7 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Konsentrasi. Dijamin, Semua Pekerjaan Cepat Beres!

16 Desember 2017
|Robertus Ari
985SHARES

Hampir semua kegiatan membutuhkan konsentrasi, tak terkecuali dalam urusan pekerjaan. Terkadang pula, hari menjelang siang konsentrasi kita suka menurun. Biasanya ini disebabkan perut mulai lapar karena memang waktunya untuk makan siang. Tapi kenapa habis makan siang konsentrasi tetap menurun hingga menjurus ke rasa kantuk?

Nah, kalau kamu punya sedikit masalah untuk bisa lebih fokus dalam bekerja maupun kegiatan lainnya. Berikut Yukepo kasih kamu cara meningkatkan konsentrasi agar pekerjaan cepat beres!

1. Pastikan jam istirahat kamu cukup

Kurangnya jam tidur sangat berpengaruh di esok harinya saat kamu beraktivitas. Biasanya kamu akan mudah mengantuk dan konsentrasi cepet hilang. Hal ini disebabkan tubuh kamu merasa letih dan membutuhkan waktu lebih lama untuk istirahat. Jadi pastikan setiap malam kamu cukup tidur, ya.

2. Melakukan pola hidup sehat

Bagaimana sih pola hidup sehat? Apakah harus makan makanan bergizi dengan 4 sehat 5 sempurnanya? Sebenarnya tidak harus seperti itu juga kok. Pola hidup sehat bisa seperti olahraga teratur, tidur cukup, dan banyak konsumsi makanan rendah kalori. Cara ini sudah cukup membentuk pola hidup yang baik dan bisa membantu kamu dalam beraktivitas.

3. Buatlah rencana untuk pekerjaan kamu

Cara meningkatkan konsentrasi bisa dengan membuat rencana tujuannya untuk menata jadwal kerja kamu. Misalnya seperti mengecek e-mail, jeda kamu untuk istirahat, dan lain sebagainya. Jika kamu bisa membuat rencana pekerjaan, hal ini akan mempermudah kamu berkonsentrasi saat bekerja, kamu lebih fokus dan pikiran tak bercabang ke mana-mana. Hindari juga kegiatan di luar rencana yang bisa membuang waktumu.

4. Jangan semua pekerjaan diselesaikan dalam satu waktu

Hilangnya konsentrasi atau fokus bisa disebabkan kamu terlalu banyak mengerjakan pekerjaan. Hal ini bisa memecah fokus kamu saat bekerja. Jadi hindari menjadi multitasking, jangan semua kerjaan diselesaikan dalam satu waktu. Lebih baik, atur pekerjaan kamu mulai dari yang paling menjadi prioritas utama, kemudian diikuti prioritas berikutnya.

5. Jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi kamu

Saat kamu bekerja, silent handphone kamu jika tidak dibutuhkan. Sebab, tak jarang saat kamu bekerja, ponsel berbunyi dan fokus kamu pun buyar. Belum lagi godaan kamu untuk berselancar di media sosial. Tentu hal ini sangat membuang waktu dan akhirnya pekerjaan menjadi terganggu.

6. Hindari suara bising yang mengganggu kamu bekerja

Gangguan seperti suara-suara bising bisa mengganggu konsentrasi kamu, terlebih bagi kamu yang suka bekerja dengan ketenangan. Jadi kamu perlu menghindari hal ini. Atau, gunaan earmuff atau mendengarkan musik favorit untuk membantu kamu lebih berkonsentrasi.

7. Cobalah untuk relaksasi ringan atau meditasi

Meditasi bisa membantu kamu dalam berkonsentrasi. Cara ini bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih relax serta membantu kamu untuk lebih fokus. Kamu bisa melakukan ini di rumah sebelum tidur, pagi hari, bahkan di ruang kerja pun bisa kamu lakukan. Terpenting adalah kamu bisa merasa nyaman saat meditasi.

Nah, itulah tadi 7 cara meningkatkan konsentrasi yang bisa kamu coba. Jika kamu bisa lebih fokus, tentu dalam bekerja tidak akan ada gangguan lagi dan semua pekerjaan bisa cepat beres. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
985SHARES