6 Tips Jitu Agar Sensor Fingerprint di Smartphone-mu Makin Awet!

08 Oktober 2017
|Robertus Jeje
Tips
0SHARES

Berbicara teknologi sepertinya tak akan ada ujungnya. Dari tahun ke tahun pasti makin berkembang dan masuk, termasuk urusan smartphone. Kini ponsel pintar sudah dilengkapi dengan fingerprint scanner dan pasti kamu sudah mengenalnya.

Tentu dengan kehadiran fingerprint scanner ini membantu kamu dalam mengamankan ponselmu dari tangan-tangan jahil dan tak perlu lagi menggunakan pin atau pola untuk mengunci smartphone kamu.

Namun meski kemajuan ini sangat baik, bukan berarti sensor ini tidak bisa rusak karena pemakaian atau human error. Nah berikut ini YuKepo bakal kasih tips buat kamu agar fingerprint smartphone kamu makin awet dan nggak gampang rusak!

1. Cukup daftarkan satu jari saja

Pada umumnya, smartphone mampu menyimpan lima sidik jari. Tapi supaya awet, lebih baik tidak lebih dari dua sidik jari yang didaftarkan, atau cukup satu saja.

Sebab, jika kamu mendaftarkan terlalu banyak sidik jari, akan tersimpan di memori dan biasanya akan berpengaruh dalam hal fungsi dan kinerja smartphone, seperti menjadi lebih lemot, sering eror, atau nge-hang.

2. Jangan menggunakan fingerprint saat jari kamu sedang basah dan berkeringat

Saat mengakses fingerprint, pastikan kondisi tangan kamu dalam keadaan kering atau tidak berkeringat. Sebab smartphone adalah perangkat elektronik dan cukup sensitif sama basah. Jadi biar nggak cepat rusak, pastikan jari kamu selalu dalam keadaan kering.

3. Panel sidik jari jangan sampai tergores

Tak sedikit lho orang yang suka iseng seperti menggoreskan suatu benda ke panel fingerprint. Hal ini dikarenakan bisa merusak sensor scanner yang dirancang untuk mengenali pola atau kulit pada jari. Jika sampai tergores, kemungkinan besar sensor fingerprint sudah tidak bisa digunakan lagi.

4. Saat hujan, hindari menggunakan akses panel fingerprint

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, smartphone adalah barang elektronik yang cukup sensitif dengan sesuatu yang basah. Jadi saat hujan, jangan gunakan dulu fingerprint. Sebab tepi fingerprint terkadang ada celah sempit yang bisa membuat air masuk dan merusak sensornya.

5. Jangan pindai selain sidik jari

Selain jari, jangan pindai apa pun dengan sensornya. Hal ini bisa membuat fingerprint mengalami malfungsi. Jadi jangan pernah iseng melakukan ini ya.

6. Hindari mengantongi smartphone dalam saku celana yang terlalu ketat dan berbahan keras atau kasar

Mungkin beberapa dari kamu pernah mengalami hal ini. Layar ponsel muncul goresan, banyak garis-garis, bahkan sampai retak. Jadi sebaiknya kamu hindari mengantongi smartphone di saku celana yang terlalu ketat atau bahannya keras seperti jeans. Lebih baik kamu masukkan smartphone kamu ke dalam tas saja agar sensor fingerprint-nya juga tidak tergores.

Nah itulah tadi 6 tips yang bisa kamu lakukan agar fingerprint scanner ponsel kamu lebih awet. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES