5 Lokasi Jerawat di Tubuh Ini Menandakan Ada yang Nggak Beres dalam Tubuhmu

top-5-acne-treatments.com

Nggak hanya wajah aja yang bisa berjerawat, kulit tubuhmu juga bisa muncul jerawat. Tahukah kamu jika ternyata jerawat di tubuh bisa memberikan tanda terkait dengan kondisi dalam tubuhmu? Kalau selama ini kamu mengira bahwa jerawat hanyalah masalah kulit dan sepele, kamu harus ketahui fakta di balik munculnya jerawat di area tubuh. Coba cek deh, kamu punya jerawat di lima bagian tubuh ini nggak?

1. Jerawat di leher

www.acne.org

Seperti jerawat di rahang, jerawat di leher kemungkinan besar menunjukkan bahwa kelenjar adrenal (hormon) kamu dalam keadaan overdrive. Kemungkinan lainnya karena stres atau asupan gula berlebih. Bisa juga karena kamu mengenakan kaos dengan kerah ketat atau memiliki rambut berminyak yang sering menyentuh kulit di area ini. Atasi dengan mengganti shampoo, conditioner, mengenakan kaos dengan kerah yang dapat memperlancar sirkulasi, dan hindari makan makanan dengan kadar gula yang tinggi.

2. Jerawat di punggung

www.howhunter.com

Punggung adalah area tubuh yang paling sering berjerawat dan alasan yang paling umum adalah alergi, keringat berlebihan, nggak mandi setelah berolahraga, gesekan, pakaian yang terlalu ketat, tali ransel, iritasi karena produk perawatan rambut atau tubuh, reaksi dari deterjen cucian, dan sebagainya. Kemungkinan lainnya adalah makananmu mengandung kadar gula dan berkalori tinggi atau kamu nggak cukup tidur. Nah, kalau kamu merasa memiliki banyak jerawat di punggung, coba deh seminggu sekali pakai garam mandi untuk meminimalisir.

3. Jerawat di dada

www.amblesidedermedics.com

Coba deh ingat-ingat lagi, apakah kamu sering mengenakan pakaian yang ketat berbahan poliester atau nilon? Apakah kamu yakin bahwa kamu lagi nggak terkena infeksi jamur (terutama kalau kamu memiliki sedikit whiteheads di dada yang nggak mempan diobati dengan perawatan jerawat) dan alergi? Jerawat di dada juga bisa mengarah ke masalah pencernaan, seperti pola makan yang buruk, kebiasaan makan yang buruk, makanan yang terlalu pedas atau terlalu banyak meminum minuman dingin.

4. Jerawat di pantat
yoderm.com

Biasanya ada tiga alasan jerawat muncul di pantat, yakni pakaian dalam yang kotor, terlalu ketat, kulit terlalu kering, diet atau pencernaan yang buruk, terlalu banyak minum minuman dingin, dan terlalu banyak makan makanan pedas. Jadi, kalau jerawat di pantatmu nggak kunjung hilang meski kamu udah melembabkan kulit, kenakan pakaian katun longgar dan rajin-rajin dicuci atau dibersihkan semuanya. Jangan lupa juga kamu udah harus mulai evaluasi kebiasaan makanmu biar jerawat di pantat nggak muncul lagi.

5. Jerawat di daerah kemaluan
healthawarenesscommunity.com

Jerawat di daerah kemaluan benar-benar menyakitkan dan cukup sulit untuk dibersihkan karena faktor kelembaban tinggi daerah ini. Selangkangan yang berjerawat bisa muncul karena rambut tumbuh ke dalam akibat dari waxing atau cukur dan kemungkinan besarnya adalah kebersihan daerah intim yang buruk. Paling mengkhawatirkan sih, bisa jadi itu adalah kutil atau gejala PMS (Penyakit Menular Seksual, terutama jika disertai dengan bintik-bintik, gatal, atau tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah 3-4 hari.

Kalau kamu udah mencoba untuk hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang memicu jerawat, namun jerawatmu nggak kunjung membaik, kamu harus segera periksakan ke dokter kulit terdekat, ya. Bisa jadi ada hal-hal yang nggak kamu tahu terjadi dalam tubuhmu dan kalau nggak segera diatasi justru bisa lebih berbahaya kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Mau Acara Pertunanganmu Tetap Berkesan dengan Budget Hemat? Pakai 5 Tips Jitu Ini!

Mau Acara Pertunanganmu Tetap Berkesan dengan Budget Hemat? Pakai 5 Tips Jitu Ini!

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Buat Kamu Vlogger Pemula, 7 Aplikasi iPhone Ini Recomended Banget Buat Edit Video

Buat Kamu Vlogger Pemula, 7 Aplikasi iPhone Ini Recomended Banget Buat Edit Video

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Menurut Ahlinya, Ini Lho 5 Tips Membeli Mobil Pertama Kali Agar Nggak Menyesal

Menurut Ahlinya, Ini Lho 5 Tips Membeli Mobil Pertama Kali Agar Nggak Menyesal

loading