6 Hal Pembeda Jajanan Sehat dan Tidak. Asal Comot Karena Murah Membawa Petaka!

unsplash.com

Siapa sih yang nggak suka jajan? Mau anak-anak, remaja, hingga orang tua, pasti suka yang namanya jajan. Apalagi cemilin makanan ringan atau makanan semi-berat. Kadang saking suka dan terbiasa jajan, kita sering lupa mempedulikan apakah makanan atau minuma yang kita beli sudah memenuhi syarat makanan atau minuman sehat.

Kita seringkali langsung melahap semua jajanan kita, tanpa benar-benar memperhatikan bagaimana proses dan kondisi keseluruhan makanan atau minuman yang kita beli. Padahal jika makanan yang kita beli ternyata menandung zat berbahaya dan jauh dari kata sehat. Hal tersebut akan membahayakan tubuh baik itu jangka pendek maupun jangka panjang.

Nggak mau dong kita jadi sakit gara-gara ketidakpedulian kita pada kesehatan? Maka dari itu, sudah dirangkum tips buat kamu biar bisa membedakan jajanan sehat dengan yang tidak. Penasaran, 'kan?

1. Warna yang sangat mencolok, patut waspada

www.k24klik.com

Biasanya makanan dengan warna yang terang mencolok dan menggiurkan ya. Apalagi buat anak-anak. Kalau pewarna makanannya alami sih, nggak masalah. Tapi, kalau pakai pewarna yang berbahaya? Nah, makanya makanan yang mempunyai warna terlalu mencolok ini perlu diwaspadai.

Warna yang mencolok biasanya disebabkan oleh penggunaan pewarna tekstil (rhodamin B) pada makanan. Pewarna tekstil jelas tidak aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Jika tubuh banyak mendapatkan zat berbahaya dari pewarna makanan, akibatnya akan muncul gumpalan kanker yang disebabkan dari endapat zat berbahaya tersebut. 

2. Rasa yang terlalu tajam

www.indonetwork.co.id

Ciri selanjutnya dari jajanan tidak sehat adalah mempunyai rasa yang terlalu tajam. Rasa yang terlalu tajam ini misalnya rasa yang terlalu gurih, pahit, manis, dan sebagainya. Adanya rasa yang tajam pada jajanan menandakan penggunaan zat tambahan yang berlebihan.

Rasa yang terlalu gurih, misalnya, berarti jajanan tersebut sangat banyak menggunakan penyedap rasa yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

3. Disimpan di tempat terbuka

www.netralnews.com

Makanan yang disimpan di tempat terbuka jelas perlu diwaspadai. Udara mengandung mikroba dan bakteri yang bisa membahayakan makanan. Selain itu, makanan yang dibiarkan terbuka sangat mungkin dihinggapi lalat atau hewan kecil lainnya yang membuat makanan tidak lagi higienis dan bahkan bisa membahayakan tubuh jika tetap dikonsumsi.

4. Dibungkus dengan kertas bekas
www.smartdetoxsynergy.com

Nggak sedikit pedagang jajanan yang membungkus jajanannya dengan kertas bekas. Hal ini perlu juga diwaspadai ya. Karena penggunaan kertas bekas sebagai pembungkus makanan ini punya banyak dampak buruk buat kesehatan, lho.

Kertas bekas sangat mungkin mengandung zat kimia berbahaya dan bakteri jahat yang dapat menyebabkan resiko kanker, gangguan dan infeksi pencernaan, bahkan gangguan reproduksi. Duh, bahaya banget ya ternyata.

5. Bentuk terlalu keras, kenyal, atau gosong
ragamalami.blogspot.co.id

Makanan dengaan bentuk yang terlalu keras atau terlalu kenyal biasanya disebabkan penggunaan zat kimia berbahaya pada makanan. Penggunaan zat kimia tersebut bisa bertujuan untuk mengawetkan makanan, namun memberikan dampak pada bentuk makanan dan dapat membahayakan tubuh jika tetap dikonsumsi.

6. Memiliki bau yang aneh dan menyengat

www.vemale.com

Bau yang menyengat pada makanan, misalnya bau asam, biasanya karena makanan sudah tercemar mikroba atau bakteri dari udara di sekitarnya.

Bau ini jelas menandakan makanan sudah tidak  sehat dan tidak layak dikonsumsi. Jadi, kalau kalian beli jajanan, perhatikan juga baunya ya.

Nah, itu dia guys tips membedakan jajanan sehat dengan yang tidak sehat. Kita tetep bisa kok jajan apa aja dan di mana saja, asalkan kita betul-betul memperhatikan kondisi jajanan yang akan kita beli.

Jangan asal beli, karena banyak penjual yang tidak mementingkan kepentingan konsumennya. Tapi masih banyak juga kok penjual jajanan yang memperhatikan kualitas jajanan yang dijualnya agar pelanggannya suka dan tetap sehat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Viral Pernikahan Dini Bocah Umur 9 Tahun, Warganet Gerah Hingga Nyinyir: Udah Sunat Belum?! - Keepodotme

Viral Pernikahan Dini Bocah Umur 9 Tahun, Warganet Gerah Hingga Nyinyir: Udah Sunat Belum?! - Keepodotme

“Sakau” sama Media Sosial? Dikurangi dengan 7 Langkah Ini, Bahaya Kalau Ketergantungan!

“Sakau” sama Media Sosial? Dikurangi dengan 7 Langkah Ini, Bahaya Kalau Ketergantungan!

5 Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Tampilannya Nggak Monoton - Keepodotme

5 Cara Mengubah Font WhatsApp Agar Tampilannya Nggak Monoton - Keepodotme

9 Mantra Ini Buatmu Jadi Penulis Terkenal. Bocoran dari Pemenang Brooker Prize Lho!

9 Mantra Ini Buatmu Jadi Penulis Terkenal. Bocoran dari Pemenang Brooker Prize Lho!

8 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Dengan Cepat - Keepodotme

8 Cara Menjadi Youtuber Terkenal Dengan Cepat - Keepodotme

Mau Berbisnis Online Shop? Strategi Gampang Ini Bisa Bikin Jualanmu Laris Manis!

Mau Berbisnis Online Shop? Strategi Gampang Ini Bisa Bikin Jualanmu Laris Manis!

loading