7 Cara Asyik yang Bisa Bikin Skripsi Kamu Beres pada waktu yang Tepat

23 Juli 2017
|Setia Ningrum
0SHARES

Skripsi memang dikenal sebagai tahap akhir yang menyeramkan. Bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir, skripsi bisa dibilang sebagai penentu, “Mau serius apa gak nih kuliah?”. Mengapa demikian? Karena dengan skripsi kamu beres atau tuntas, bisa dibilang kamu itu serius kuliah. Kebanyakan orang zaman sekarang menganggap kuliah itu, ya mendapatkan gelar. Sebelum mendapatkan gelar, ya kudu skripsi. Gak peduli deh tuh selama kuliah kamu cuma modusin temen sebangku kamu, kalau kamu gagal nyelesain skripsi, ya gak lulus.

Nah, banyak dari mahasiswa tingkat akhir itu rada was-was nih dalam menghadapi skripsi. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama proses penulisan skripsi tuh ada aja deh gangguannya. Selain karena kejombloan kamu selama kuliah, hal lainnya juga banyak mengganggu. Salah satunya adalah tuntutan orang tua yang harus segera lulus karena persedian beras di rumah semakin menipis atau tuntutan sang pacar yang mau kamu cepet dapet kerja dan beliin doi mas kawin. Banyak deh hal-hal yang mengganggu.

Oleh karenanya, banyak yang akhirnya ngaret dalam penulisan skripsinya atau malah ada yang gagal sarjana gara-gara skripsinya gak beres. Padahal, sebenernya skripsi itu bukan perkara yang sulit, lho. Tapi, karena banyak tuntutan yang menghantui kamu sebagai mahasiswa, jadinya terasa berat banget deh. Nah, YuKepo udah nyediain tips asyik banget biar skripsi kamu tuh beres pada waktu yang tepat. Eits, pada waktu yang tepat tuh bukan berarti ngaret yah, tapi beneran lulus dengan rencana dan momen yang pas. Apa aja sih tipsnya? Langsung aja deh kepoin!

1. Pilihlah tema skripsi yang gak susah-susah banget alias sesuai sama kemampuan otak kamu

Kamu harus tau nih batasan kamu di mana. Jangan nyari tema skripsi yang harus diselesaikan melalui penelitian yang rumit. Misalnya, dengan berjalan-jalan ke sebuah tempat yang nantinya (ngarep) bisa jadikan buat bahan penelitian skripsi kamu. Jangan deh! Carilah yang sesuai sama kemampuan kamu. Jalan-jalan sih jalan-jalan aja, gak usah dibarengin sama penelitian skripsi karena gak akan beres.

2. Kalau bisa nyesuain sama dosen pembimbing kamu

Saat lagi pikirin temanya, kamu juga harus bisa sekalian pikirin kira-kira kalau temanya A dospem (dosen pembimbingnya) si A. Kenapa sih penting banget dospem? Karena dosen pembimbing juga menjadi salah satu cara untuk menentukkan kamu lulus pada waktu yang tepat atau enggak. Gak percaya? Walaupun belum teruji secara klinis, kabarnya kalau dospemnya itu lawan jenis, maka bimbingan skripsi kamu bisa lebih asyik. Kalau dospemnya sejenis (jenis kelamin), takut sama-sama sensi.

3. Selanjutnya, kamu harus buat jadwal ngerjain skripsi yang sudah menjadi harga mati

Maksudnya apa tuh? Maksudnya buatlah jadwal pada jam-jam berapa aja kamu ngerjain skripsi. Kalau bisa sih buat juga jadwal tempat kamu ngerjain skripsi. Maksudnya harga mati itu, jadwal ini gak boleh dilanggar. Kalau dilanggar bisa kena tilang! Gak perlu seharian kok ngerjain skripsinya. Cukup dijadwalin sehari berapa jam dan berapa kali. Dijamin skripsi kamu akan beres pada waktu yang tepat.

4. Setelah mulai bimbingan, kamu harus pintar-pintar mendapatkan perhatian dospem kamu nih

Ibaratnya kamu lagi PDKT gitu sama dospem kamu. Kamu bisa cari tau deh, dosen pembimbing kamu ini tipe manusia seperti apa. Jadi, ibarat modusin dosen kamu sendiri. Tapi, bukan buat jatuh cinta dan dipacarin, melainkan untuk meringankan beban kamu saat skripsian. Asyik kan?

5. Sering-sering bergaul dan banyak ngobrol sama temen kamu yang juga lagi berjuang skripsi, kali aja itu jodoh kamu… ups!

Wah, kalau yang ini sih ibarat sambil menyelam minum air sirup, seger! Jadi, kamu boleh nih untuk mulai mendekati teman-teman seperjuangan kamu. Kalau bisa sih kurangin jadwal sama temen-temen kamu yang hawanya masih mau main-main. Biar tersugesti untuk lekas lulus. Nah, sambil iseng-iseng ngobrol atau dekat sama temen seperjuangan, kali aja bisa berjuang bareng sampai ke pelaminan. Jodoh itu jorok, bisa ketemu di mana aja, lho. Cieee…

6. Sering-sering menghadiri wisuda temen-temen kamu yang lulus duluan

“Sedih ah kalau harus ke wisudaan temennn…”. Eits, gak boleh merasa sedih. Kamu harus bisa mengambil sikap positif dari dateng ke wisudaan temen kamu. Apa sih hal positifnya? Kamu bisa mendapatkan suntikan motivasi dari temen-temen kamu yang udah diwisuda. Karena setiap temen kamu yang diwisuda dan kamu membawakan setangkai bunga dengan harga 5000, mereka akan mengatakan, Makasih yaahh, udah dateng... semoga cepet nyusul... .” Nah, kamu harus segera mengamini apa yang dikatakan temen kamu itu karena ucapan adalah doa.

7. Banyakin berdoa dan minta doa juga sama ayah, ibu, kakak, nenek, kakek, dan seluruh keluarga besar kamu

Sebagaimana usaha kamu, kalau gak dibarengin sama tips yang satu ini semuanya akan terasa sia-sia. Percaya deh, kamu berdoa dan meminta doa dari keluarga apalagi orang tua kamu, dijamin licin deh skripsi kamu sampe beres dan pastinya pada waktu yang tepat. 

Gimana? Tipsnya asyik banget kan? Apa pun tipsnya dan se-asyik apa pun tipsnya, ngerjain skripsi tuh niatnya yang harus digetolin. Karena kalau dari awal udah nyerah sama yang namanya skripsi, yaudah bakalan susah jalanin proses skripsiannya. Apa pun ketakutan yang kamu hadapi tentang skripsi, hadapi dan lawan ketakutan kamu itu! Karena dijamin, proses skripsi itu seru kalau kamunya gak mudah menyerah. Skripsi aja udah nyerah, apalagi memasuki tahap setelah skripsi. Yuk, semangat mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang skripsi! Ikutin tips di atas ini, ya. Dijamin proses skripsian kamu akan terasa menyenangkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Setia Ningrum
"bernapaslah selagi bisa"
0SHARES