lemarimu. Ganti juga pewangi lemarinya agar tetap segar. Jangan lupa juga ganti alas pakaian pada rak biar nggak jadi sarang debu. Periksa lagi jangan sampai ada yang bau apek karena kelamaan di lemari!

Sekarang udah nggak ada lasan lagi dong untuk menunda-nunda hal yang penting, yaitu menjaga kebersihan. Kalau kamu kelimpungan dengan mengatur jadwal membersihkannya, lakukan setiap hari dengan bergantian. Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
1.1 KSHARES