7 Cara Alami yang Jitu Sembuhkan Sariawan dalam Hitungan Hari

unsplash.com

Siapa sih yang nggak bete ketika sariawan nongol di momen yang tak terduga? Apalagi munculnya saat kamu lagi sibuk-sibuknya. Semua kegiatanmu bakal terpengaruh dengan adanya luka dan perih akibat sariawan di dalam mulut ini.

Sebenarnya, kamu nggak perlu terlalu khawatir ketika sariawan muncul. Sudah ada banyak cara jitu yang dapat menyembuhkan luka ini secara cepat, murah dan menggunakan berbagai bahan alami. Selain itu, tentunya beberapa bahan alami tersebut memang berguna banget untuk kesehatan mulut kita.

Dengan memanfaatkan barang ini, luka di dalam mulut ini bisa segera sembuh dalam hitungan hari. Untuk lebih lengkapnya, scroll ke bawah saja, guys!

1. Rutin mengolesi obat khusus di area sariawan

pexels.com

Hampir semua orang pastinya pernah mengalami sariawan. Anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia, sariawan seperti menjadi penyakit mulut langganan yang bisa muncul kapan saja. Oleh karena itu, sebagian besar dari kita pasti memiliki obat khusus sariawan.

Ketika sariawan muncul, mengolesi obat khusus sariawan secara rutin bisa menjadi salah satu cara jitu untuk mengusir rasa sakitnya. Oleskan minimal dua kali sehari saat terserang sariawan. Penggunaan obat khusus ini membantu mengusir bakteri yang berkembang di area mulut juga di area luka sariawan. Obat ini mampu membantu menyembuhkan dan memulihkan kembali luka bekasnya.

2. Kumur dengan minyak kelapa setidaknya 3 kali sehari

pexels.com

Buat yang lagi sibuk-sibuknya di kantor, jangan khawatir. Kamu bisa berkumur dengan minyak kelapa setidaknya 3 kali sehari. Selain membantu memberikan rasa lembap di mulut saat sariawan, minyak kelapa juga dapat membantu mengurangi rasa sakit di area luka.

3. Berkumur dengan teh chamomile 3-4 kali sehari

pexels.com

Selain berkumur dengan minyak kelapa, berkumur dengan teh chamomile juga dapat meredakan nyeri akibat sariawan. Penawar ini cocok untuk yang kurang suka dengan tekstur minyak kelapa yang cenderung kental.

Berkumur dengan teh kamomil setidaknya 3-4 kali sehari, dapat membantu meringankan rasa sakir akibat sariawan. Kandungan tanin yang efektif mengurangi rasa sakit. Selain itu, kantung teh bekas penyeduhan pun dapat ditempel di area sariawan agar lebih efektif hasilnya.

4. Mengoles madu asli ke area yang timbul sariawan
pexels.com

Nggak ada yang meragukan khasiat luar biasa dari madu. Cairan kental berwarna kecokelatan terang dengan rasa manis ini memang sering kali jadi andalan untuk mengobati sariawan membandel di dalam mulut. Cara pemakaiannya juga mudah. Tinggal oles ke area mulut yang timbul sariawan secara merata, diamkan beberapa saat sebelum akhirnya madu akan larut sendiri. Madu juga berguna untuk area bibir yang kering agar terjaga kelembapannya.

5. Kumur dengan air garam dan soda kue sesekali
pexels.com

Banyak yang dari kamu belum tahu bahwa berkumur dengan air garam dan soda kue dapat membantu mengusir sariawan dari mulut. Campuran antara air garam dan soda kue dapat membantu menarik cairan ke dalam jaringan yang meradang.

Cara mempraktikkannya juga mudah. Campur sesendok garam dan setengah sendok soda kue ke dalam segelas air, lalu aduk hingga larut. Kumur selama 30 detik lalu buang. Lakukan sebanyak 2-4 kali sehari, ya.

6. Perbanyak minum air putih dan konsumsi sayur serta buah

pexels.com

Salah satu cara paling ampuh untuk mengusir sariawan dari dalam mulut yakni dengan cara memperbanyak konsumsi air mineral dansayuran. Saat masih kecil, tentunya kamu nggak asing dengan perintah makan buah dan sayur. Tujuannya supaya banyak agar vitamin dan mineral tubuh terpenuhi.

Nyatanya, hal ini juga loh yang sebenarnya bagus untuk membantu tubuh melawan sariawan. Di saat ini, tubuh memang memerlukan vitamin, cairan dan mineral yang cukup saat sedang panas dalam maupun sariawan.

7. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

pexels.com

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah maupun mengobati sariawan yang terlanjur hinggap di dalam mulut adalah yakni dengan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut secara telaten. Rajin sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Kamu juga bisa menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi. Mereka membantu mulut melawan kuman tersembunyi dan sisa makanan yang masih menempel setelah menggosok gigi.

Sariawan memang menyebalkan dan bikin repot di saat lagi sibuk-sibuknya beraktivitas. Maka dari itu, jangan biarkan sariawan mengganggu kamu lebih lama lagi. Cegah dan lawan sariawan dengan beberapa tips di atas. Semoga cepat sembuh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bak Langit dan Bumi, Begini Kisah Rumah Reyot di Tengah Apartemen Mewah Thamrin! | Keepo.me

Bak Langit dan Bumi, Begini Kisah Rumah Reyot di Tengah Apartemen Mewah Thamrin! | Keepo.me

7 Makanan yang Diam-diam Bikin Kulit Jadi Jauh Lebih Muda

7 Makanan yang Diam-diam Bikin Kulit Jadi Jauh Lebih Muda

Tak Punya Riwayat di Keluarga, Ibu Muda di Banyumas Lahirkan Bayi Kembar 4! | Keepo.me

Tak Punya Riwayat di Keluarga, Ibu Muda di Banyumas Lahirkan Bayi Kembar 4! | Keepo.me

7 Selebgram yang Siap Jadi Inspirasi Gaya Hijab Harianmu!

7 Selebgram yang Siap Jadi Inspirasi Gaya Hijab Harianmu!

Lebih Parah Dari Indonesia, ini Isi UU KUHP Versi USA, No 13 Bikin Muntah! | Keepo.me

Lebih Parah Dari Indonesia, ini Isi UU KUHP Versi USA, No 13 Bikin Muntah! | Keepo.me

7 Cara Memerahkan Bibir Seperti Sedia Kala dengan Bahan Alami

7 Cara Memerahkan Bibir Seperti Sedia Kala dengan Bahan Alami

loading