7 Arti Simbol pada Kemasan Plastik. Cari Tahu Mana yang Aman dan Berbahaya!

www.yukepo.com

Pernah lihat ada simbol tertentu di kemasan plastik atau barang-barang yang terbuat dari plastik? Umumnya simbol tersebut terdiri dari logo daur ulang berbentuk segitiga, terdapat angka di tengahnya dan tulisan di bawah logo segitiga daur ulang tersebut. Ternyata simbol tersebut dapat memberitahumu tentang apakah barang berbahan plastik tersebut aman digunakan atau nggak.

Nah, berikut ini adalah penjelasannya, agar kamu bisa lebih cermat dalam memilih plastik untuk kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

1. Simbol 1 - PET/PETE (Polyethylene Terephthalate)

www.recyclecare.com.au

Mungkin kamu akan lebih mudah menemukan simbol ini di dapurmu ya. Pada dasarnya, simbol ini terdapat di barang-barang yang terbuat dari plastik, misalnya botol minum, minyak, soda, susu, kotak obat, wadah selai kacang, hingga sisir. Nah, meskipun aman kamu juga harus berhati-hati karena plastik jenis ini hanya boleh digunakan sekali alias nggak boleh diisi ulang. Nggak boleh disimpan di tempat terlalu panas atau nggak kontak langsung dengan api. Tapi kamu bisa mendaur ulang plastik jenis ini jadi tas atau bahan karpet, lho!

2. Simbol 2 - HDPE (High Density Polyethylene)

www.recyclecare.com.au

Plastik dengan simbol yang kedua ini fungsinya juga mirip dengan simbol yang pertama. Sebenarnya plastik jenis ini aman digunakan untuk bahan makanan, namun hanya boleh dipakai sekali dan nggak untuk diisi ulang. Beberapa barang plastik jenis HDPE adalah botol shampoo, galon air minum, wadah Tupperware, botol sabun, botol susu, hingga tempat sabun cuci.

Kamu juga nggak boleh mengisi barang plastik dengan bahan makanan atau minuman kalau sebelumnya barang plastik tersebut bukan untuk makanan atau minuman, ya!

3. Simbol 3 - PVC (Polyvinyl Chloride)

www.recyclecare.com.au

Pernah dengan istilah plastik PVC? Nah, plastik jenis ini punya simbol daur ulang dan angka 3 serta huruf V yang berarti Vinyl. Meskipun begitu, sebenarnya plastik jenis ini sulit didaur ulang karena bahannya yang lebih keras dari plastik jenis lainnya. Plastik jenis ini juga bahaya banget kalau sampai masuk ke tubuh atau sistem pencernaan. Barang-barang plastik jenis ini bisa ditemukan pada pipa, ubin, kabel, botol pembersih rumah tangga, dan sebagainya. Maka dari itu sebisa mungkin barang plastik jenis ini jauh dari jangkauan anak-anak.

4. Simbol 4 - LDPE (Low Density Polyethylene)
www.recyclecare.com.au

Satu lagi nih bahan plastik yang aman digunakan, yaitu di simbol yang terdapat angka 4 LDPE. Barang-barang plastik ini pasti sering kamu temukan atau bahkan setiap hari kamu gunakan, yaitu kantong plastik, kantong sampah, tas belanja, hingga bungkus makanan. Plastik jenis ini memang tahan lama dan elastis sehingga pas banget untuk dijadikan tas belanja. Tapi sebaiknya kamu mengurangi penggunaan plastik ini dan lebih baik mendaur ulangnya agar nggak tertimbun di tanah yang butuh ratusan tahun untuk mengurainya.

5. Simbol 5 - PP (Polypropylene)
www.recyclecare.com.au

Jenis plastik yang satu ini juga aman banget digunakan untuk bahan makanan, bahkan bisa dibilang sebagai bahan plastik terbaik untuk wadah makanan dan minuman. Bahan plastik ini sangat kuat, tahan lama, dan aman digunakan untuk makanan atau minuman bersuhu panas sekalipun. Barang-barang plastik jenis ini apalagi kalau bukan wadah makan dan minum seperti Tupperware, botol obat, wadah yogurt, alat makan plastik, sedotan dan sebagainya. Jadi kalau mau makan, pastikan plastiknya jenis ini, ya!

6. Simbol 6 - PS (Polystyrene)

www.recyclecare.com.au

Kamu pasti pernah melihat dan menggunakan barang plastik jenis ini. Yap, lebih terkenal dengan nama Styrofoam, plastik ini sering dijadikan pembungkus makanan seperti daging mentah, kacang, wadah makanan kayak bubur ayam, cup kopi, dan sebagainya. Padahal bahan ini nggak sehat jika digunakan untuk wadah makanan. Maka dari itu kamu sebaiknya mengurangi penggunaan stryrofoam dan kalau bisa membawa wadah makanan sendiri. Apalagi ternyata plastik jenis ini sulit didaur ulang karena butuh tenaga dan waktu yang besar.

7. Simbol 7 - Other Material (PC/SAN/ABS/Nylon)

www.recyclecare.com.au

Terakhir, ada kategori bahan plastik yang nggak masuk ke dalam 6 kategori lainnya. Selain tertera angka 7, simbolnya juga ada tulisan OTHER. Barang-barang yang termasuk ke dalam jenis plastik ini adalah botol minum bayi, galon air minum, peralatan rumah tangga, botol minum olahraga, case handphone hingga CD (compact disc). Sebaiknya hindari jenis plastik ini untuk wadah makanan dan minumanmu karena plastik ini menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang berdampak pada kesehatan organ tubuh dan mengganggu fungsi hormon dalam tubuhmu. Kalau terpaksa pakai ini, kamu nggak boleh mengisi ulang. Jadi pakai sekali aja, ya!

Kalau udah tahu simbol ini, kamu bisa lebih cermat dalam memilih plastik mana yang aman untuk makanan dan mana yang bisa kamu daur ulang sendiri. Jadi, pilih plastik dengan simbol yang terdapat angka 2, 4, dan 5 di tengahnya. Kamu bisa menggunakan plastik dengan simbol angka 1 dan 7 tapi hanya boleh dipakai sekali aja. Kalau simbol dengan angka 3 dan 6 nggak boleh kamu gunakan untuk makanan ya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Generasi Milenial Tidak Kenal Golput, Perubahan Mereka yang Tentukan - Keepodotme

Generasi Milenial Tidak Kenal Golput, Perubahan Mereka yang Tentukan - Keepodotme

7 Ide Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa. Untungnya Gede, Nggak Perlu Minta Orangtua Lagi!

7 Ide Penghasilan Tambahan untuk Mahasiswa. Untungnya Gede, Nggak Perlu Minta Orangtua Lagi!

Kisah Baiq Nuril dan Lucunya Penegakkan Hukum di Indonesia - Keepodotme

Kisah Baiq Nuril dan Lucunya Penegakkan Hukum di Indonesia - Keepodotme

7 Cara Simple Prediksi Penyakit Kronis, Kesehatan Nggak Dicek dari Berat Badan Aja!

7 Cara Simple Prediksi Penyakit Kronis, Kesehatan Nggak Dicek dari Berat Badan Aja!

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral!  - Keepodotme

Penjual Ombus-ombus di Pasar Medan Ini Nyanyiin Lagu Jokowi, Beritanya Langsung Viral! - Keepodotme

Dear Calon Ibu, 9 Inspirasi Sepatu Rajut Bayi ini Lucu Banget! Contek Yuk!

Dear Calon Ibu, 9 Inspirasi Sepatu Rajut Bayi ini Lucu Banget! Contek Yuk!

loading