7 Cara Simple dan Alami Mengatasi Bau Kaki. Nggak Akan Minder Lagi Deh!

19 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Ada banyak penyebab seseorang mengalami bau kaki. Bisa karena sepatu yang banyak jamurnya, kaki yang kotor dan lembab, keringat di kaki, kebersihan sepatu dan kaos kaki, hingga stres. Bau kaki bisa bikin kamu nggak pede ketika harus masuk ke rumah orang, 'kan?

Nah, biar bakteri di kakimu pada minggat, kamu harus coba nih cara-cara alami berikut ini. Dijamin, nggak ada lagi yang tutup hidung saat kamu buka sepatu!

1. Garam

Mungkin cara ini adalah cara yang paling umum dalam mengatasi bau kaki. Garam dipercaya sebagai zat yang dapat mengurangi kelembapan pada kaki serta dapat membasmi bakteri penyebab bau tak sedap. Caranya, bubuhkan garam dalam satu baskom air hangat lalu rendam kakimu selama 20 menit. Lakukan setiap hari setelah beraktivitas.

2. Lemon

Memiliki sejuta manfaat, lemon juga berguna banget nih untuk mengatasi bau kaki. Lemon mengandung anti-bakterial yang dipercaya ampuh banget untuk menghilangkan bakteri penyebab bau kaki. Caranya, peras 6 buah lemon pada satu baskom air hangat. Rendam kakimu selama 15 menit. Lakukan dengan rutin minimal 2 hari sekali.

3. Cuka

Tingkat keasaman cuka yang cukup tinggi ternyata efektif banget untuk membasmi kuman-kuman yang nongkrong di kakimu yang menyebabkan bau tak sedap. Jadi kalau mau kakimu tetap segar, kamu bisa pakai cairan cuka. Caranya, campurkan ½ gelas cuka dalam satu baskom air hangat. Kemudian rendam kakimu selama 15 menit, ya.

4. Baking soda

Salah satu kegunaan baking soda selain sebagai bahan pembuat kue adalah kemampuannya dalam mengusir bakteri termasuk yang membuat kakimu jadi bau. Kamu bisa campurkan ¼ gelas baking soda tersebut ke dalam satu baskom air hangat. Biarkan hingga larut lalu rendam kakimu selama 10-15 menit. Bilas hingga bersih dan lap dengan handuk.

5. Kopi

Nggak hanya bisa bikin kamu melek semalaman, kopi juga bermafaat untuk mengatasi bau kaki, lho. Bubuk kopi juga sering dijadikan scrub untuk menghaluskan kulit kakimu. Caranya, campur bubuk kopi dengan air sedikit demi sedikit sehingga bentuknya seperti pasta. Balurkan pada kakimu dan biarkan hingga 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

6. Tepung maizena

Kalau kamu bertanya-tanya, kenapa harus tepung maizena? Yap, karena teksturnya yang mirip dengan bedak, tepung maizena bisa mengurangi bau tak sedap pada kakimu layaknya kamu pakai bedak bayi. Caranya gampang banget, kamu tinggal balurkan bedak pada kakimu sebelum kamu menggunakan sepatu. Dijamin keringat di kakimu nggak akan bikin bau lagi.

7. Teh

Teh memang identik dengan tanaman yang kaya akan anti-oksidan, anti-inflamasi, dan tentunya anti-bakteri. Maka dari itu, khasiat teh bukan hanya untuk dinikmati sebagai minuman aja. Tapi juga sebagai pembasmi bakteri penyebab bau kaki. Caranya, basuh kakimu dengan teh yang telah diseduh dengan air hangat. Lakukan secara rutin dua kali sehari.

Sebenarnya gampang banget 'kan untuk mengatasi bau kaki? Yang penting kamu harus konsisten dan selalu menjaga kebersihan kakimu. Semoga berhasil mengusir bakteri nakal penyebab bau kaki!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES