7 Cara Cegah Pelecehan Seksual di Tempat Kerja. Jangan Sampai Jadi Korbannya!

30 April 2018
|Galih Pangestu Jati
101SHARES

Guys, tahukah kamu bahwa 40-70% perempuan dan 10-20% laki-laki saat ini mengalami pelecehan seksual di tempat kerja mereka? Jika kamu menonton film dokumenter "Angka Jadi Suara", kamu akan tahu bagaimana keadaan para korban, terutama perempuan, yang sungguh memprihatinkan. Mereka mengalami trauma berkepanjangan dalam hidupnya.

Selama ini, ruang publik memang menjadi sasaran empuk para pelaku pelecehan seksual, termasuk tempat kerja. Ada beberapa pihak yang berani berbicara, tetapi banyak pula yang menyimpan sendiri hingga berakibat mengganggu kondisi psikisnya.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal ini terjadi. Simak, yuk!

1. Mempelajari kebijakan tentang pelecehan seksual yang dibuat oleh perusahaan

Ketika kamu di-hire menjadi karyawan baru di suatu perusahaan, kamu perlu mempelajari berbagai macam aturan yang berlaku di sana. Tak terkecuali kebijakan soal penanganan pelecehan seksual. Apabila dalam perusahaan tersebut tidak ada, kamu perlu mengusulkan ke perusahaan dengan alasan keamanan.

2. Jangan melempar jokes tak pantas dengan rekan kerja

Setiap orang memiliki selera humor yang berbeda-beda. Ada yang memiliki selera humor kasar, pun ada yang tidak bisa menerimanya. Demi keamanan, jauhi humor yang kasar dan jangan sekali-kali melempar jokes yang berbau seksual. Apabila ada rekan yang melakukannya, lebih baik kamu menyingkir saja demi keanyamanan.

3. Berpakaian sopan

Meskipun pakaian bukan menjadi alasan untuk melakukan pelecehan seksual, alangkah baiknya kalau kamu mengenakan pakaian yang sopan ketika berada di tempat kerja. Hindari mengenakan pakaian yang seksi demi profesionalitas kerja dan kenyamanan.

4. Pelajari kriteria pelecehan seksual

Banyak orang yang belum mengetahui batasan pelecehan seksual. Untuk itu, kamu harus mempelajari apa saja yang masuk dalam pelecehan seksual. Kamu juga perlu mengedukasi rekan kerjamu agar mereka juga tahu batasan mengenai pelecehan seksual tersebut.

5. Berani bicara, speak up!

Apabila kamu atau rekanmu mengalami pelecehan seksual, alangkah baiknya segera melapor ke bagian personalia agar segera ditindak. Namun, kamu tidak perlu menjadikan kasus tersebut sebagai bahan gosip dengan teman-temanmu sebab itu dapat menyebabkan korban semakin tertekan.

Selain itu, apabila kamu tak nyaman dengan ulah tak senonoh rekan kerjamu terhadapmu, beri dia peringatan keras.

6. Cegah pembalasan

Apabila kamu atau rekanmu melapor, mintalah perlindungan kepada pihak yang berwajib untuk mengantisipasi adanya serangan dari pihak pelaku.

7. Datang ke psikolog

Apabila menjadi korban pelecehan seksual, kamu harus segera datangi psikolog untuk mendapatkan penanganan untuk trauma yang dialami. Jangan kira kejadian ini sepele, ya.

Nah, semoga langkah ini bisa menghindarimu dari pelecehan seksual di tempat kerja ya! Tidak ada salahnya kamu belajar untuk lebih berani untuk bilang "tidak" dan melaporkan kepada pihak yang memang berwenang di perusahaanmu. Jika tidak ada tindakan, tidak salah kalau kamu lebih memilih untuk mencari pekerjaan di tempat baru.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
101SHARES