5 Manfaat Tersembunyi Mandi Air Dingin di Pagi Hari. Ternyata Bisa Bikin Happy!

30 September 2017
|Olphi Disya
1.2 KSHARES

Cuaca di pagi hari yang dingin memang sering bikin malas mandi. Membutuhkan waktu dan tekad yang bulat untuk beranjak dan mandi. Apalagi kalau kamu tahu bahwa kamu akan mandi dengan air dingin, mungkin akan jadi lebih malas. Tapi jangan keburu negative thinking dengan air dingin yang kamu gunakan untuk bebersih diri saat pagi hari, guys. Justru air dingin punya manfaat yang luar biasa, lho! Apa aja tuh?

1. Imunitas tubuhmu akan lebih kuat

Dilansir dari Reader’s Digest, berdasarkan jurnal PLOS One, kalau kamu mandi pagi dengan air dingin kemungkinan besar akan mengurangi risiko penyakit hingga 30 persen. Selain kesehatan fisik yang baik, mandi dengan air dingin juga bermanfaat bagi kesehatan mentalmu misalnya jadi cenderung nggak mudah cemas dan merasa lebih positif dalam hidup.

2. Merasa segar dan lebih berenergi

Bayangkan ketika kulitmu bersentuhan dengan air dingin, dari ngantuk pasti mata kamu jadi jreng banget! Berbeda ketika kamu mandi air hangat yang akan merasa dingin setelahnya, dengan air dingin justu akan membuatmu lebih segar setelahnya. Karena lebih segar, kamu pun akan jauh lebih berenergi untuk beraktivitas seharian.

3. Berkurangnya rasa nyeri di tubuh

Kalau kamu sering merasakan nyeri kronis di beberapa area tubuh, kamu bisa coba terapi mandi air dingin. Ketika tubuhmu tersiram air dingin, tubuhmu akan melepaskan hormon endorphin. Berdasarkan studi dari North American Journal of Medical Sciences, hal tersebut akan membuat rasa nyerimu berkurang. Mungkin nyeri hati juga bisa berkurang, nih!

4. Bikin mood jadi lebih baik

Tahukah kamu bahwa ternyata air dingin merupakan antidepressant paling murah meriah? Berdasarkan studi dari Medical Hypotheses, siraman air dingin akan mengakibatkan impuls listrik yang terdapat di ujung-ujung syaraf menjalar hingga peripheral otak. Jadi, air dingin akan mengurangi rasa cemas dan membuat suasana hati jadi lebih baik.

5. Merasa lebih rileks setelah olahraga

Berolahraga rutin memang menjadi aktivitas paling baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Lengkapi dengan mandi air dingin setelah berolahraga. Ternyata mandi dengan air dingin dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga. Mandi dengan air dingin juga mempercepat pemulihan sel-sel yang telah rusak. Wajib banget nih diingat!

Nggak ada alasan lagi untuk nggak mandi air dingin di pagi hari dong? Meskipun awalnya kamu harus berjuang biar nggak kedinginan, tapi manfaatnya oke banget kan untuk kesehatan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
1.2 KSHARES