6 Teknik Fotografi dari Barang Ekonomis tapi Hasilnya Keren Abis! Nggak Susah, Kok

23 September 2017
|Fatimah Artayu Fitrazana
0SHARES

Juru potret pakai peralatan studio biar hasilnya bagus? Udah biasa. Sekarang bagaimana kalau kamu yang awam dunia fotografi, memotret dan hasilnya tak kalah dari mereka yang sudah khatam dunia foto-foto? Tak perlu alat-alat studio yang mahal, berat, dan rumit.

Ternyata, kamu hanya cukup menggunakan barang-barang sederhana di rumah ini. Bahkan, kamu nggak perlu menguasai teknik bidikan kamera yang aneh-aneh. Ingin tahu triknya? Ini dia!

1. Kantung plastik bekas belanja di minimarket

Kalau kamu kebetulan habis belanja bulanan, jangan dubuang ya kantong plastiknya. Kantong plastik putih itu ternyata bisa menjadi ‘senjata andalan’ untuk menghasilkan foto yang mantap layaknya tukang foto profesional. Kamu hanya perlu menggelembungkannya, mengikat bagian talinya, lalu menaruhnya di depan flash saat akan memotret. Kamu pasti akan terkaget dengan hasilnya!

2. Wih! Efek terbakar dengan korek api

Batang korek api tak hanya bermanfaat untuk menghidupkan lilin saat mati lampu atau menyulut rokok. Dalam dunia fotografi, korek api ternyata bisa menghasilkan efek yang keren. Kamu cukup menyalakan api dengan batang korek dan meletakkannya di depan lensa kamera. Kamu bisa menyesuaikan letak dan pencahayaannya terhadap target foto. Hasilnya mantap, kamu nggak perlu filter atau efek-efek lainnya lagi.

3. Slider versi ekonomis, pakai handuk! Foto dan video kamu makin ciamik

Slider digunakan untuk merekam video supaya kameramu tidak goyang dan hasilnya maksimal. Masalahnya cuma satu, mahal harganya. Kalau mau murah sih bisa dengan cara sewa, biasanya. Nah, barang di rumah apa yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan slider? Jawabannya adalah handuk.

Kamu hanya perlu media yang datang dan rata, meja kaca misalnya. Kemudian letakkan handuk di atasnya dan kamera kamu di atas handuk. Kamu hanya perlu menariknya sesuai sudut yang diinginkan. Gampang, ‘kan?

4. Tak ada filter, kain kerudung pun jadi

Filter tidak dapat dipungkiri akan membuat foto kamu jadi lebih artistik. Filter dari perlatan studio terlalu mahal dan rumit. Pakai filter di kamera, bisa sih tapi mainstream. Biar jadi ala-ala fotografer DIY, kamu bisa mencoba menggunakan kain warna. Pilih kain yang tembus pandang, atau bisa juga pakai kain kerudung polos. Letakkan lembaran kain di lensa dan lingkarkan dengan ikat rambut. Ethereal color-infused bisa dihasilkan dari trik fotografi sederhana ini.

5. Plastik bening bungkus donat atau sandwich

Jenis plastik ini lebih kita kenal dengan plastik mika yang sering digunakan sebagai kemasan roti atau donat. Kalau kebetulan kamu punya plastik ini yang masih bersih di rumah, jangan dibuang ya. Kamu bisa menghasilkan gambar yang keren dengan pembungkus ini.

Buka plastik dan sobek bagian bawahnya. Lalu, masukkan lensa kameramu di tengah plastik. Efek dari kerutan dan tekstur plastik pembungkus ini akan membuat foto kamu nampak lebih artistik dan tak kalah dengan hasil jepretan fotografer handal.

6. Kertas bertekstur menambah estetika produk jualan

Hasil maksimal layaknya fotografer sungguhan tidak hanya berlaku untuk foto koleksi pribadi. Kamu yang kebetulan punya usaha, tapi tidak berniat menyewa jasa fotografer karena berat di ongkos, bisa mencoba trik yang satu ini. Kamu bisa menggunakan kertas warna bertekstur lalu menempelkannya di dinding rumah atau papan. Kertas ini berfungsi sebagai background agar hasil foto katalog produk kamu makin keren. 

Nah, sudah siap mencoba sendiri? Jangan takut gagal, kamu bisa mengotak-atik sendiri dengan alat-alat sederhana di atas. Fotografi itu gampang, 'kan? Selamat mencoba, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatimah Artayu Fitrazana
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES