7 Cara Simple Prediksi Penyakit Kronis, Kesehatan Nggak Dicek dari Berat Badan Aja!

13 Oktober 2017
|Olphi Disya

Salah satu cara termudah dalam menerka kondisi kesehatan tubuh adalah dengan menimbang berat badan dan melihat apakah kita termasuk kategori ideal, kurus, atau gemuk. Padahal, melihat angka pada timbangan hanyalah satu dari sekian indikator penentu kondisi kesehatan seseorang.

Menurut para ahli, justru berat badan nggak begitu jelas dalam memprediksi kondisi kesehatan. Ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengecek apakah kamu termasuk orang yang sehat atau bukan, misalnya dengan cara berikut ini, nih.

1. Lingkar pinggang

Pasti kamu udah tahu 'kan kalau perut buncit itu tanda bahwa lemak di perut menumpuk dan tentu nggak sehat. Maka dari itu, kondisi kesehatan juga bisa dilihat dari lingkar pinggangnya. Bahkan angka pada lingkar pinggangmu bisa menunjukkan indikasi stroke, sleep apnea, atau penyakit jantung. Para ahli pun setuju bahwa lingkar pinggang bisa menyatakan risiko penyakit seseorang daripada berat badan. Lemak di perut menyelimuti organ tubuh bagian dalam, sehingga risiko penyakit bisa dilihat hanya dari lingkar pinggangmu.

2. Jumlah konsumsi air minum

Sebenarnya, berapa sih jumlah air yang harus kita konsumsi untuk tetap terhidrasi? Jawaban sebenarnya adalah bukan 8 gelas per hari, tapi tergantung! Beda orang, gender, usia, aktivitas, tentu berbeda pula kebutuhannya dalam mengonsumsi air minum.

Lalu gimana untuk bisa ngecek kondisi kesehatanmu dari minum? Lihat hasilnya alias warna urin yang kita keluarkan. Kalau warnanya kuning bening yang cerah, berarti kamu udah cukup minum. Kalau warnanya gelap dan pekat, berarti kamu kurang minum!

3. Tekanan darah

Sepertinya yang satu ini nggak boleh disepelekan. Tekanan darah bisa memperlihatkan risiko penyakit komplikasi serius seperti atherosclerosis. Tekanan darah tinggi akan merusak pembuluh darah sehingga akan memicu penyakit serangan jantung atau stroke. Sehingga perlu banget nih menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal. Tekanan darah tinggi terjadi apabila di dalam pembuluh darahmu tersimpan banyak lemak yang menghalangi aliran darah. Jadi harus rajin kontrol dan cek tekanan darahmu, ya!

4. Jumlah sayur yang dikonsumsi

Ingin tahu seberapa sehat tubuhmu? Coba deh cek seberapa sering kamu mengonsumsi buah dan sayuran. Menurut ahli, semakin bervariasi warna dan bentuk buah dan sayuran, maka semakin lengkap nutrisi yang dikonsumsi. Buah dan sayuran memiliki warna yang berbeda, artinya setiap warna punya khasiat tersendiri. Buah dan sayuran juga bermanfaat untuk memecah lemak dan menjadi gula alami bagi tubuh. Makanya nggak heran kalau orang yang sering sakit biasanya karena kurang makan sayuran dan buah, tuh!

5. Tingkat kolesterol

Bagi kamu yang udah berusia di atas 20 tahun, sebaiknya mulai rajin kontrol tingkat kolesterol deh. Para dokter menyarankan untuk memeriksakan tingkat kolesterol selama lima tahun sekali. Apalagi kalau kamu berisiko terkena penyakit yang erat kaitannya dengan kolesterol tinggi, misalnya faktor keturunan. Kalau kamu termasuk yang berisiko, kamu harus lebih rajin kontrol, misalnya setahun 1-2 kali. Kolesterol dapat menyebabkan kamu menderita penyakit komplikasi terutama penyakit jantung yang sangat berbahaya.

6. Berapa banyak langkah dan aktivitas

Coba kamu ingat-ingat lagi, seberapa sering kamu aktif bergerak? Atau kamu lebih sering duduk dan tidur? Jumlah langkah dan aktivitas fisik bisa menentukan kondisi kesehatanmu, lho. Nggak perlu sampai nge-gym kalau belum perlu, sekadar jalan kaki, naik turun tangga, atau beberes rumah juga bisa mencegah penyakit kronis seperti jantung dan diabetes, kok. Seberapa sering kamu harus berolahraga juga sebenarnya tergantung pada kemampuan dan tingkat aktivitas fisikmu. Tapi kalau udah sampai berkeringat, setidaknya kamu udah olahraga, tuh!

7. Lamanya waktu tidur

Banyak yang mengatakan bahwa waktu tidur terbaik itu selama 8-9 jam per harinya. Sementara para ahli merekomendasikan 7-9 jam per hari untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti darah tinggi, diabetes, bahkan serangan jantung. Katanya, semakin singkat waktu tidurmu, maka semakin singkat pula hidupmu. Cek deh apakah selama ini jam tidurmu cukup? Jadi, kurangi begadang, tidur yang cukup dan istirahat itu penting banget. Agar kamu bisa tidur dengan nyenyak, jauhkan handphone-mu sebelum tidur, ya!

Sekarang udah tahu 'kan, kira-kira kamu termasuk sehat atau belum? Kalau masih ragu, kamu harus perikasakan diri ke dokter sebelum terlambat. Apalagi kalau kamu udah cek kesehatan dengan cara di atas dan hasilnya. Hmmm, sepertinya ada yang kurang sehat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES