7 Cara Cepat Buat Mengiklankan Bisnismu. Gampang, Gratis, dan Laris Manis!

01 November 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Kamu baru merintis bisnis dan ingin produkmu dikenal banyak orang? Tapi nggak tahu gimana caranya biar nggak memakan banyak budget? Ada cara yang gratis, kok!

Kamu hanya perlu melakukan beberapa trik berikut ini biar kamu nggak perlu menganggarkan biaya promosi dalam bisnismu. Siapa tahu bakalan ningkatin penjualan kan? Yuk, kepoin!

1. Bikin akun media sosial atau blog

Ini dia cara zaman now yang nggak boleh dilewatkan para pelaku bisnis. Ketika kamu merintis usaha baru, kamu wajib memiliki akun media sosial atau homepage bagi bisnismu agar target konsumen bisa melihat produkmu dan mengetahui harganya. Foto tiap produkmu sebagus dan seasli mungkin, setelah itu upload. Bikin caption yang menarik dan sertakan dengan lengkap detail pembelanjaan serta harga dan contact person. Mudah, 'kan?

2. Endorse teman yang terkenal

Kalau kamu punya teman terkenal atau selebgram, kamu bisa manfaatkan link pertemananmu dengan endorse. Cara ini bisa dibilang sebagai ajang promosi di mana endorse adalah meminta bantuan temanmu yang followers-nya banyak untuk post produkmu. Sebagai imbalannya, kamu bisa memberikan produk atau mungkin traktir makan siang. Nggak perlu memaksa, yang penting temanmu bersedia membantu dengan ikhlas.

3. Open reseller

Membuka kesempatan bagi para orang lain untuk menjual kembali produkmu secara nggak langsung akan membuat bisnismu lebih dikenal secara luas. Kamu bisa tawarkan harga yang lebih murah ketika mereka membeli dengan jumlah yang banyak untuk dijual kembali. Apalagi kalau produk yang kamu jual memang bisa dijual lagi seperti pakaian, sepatu, tas, atau makanan kering. Kalau begini, justru keuntunganmu juga berlipat, lho!

4. Bergabung di komunitas

Salah satu cara gratisan untuk mengiklankan produkmu adalah dengan bergabung di komunitas. Bisa komunitas sesama pengusaha, ikut jualan di e-commerce, ikutan event yang bikin kamu bisa tukar kartu nama dan flyer produk, dan masih banyak lagi. Manfaatkan peluang dengan membuka jaringan dengan orang-orang. Jadi, bisnismu lebih dikenal dan tentunya jangan pelit untuk melakukan hal yang sama pada bisnis orang lain. Saling support, deh!

5. Memberikan sample produk

Calon pelanggan harus tahu dulu produk yang kamu jual. Kalau kamu produknya makanan atau make-up, kamu bisa berikan sample produk secara gratis atau sebagai bonus pembelian. Kalau produkmu sesuatu yang nggak bisa dibikin versi mini atau sample, kamu bisa bawa contoh produkmu ke teman-teman di kantor atau di kampus. Meskipun kamu akan jualan secara online, tapi nggak ada salahnya 'kan untuk jemput bola?

6. Menawarkan diskon menarik

Siapa yang nggak tergiur dengan tawaran diskon? Sebagai promosi, kamu bisa berikan diskon berupa voucher potongan harga. Nggak perlu sampai diskon yang bombastis setengah harga, kamu bisa terapkan diskon spesial bagi 10 orang pertama atau diskon bagi yang memberikan testimonial produkmu. Cara ini secara nggak langsung akan membuat orang tertarik dan bikin penasaran. Langsung laris manis!

7. Bikin kompetisi berhadiah produk

Bikin kompetisi yang berhadiah produkmu bisa meningkatkan penjualan lho! Nggak percaya? Coba deh kamu buat kompetisi yang simple aja, misalnya kuis tebak-tebakan di kolom komentar dengan tag 5 orang temannya atau repost produkmu di akunnya untuk nantinya dipilih sebagai pemenang. Dengan begitu, akan banyak orang yang tertarik dan ikutan. Modal hadiahnya Cuma produkmu aja kok, nggak perlu hadiah uang tunai!

Jadi siapa bilang mengiklankan produk harus mahal? Kalau ada yang gratis, langsung sikat! Biar bisnismu makin lancar dan sukses!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES