6 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Menjajal Resep Roti Pisang Agar Berhasil

03 Oktober 2017
|Lidya Kartika
0SHARES

Di Indonesia kita sering banget nyemil sesuatu yang manis, entah saat ada di kantor, ada di suatu event, atau ya emang kepengen ngemil aja. Nah, salah satu camilan manis yang familiar adalah roti pisang. Saking enaknya camilan yang satu ini, kita sering kepikiran buat bikin sendiri di rumah. Tapi, roti pisang buatan sendiri sering nggak seenak di toko. Kalau kamu pernah ngalamin juga, yuk simak tips bikin roti pisang yang enak ini.

1. Buat sesederhana mungkin

Jangan dibikin ribet. Kamu cukup mencampurkan bahan-bahan di sebuah mangkok kemudian mengaduknya dengan sendok kayu. Nah, soal bahan-bahan yang digunakan, pastikan kamu menggunakan takaran yang tepat dan campurkan sesuai aturan.

2. Gunakan pisang matang

Hanya pisang matang yang dapat memberikan rasa manis yang sempurna dan aroma yang bikin ketagihan. Beberapa pisang yang agak sedikit kematangan juga bisa digunakan. Nah, untuk menghancurkannya, cukup gunakan garpu. Kalau mau menggunakan pisang beku, pastikan kamu telah benar-benar mencairkannya sebelum digunakan dalam adonan, atau kamu juga bisa menambahkan minyak dan mentega untuk membuat pisang beku semakin sempurna.

3. Pisahkan bahan kering dan bahan basah

Untuk menghindari campuran yang pecah, pertama campurkan bahan basah terlebih dahulu dalam sebuah mangkuk. Kemudian tambahkan bahan-bahan kering sesudahnya. Cara menambahkannya pun harus hati-hati dan sedikit demi sedikit, sambil diaduk.

4. Caramel!

Nggak banyak yang tau kalau karamel menyempurnakan rasa roti pisang. Daripada menggunakan gula merah, cobalah gunakan karamel untuk menambahkan rasa gurih. Kalau karamel terasa terlalu manis, kamu bisa menggunakan separuh takaran caramel dan separuh takaran gula merah untuk keseluruhan adonan.

5. Tambahkan variasi

Sebenernya, roti pisang itu ya roti biasa. Nah, daripada berasa hambar, kamu bisa tambahkan bumbu tertentu seperti kayu manis, kacang, kismis, atau potongan cokelat ke dalamnya. Untuk tambahan bumbu, kamu mesti menambahkannya bersama adonan kering. Sementara untuk bahan seperti cokelat atau kacang, kamu harus menambahkannya paling terakhir. Oiya, bisa juga loh menambahkan irisan buah!

6. Usahakan sehat, bukan padat

Utamakan membuat roti pisang yang menggunakan yoghurt, daripada kebanyakan minyak. Roti pisang dengan yoghurt memberikan rasa manis yang natural dan nggak bikin enek. Bahkan, kalau kamu masih ngerasa rotinya terlalu manis, jangan ragu untuk mengurangi takaran gula yang dipakai.

Gimana nih, udah siap bikin roti pisang sendiri? Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES