7 Cara Alami Musnahkan Komedo. Nggak Perlu Pencet-pencet Hidung Lagi!

28 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Komedo merupakan tumpukan lemak di bawah kulit dan menyumbat pori-pori. Ada dua tipe komedo yang dilihat dari warnanya, yaitu komedo hitam dan putih. Biasanya komedo yang banyak kayak gini, bakalan bikin nggak pede karena mengganggu penampilan. Mereka ini sukanya nongkrong di sekitaran hidung.

Biar kamu nggak sibuk pencet-pencet komedo dan jadinya malah luka lalu infeksi, mendingan pakai 7 cara alami di bawah ini aja!

1. Putih telur

Ternyata manfaat putih telur nggak hanya sebagai bahan untuk bikin kue, tapi juga ampuh menghilangkan blackhead sekaligus whitehead. Selain itu, putih telur juga bisa untuk mengecilkan pori-pori, jadi komedo nggak akan balik lagi, deh!

- Siapkan sebutir telur dan pisahkan dari kuningnya.

- Kocok putih telur hingga mengembang.

- Oleskan putih telur pada area hidung yang berkomedo.

- Diamkan selama 10-15 menit hingga mengering.

- Bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Baking soda

Dengan sejuta manfaat, baking soda juga punya khasiat tersendiri dalam menghilangkan komedo membandel. Baking soda bisa berfungsi untuk eksfoliasi yang mengikis kulit mati yang seringnya menyumbat pori penyebab adanya komedo.

- Campurkan 1 sendok makan baking soda dan 2 sendok makan air hangat.

- Oleskan pada hidung, pijat dengan gerakan memutar secara perlahan selama 2-3 menit (jangan terlalu lama karena bisa bikin kulit kering).

- Bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Kulit jeruk

Mengandung vitamin C dan alpha hidroksi, kulit jeruk berkhasiat untuk membersihkan pori-pori kulitmu yang bisa menjadi sarang bagi komedo. Kulit jeruk juga mampu membersihkan dan mengangkat sel kulit mati, lho!

- Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

- Haluskan kulit jeruk dengan blender sampai menjadi bubuk.

- Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air hingga membentuk pasta.

- Oleskan pada hidungmu yang berkomedo sambil dipijat selama beberapa menit.

- Bilas dengan air bersih lalu keringkan.

4. Kayu manis

Kotoran dan bakteri yang menumpuk di kulitmu juga bisa menjadi penyebab timbulnya komedo. Oleh karena itu, kamu bisa gunakan madu sebagai bahan alami pembunuh bakteri dan kayu manis yang baik untuk produksi kolagen sehingga dapat meregenerasi kulit.

- Campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan bubuk kayu manis.

- Aduk rata dan oleskan pada area hidung dan pipi.

- Diamkan selama sekitar 15 menit dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Oatmeal

Tahukah kamu kalau oatmeal punya manfaat yang mantap untuk mengikis sel kulit mati sekaligus dapat mencerahkan wajah? Nah, kombinasi oatmeal dan yogurt yang bisa menyerap minyak berlebih dan bikin kulit lembut ini pas banget untuk mengusir komedo.

- Campurkan 2 sendok teh oatmeal dan 3 sendok teh plain yogurt hingga jadi pasta.

- Oleskan campuran tersebut pada kulit yang berkomedo.

- Diamkan selama 5 menit.

- Bilas dengan air hangat hingga bersih.

6. Lemon

Salah satu buah yang kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit ini nggak boleh dilewatkan begitu aja. Mengandung alpha hidroksi dan kaya akan vitamin C, lemon nggak hanya mampu menyikat komedo tapi juga bisa menghilangkan bekas jerawat, nih!

- Belah dua buah lemon dan teteskan madu pada permukaan lemon.

- Gosokkan lemon yang telah diteteskan madu pada kulitmu yang berkomedo.

- Diamkan selama 5-10 menit.

- Bilas dengan air dingin hingga bersih.

- Lakukan rutin 3-4 kali seminggu.

7. Cuka apel

Bersifat antiseptik, cuka apel bisa membasmi bakteri penyebab komedo membandel. Selain itu, cuka apel juga ampuh dalam membersihkan pori-pori dari minyak berlebih di wajahmu. Pakai ini, kulit jadi bersih dan bakalan bebas komedo deh!

- Larutkan 1 sendok makan cuka apel dengan satu gelas air.

- Celupkan kapas pada larutan tersebut.

- Oleskan pada kulit wajah yang berkomedo.

- Bilas dengan air hingga bersih.

Perawatan alami di atas akan lebih mantap kalau kamu juga senantiasa menjaga kebersihan kulit dan menjaga pola makan. Ternyata nggak sulit kan untuk menghilangkan komedo?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES