6 Rahasia Awet Muda yang Terbukti Secara Ilmiah. Super Gampang, Hasilnya Bikin Puas!

12 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Banyak orang yang berusaha untuk tampil young and beautiful alias awet muda tapi nggak mau susah. Padahal menjaga kulit untuk tetap awet muda sebenarnya nggak ribet, tapi memang butuh semangat dan rajin aja.

Nah, kali ini YuKepo akan bocorin rahasia gimana caranya agar kamu nggak kelihatan lebih tua dari umurmu dengan cara-cara yang udah terbukti secara ilmiah. Kuy, kepoin!

1. Jangan lama-lama terkena cahaya matahari

Mungkin di jaman nenek moyang kita dulu matahari nggak sepanas sekarang. Tapi mau sepanas apapun, sinar matahari dapat mengakibatkan efek buruk terhadap kulit yaitu penuaan dini. Sinar matahari akan mengenai kulit dan memecah kolagen yang membuatmu tampak lebih tua, cepat keriput, dan pastinya bikin kulitmu jadi nggak sehat. Jadi, kamu harus selalu pakai sunscreen atau tabir surya setiap akan keluar ruangan. Minimal yang mengandung SPF 30 agar perlindungannya maksimal. Meski begitu, tetap nggak boleh lama-lama berjemur ya!

2. Hindari makan-makanan yang berlemak

Udah bukan rahasia lagi kalau buah dan sayuran merupakan nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah memiliki kandungan vitamin dan gula alami yang pastinya lebih baik daripada gula buatan yang bisa merusak elastin dan kolagen. Makanan berlemak yang berasal dari hewan juga nggak baik untuk elastisitas kulit. Tapi bukan berarti kamu nggak boleh mengonsumsi lemak, hanya saja kamu perlu memilah mana lemak yang baik misalnya mengganti dengan lemak nabati dari alpukat, kacang, atau lemak ikan. Nggak mudah keriput deh!

3. Pakai selalu pelembap wajah

Namanya juga pelembap wajah, pastilah fungsinya untuk melembapkan wajah. Nah, tahukah kamu kalau wajah yang lembap alias nggak kering berarti kolagen di bawah kulitmu sehat sehingga nggak mudah menua. Pelembab wajah akan menahan air yang ada di wajah sehingga akan mengurangi garis-garis halus dan itulah yang membuat wajahmu tampak lebih kenyal, awet muda, dan nggak cepat keriput. Menggunakan pelembap setiap hari juga dapat membuat wajahmu lebih cerah, lho!

4. Tidur cukup di waktu yang paling tepat

Beberapa penelitian ilmiah mengorelasikan antara kurang tidur dengan penuaan dini. Seseorang yang nggak cukup tidur akan kelihatan lesu seperti lingkar mata hitam, wajah pucat, dan nggak segar. Itulah yang menyebabkan seseorang kelihatan lebih tua dari umurnya. Lagipula, tidur cukup di jam 10 malam hingga jam 6 pagi akan membuat kulitmu beregenerasi dengan baik, karena jam tersebut adalah waktu terbaik bagi sel-sel tubuh untuk beregenerasi. Jadi harus tidur cukup, nggak banyakin begadang plus, tidurnya di jam yang seharusnya.

5. Jangan ngerokok

Kalau yang ini sih sepertinya udah pada tahu ya, efek buruk merokok itu adalah bikin wajahmu kelihatan lebih tua. Mau semantap apapun perawatan wajahmu kalau masih sering merokok sama aja bohong, karena zat nikotinnya akan membuat pembuluh darahmu jadi menyempit. Darah pun nggak akan mengalir dengan lancar ke permukaan kulitmu, membuat wajahmu jadi kelihatan kayak nggak punya semangat hidup. Kalau mau wajahmu cerah dan nggak cepat keriput, mendingan berhenti merokok dari sekarang, deh!

6. Gunakan produk anti-aging

Ini dia yang sering disepelekan. Tubuh kita memang memproduksi kolagen sendiri, tapi itu pun kalau tubuhmu menerima nutrisi yang baik untuk membentuk kolagen baru. Semakin tua, produksi kolagen akan berkurang sehingga untuk tetap awet muda, kamu perlu tambahan dari luar berupa produk anti-aging yang mengandung retinoid. Jadi, retinoid adalah turunan vitamin A yang bisa mempercepat regenerasi dan meningkatkan produksi kolagen. Makanya produk anti-aging itu lumayan mahal, tapi investasi kayak gini bikin kamu puas juga kok di masa depan!

Jadi itulah hal-hal yang harus kamu lakukan kalau mau awet muda berdasarkan penelitian ilmiah. Sebenarnya susah-susah gampang sih, tapi kalau niatnya mau sehat sampai tua pasti bisa kok!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES