7 Arti Simbol pada Kemasan Obat. Jangan Sembarangan, Karena Bisa Aja Narkotika Tuh!

www.indonewz.com

Pernahkah kamu melihat ada simbol tertentu yang tertera pada kemasan obat? Biasanya, selain nama obat yang susah disebutkan itu, terdapat pula simbol berbentuk lingkaran dengan warna atau logo tertentu. Simbol tersebut merupakan tanda yang harus dipahami oleh orang awam sebagai pengguna agar nggak salah dalam mengonsumsi.

Agar lebih jelas dan nggak salah dalam mengonsumsi obat, yuk cari tahu apa arti di balik simbol pada kemasan obat berikut ini.

1. Simbol hijau dengan lingkaran hitam

www.apotekers.com

Sebenarnya simbol hijau dengan lingkaran hitam ini menunjukkan bahwa obat yang kamu dapatkan merupakan obat yang dijual bebas di pasaran. Biasanya obat-obat bertanda ini dijual dari mulai apotek hingga warung, seperti paracetamol dan aspirin. Bisa dibilang ini adalah obat umum yang bisa dikonsumsi dengan mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat. Jadi tanpa resep dokter pun kamu bisa membeli dan mengonsumsinya.

2. Simbol biru dengan lingkaran hitam

www.apotekers.com

Serupa tapi tak sama, simbol biru dengan lingkaran hitam yang tertera pada kemasan obat menunjukkan bahwa obat tersebut juga bisa didapatkan secara bebas di pasaran. Namun bedanya adalah sebenarnya obat dengan simbol ini termasuk ke dalam obat keras, di mana pengguna obat ini harus tunduk dan patuh terhadap aturan pengonsumsian seperti dosis dan aturan lainnya. Jadi nggak boleh sembarangan, biar nggak overdosis.

3. Simbol merah dengan huruf K dan lingkaran hitam

www.apotekers.com

Pernah lihat simbol kayak gini di kemasan obatmu? Nah, kalau yang ini disertai huruf K, yang artinya obat tersebut adalah obat khusus. Biasanya termasuk jenis Asam Mefenamat. Jadi, kamu harus mengantongi resep dokter untuk bisa mendapatkan obat ini karena termasuk ke dalam obat keras. Pengonsumsiannya juga harus sesuai anjuran dokter dan nggak boleh dikonsumsi sembarangan nggak sesuai dosis yang diberikan oleh dokter.

4. Simbol tanaman berdaun warna hijau
ratih-saridewi.blogspot.co.id

Kalau simbol yang mirip dengan tanaman berdaun ini merujuk pada produk jamu. Memang sih, nggak semua produk jamu terdapat simbol kayak gini. Tapi simbol ini menunjukkan bahwa adanya kandungan tanaman sebagai bahan dasar dan diolah secara tradisional. Seperti layaknya ramuan tradisional yang diwariskan leluhur secara turun temurun, sampai saat ini jamu masih dipercaya sebagai obat tradisionalnya masyarakat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

5. Simbol tiga bintang warna hijau
kendhilkencana.blogspot.co.id

Masih saudaraan nih sama jamu karena terbuat dari bahan-bahan alami. Tapi tentu berbeda, karena obat dengan simbol tiga bintang warna hijau ini sebenarnya adalah obat berbahan dasar tanaman, obat, dan mineral tambahan yang disebut obat herbal terstandar (OHT). Nah, OHT diproses higienis dan berteknologi tinggi. Bahan-bahannya pun terlah diuji toksisitas dan juga kronisnya. Makanya OHT disebut demikian karena melalui penelitian klinis yang mumpuni.

6. Simbol mirip kepingan salju warna hijau

kendhilkencana.blogspot.co.id

Mirip-mirip juga nih dengan OHT, di mana obat ini sebenarnya termasuk ke dalam Fitofarmaka dengan simbol mirip kepingan salju berwarna hijau. Obat ini bahan dasarnya adalah alami dan tradisional namun proses pengolahannya terstandar dan selevel dengan obat-obatan modern.

Misalnya nih, bahan dasarnya sih daun jambu biji yang berkhasiat mengatasi diare. Namun obat jenis ini akan dibuat teknologi canggih dan proses tertentu sehingga bahan dasar tersebut dapat dikonsumsi secara aman. 

7. Simbol plus warna merah

www.apotekers.com

Attention! Kalau kamu menemukan obat dengan simbol plus berwarna merah, kamu harus hati-hati banget nih. Karena sebenarnya simbol ini menunjukkan bahwa obat tersebut termasuk ke dalam jenis narkotika. Nggak hanya bisa didapatkan dari bandar narkoba, obat jenis ini sebenarnya bisa diperoleh di apotek namun harus dengan resep dokter asli.

Obat jenis ini biasanya mengandung zat adiktif yang bikin ketagihan jika dosisnya nggak tepat. Efek lainnya juga bisa seperti hilang kesadaran, halusinasi bahkan mati rasa. Jadi penggunaannya diawasi secara ketat dan nggak boleh sembarangan apalagi sampai overdosis. Duh, hati-hati deh!

Sekarang udah nggak bingung lagi kan tentang simbol-simbol yang ada di kemasan obat? Maka dari itu, setiap akan mengonsumsi obat, perhatikan dulu kemasannya dan jangan sampai salah. Kalau ragu, kamu bisa tanya ke apotek atau dokter. Semoga lekas sembuh!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Cara Simple dan Alami Mengatasi Bau Kaki. Nggak Akan Minder Lagi Deh!

7 Cara Simple dan Alami Mengatasi Bau Kaki. Nggak Akan Minder Lagi Deh!

8 Hobi yang Bisa Ditulis di CV. Jadi Nilai Plus, Peluang Keterima Makin Besar!

8 Hobi yang Bisa Ditulis di CV. Jadi Nilai Plus, Peluang Keterima Makin Besar!

Lakukan 7 Pertolongan Pertama Ini Saat Kulit Terbakar Matahari. Jangan Sampai terlanjur Jadi Kanker

Lakukan 7 Pertolongan Pertama Ini Saat Kulit Terbakar Matahari. Jangan Sampai terlanjur Jadi Kanker

7 Tips Make-up Praktis untuk Si Mata Monolid. Bikin Matamu Kelihatan Lebih Cetar!

7 Tips Make-up Praktis untuk Si Mata Monolid. Bikin Matamu Kelihatan Lebih Cetar!

7 Makanan yang Katanya "Sehat", Ternyata Malah Kebalikannya. Kurangi Konsumsinya, Biar Sehat Beneran!

7 Makanan yang Katanya "Sehat", Ternyata Malah Kebalikannya. Kurangi Konsumsinya, Biar Sehat Beneran!

Pengen Bisa Main Gitar? Ini 6 Cara Mudah Belajar Gitar yang Harus Praktikkan!

Pengen Bisa Main Gitar? Ini 6 Cara Mudah Belajar Gitar yang Harus Praktikkan!

loading