7 Cara Atasi Ketombe dengan Bahan Alami. Nggak Sibuk Garuk-garuk Lagi, Deh!

13 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Siapa sih yang nggak sebel ketika banyak ketombe merajalela di kulit kepala? Gatal iya, bikin malu iya, pokoknya rambut jadi kelihatan nggak banget gara-gara ketombe. Selain bikin nggak pede, ketombe menjadi pertanda bahwa kulit kepalamu nggak sehat dan banyak jamurnya.

Nah, biar kamu nggak garung-garuk kepala terus dan ketombe berguguran saat kencan sama gebetan, kamu wajib coba cara-cara alami berikut ini, nih!

1. Plain yogurt

Tahu dong kalau yogurt itu rasanya asam. Ternyata, rasa asamnya itulah yang bermanfaat untuk membunuh jamur penyebab ketombe. Yogurt juga bisa melembutkan rambutmu, lho!

- Siapkan 2 sendok makan plain yogurt (tanpa rasa) dan biarkan terbuka dalam suhu ruangan selama sehari untuk proses fermentasi.

- Oleskan yogurt dari kulit kepala, pangkal rambut, hingga ke ujung rambut secara merata.

- Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan shampoo seperti kamu keramas.

- Lakukan perawatan ini 3 kali seminggu agar ketombemu berkurang dan hilang.

2. Lidah buaya

Sepertinya udah jadi rahasia umum kalau lidah buaya bisa bermanfaat untuk mengatasi ketombe di rambutmu. Kalau pakai ini, ketombe kabur dan kulit kepala terasa dingin, deh!

- Ambil 1 batang lidah buaya (7-10 cm) dan potong hingga mengeluarkan dagingnya yang berbentuk gel.

- Oleskan gel lidah buaya di kulit kepala secara merata sambil dipijat dengan lembut.

- Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan shampoo dan keramasi seperti biasa.

3. Lemon

Selain tingkat keasamannya yang bisa mencegah jamur di kulit kepala, lemon juga berfungsi untuk menjada pH kulit kepala biar tetap seimbang. Anti jamur dan anti bakteri alami, nih!

- Ambil satu buah lemon dan potong dua, peras air lemonnya.

- Larutkan perasan lemon ke dalam satu gelas air (bisa ditambah 2 sendok teh minyak kelapa).

- Basahi rambut dengan air lalu tuangkan sari lemon tadi ke kepala secara merata.

- Diamkan selama 20-25 menit, akan terasa agak gatal tapi itu normal kok.

- Bilas dengan shampoo seperti kamu keramas.

4. Tomat

Hampir sama dengan manfaat lemon, tomat juga membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala agar nggak jadi tempat yang asyik bagi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

- Siapkan 2 buah tomat dan hancurkan.

- Campurkan juga dengan 1 sendok makan minyak kelapa.

- Oleskan campuran tadi ke kulit kepala hingga merata sambil dipijat secara lembut.

- Diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan shampoo seperti kamu keramas.

5. Cuka apel

Larutan cuka apel memang paling tokcer meredakan rasa gatal pada kulit kepala akibat ketombe dan mengusir jamur yang tumbuh. Kulit kepalamu juga jadi nggak cepat kering!

- Siapkan botol semprotan kosong.

- Campurkan ¼ gelas (50 ml cuka apel) dan ¼ gelas air bersih (50 ml) dan masukkan ke dalam botol semprotan.

- Semprotkan cairan ke kulit kepala secara merata.

- Bungkus rambutmu dengan handuk dan diamkan selama 30-60 menit kemudian bilas dengan shampoo.

- Lakukan perawatan 2 kali seminggu hingga ketombemu hilang.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang dapat menutrisi kulit kepala untuk tetap sehat dan pastinya menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepalamu.

- Tuangkan 1 sendok makan minyak kelapa.

- Oleskan ke kulit kepala saat rambut dalam kondisi kering.

- Ratakan ke seluruh kulit kepala sambil lakukan pemijatan.

- Diamkan selama 30-60 menit kemudian bilas dengan shampoo.

7. Bawang putih

Cara yang satu ini mungkin bikin nggak nyaman pada awalnya, tapi justru aroma bawang akan bikin jamur ogah lama-lama di kulit kepalamu. Tapi kamu harus tahu triknya biar nggak salah.

- Ambil 2 siung bawang putih dan haluskan.

- Agar nggak berbau tajam, campurkan dengan madu dan jahe.

- Oleskan ke kulit kepala secara perlahan.

- Bilas dengan shampoo seperti kamu keramas.

Dengan bahan yang cukup mudah didapat dan cara yang nggak sulit, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lho. Semuanya butuh proses, jadi kalau mau bebas dari ketombe, sebaiknya memang rajin lakukan perawatan di atas, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES