7 Cara Mengatur Biar Gaji Nggak Cuma Numpang Lewat. Kawula Muda, Catat Nih!

10 Oktober 2017
|Olphi Disya
3SHARES

Jaman sekarang, istilah “gaji cuma numpang lewat” terdengar akrab di telinga pekerja-pekerja muda yang baru aja meniti karier. Seolah penghasilan pas-pasan, kondisi ini sering dikeluhkan dan sulit ditemukan jalan keluarnya. Padahal gaji cuma numpang lewat itu diri sendiri yang menciptakan.

Nah, agar kamu nggak mengalaminya, kamu harus tahu dulu triknya biar gajimu jadi bermanfaat untuk masa depan.

1. Menabung di awal saat gajian

Salah satu prinsip yang harus kamu terapkan dan nggak boleh terlewatkan adalah kebiasaan menabung di awal saat gajian. Hari kamu gajian adalah hari di mana kamu harus menabung. Sisihkan minimal 20-30% dari gajimu untuk ditabung. Dan yang paling penting adalah nggak mengganggu gugat tabungan tersebut. Sisanya baru deh bisa kamu pakai sehari-hari.

2. Say no to hutang

Sebisa mungkin hindari yang namanya berhutang. Kalau kamu nggak kepepet banget, mendingan urungkan niat untuk membelanjakan sesuatu daripada harus berhutang. Hutang di sini bisa berupa pinjaman uang dari teman atau membayar cicilan. Jadi lebih baik nabung yang konsisten daripada membeli dengan cara berhutang ya, guys!

3. Bagi-bagi tabungan

Maksudnya bagi-bagi tabungan di sini bukan kayak juragan bagi-bagi rekening tabungan, tapi memisahkan tabungan berdasarkan tujuan dari menabung. Pisahkan antara tabungan untuk beli rumah, menikah, pendidikan, jalan-jalan dan sebagainya. Kalau perlu bikin skala prioritas untuk masing-masing tabungan agar alokasinya bisa lebih tepat.

4. Bikin skala prioritas

Setiap rencana keuangan dibutuhkan skala prioritas agar kamu ngak mudah boros dan uangmu tepat guna. Setiap awal bulan, kamu bisa membuat daftar prioritas, misalnya uang makan, transport, bayar kosan, bayar uang semesteran, dan sebagainya. Dengan daftar prioritas kamu bisa tahu mana yang harus kamu utamakan.

5. Catat setiap pengeluaran

Mencatat setiap pengeluaran memang dibutuhkan konsistensi dan semangat. Mungkin kamu bakalan malas atau lupa, tapi kalau kamu rajin catat pengeluaran, kamu jadi tahu alokasi dana terbesar itu untuk apa. Jadi agar menghindari perilaku boros, kamu bisa gunakan catatan pengeluaranmu untuk evaluasi di bulan depannya lagi.

6. Cari sumber penghasilan lain

Sumber penghasilan utamamu nggak mencukupi atau pas-pasan sehingga gaji terasa hanya numpang lewat? Coba cari sumber penghaslan lain, bisa dengan berjualan online, jadi freelancer, atau kalau kamu punya waktu luang yang cukup banyak kamu bisa kerja part time. Dengan begitu, uang hasil kerja sampingan bisa untuk uang jajan kan?

7. Alihkan pada investasi

Saat ini udah banyak banget investasi yang mudah, modal kecil dan terpercaya. Investasi juga cukup menjanjikan di masa depan, sehingga kamu perlu banget berinvestasi meskipun dengan modal kecil. Suatu saat kalau kamu membutuhkan dana lebih, kamu bisa menarik hasil dari investasimu, nggak hanya mengandalkan gaji aja, tuh!

Jadi, gaji numpang lewat bisa jadi karena kamu teledor dalam mengelola keungan. Ada hal yang harus kamu prioritaskan yaitu keberlangsungan masa depan. Gimana? Nggak takut lagi 'kan kalau gajian nanti?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
3SHARES