5 Kuliner Korea dan Jepang Ini Punya Wujud yang Sama Namun Beda Rasa

www.yukepo.com

Jepang dan Korea memang dua negara yang dikenal maju dari segi teknologi dan industri. Selain karena dua hal tersebut, baik Jepang dan Korea juga terkenal dengan beberapa kulinernya yang khas. Bahkan kini, sudah banyak restoran Korea dan Jepang yang tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Lewat anime, makanan Jepang jadi semakin terkenal dan diburu banyak orang. Begitu pun dengan Korea yang memperkenalkan berbagai makanan khasnya lewat K-drama yang jadi tontonan favorit di kalangan remaja.  

Namun, tahukah kamu jika Jepang dan Korea memiliki daftar makanan yang terlihat serupa? Mungkin banyak dari kita yang sering keliru dalam membedakan keduanya. Nah, berikut beberapa makanan khas Jepang dan Korea yang serupa tapi tak sama. 

1. Sushi vs Kimbap

www.yukepo.com

Jika dilihat dari penampilannya, sepintas kedua makanan ini tak ada bedanya. Sama-sama nasi yang digulung menggunakan nori, ditambah beberapa bahan makanan di dalamnya. Namun, letak perbedaan sushi dan kimbap adalah isian yang digunakan. Jika sushi lebih banyak menggunakan olahan daging seafood, sedangkan kimbap menggunakan potongan daging sapi, telur, dan sayuran. Jadi keduanya tentu memiliki rasa yang berbeda. 

2. Gyoza vs Mandu

www.yukepo.com

Baik gyoza atau mandu, keduanya sama-sama terbuat dari kulit pangsit atau dumpling yang berasal dari China. Perbedaan keduanya terletak pada isiannya. Gyoza biasanya memiliki isian berupa daging cincang, kecap asin, dan bawang putih. Sedangkan mandu berisi bawang putih, bawang bombay, minyak wijen, jahe, kecap, lada, dan jamur. Cara memasak keduanya pun berbeda. Gyoza biasanya diproses dengan cara digoreng, sedangkan mandu dengan cara direbus. 

3. Ramen vs Ramyeon

www.yukepo.com

Dari namanya saja kedua makanan ini sudah serupa. Tapi meski begitu, ramen dan ramyeon memiliki cita rasa yang jauh berbeda. Perbedaannya terletak pada rasa kuahnya. Pada umumnya, ramen memiliki kuah dengan cita rasa asin gurih dan cenderung pedas. Sedangkan ramyeon memiliki cita rasa manis, asam, dan sedikit pedas. Rasa asam dari ramyeon sendiri berasal dari kimchi.   

Keduanya pun memiliki cara penyajian yang berbeda. Jika ramen disajikan di atas mangkuk berkuran besar, sedangkan ramyeon disajikan di sebuh panci khusus. 

4. Taiyaki vs Bungeoppang

www.yukepo.com

Mungkin jika dilihat dari penampilan, kedua makanan ini nyaris tak ada bedanya karena sama-sama berbentuk ikan. Tapi lagi-lagi perbedaan keduanya terletak pada isiannya. Taiyaki pada umumnya memiliki varian rasa yang cukup beragam, mulai dari kacang merah, sosis, bacon, dan coklat. Sedangkan bungeoppang hanya berisikan kacang merah saja. 

5. Okonomiyaki vs Pajeon
www.yukepo.com

Kamu pasti sudah tak asing dong dengan okonomiyaki? Nah, kalo pajeon mungkin masih banyak orang yang belum tahu. Kedua makanan ini sebetulnya menggunakan bahan yang sama, yakni terigu yang dicairkan. Tetapi okonomiyaki lebih berisikan bahan yang lebih beragam . Antara lain, daging gurita, jamur, cumi, udang, dan kol. Tak lupa diberi taburan mayonaise di atasnya. Sedangkan pajeon hanya menggunakan daun bawang sebagai isiannya, dan dimakan dengan cara dicocol kecap asin.

Itulah beberapa makanan khas dari Jepang dan Korea yang punya kesamaan dalam bentuknya, tapi punya cita rasa yang berbeda. Sekarang kamu sudah tahu perbedaan kuliner dari kedua negara tersebut? Mungkin karena faktor tetanggaan, jadi beberapa makanan dari keduanya terlihat sama persis. Kalo disuruh milih, kamu lebih suka makanan Jepang atau Korea?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Punya Koleksi Dress Tanpa Lengan? 20 Gaya ini Buat Kamu Tenang dan Nyaman Memakainya!

Punya Koleksi Dress Tanpa Lengan? 20 Gaya ini Buat Kamu Tenang dan Nyaman Memakainya!

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari  Kitab Suci - Keepodotme

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari Kitab Suci - Keepodotme

Lagi Viral, Ini 5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Donat Indomie Goreng

Lagi Viral, Ini 5 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Donat Indomie Goreng

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Hati-Hati, 6 Kebiasaan Buruk Saat Puasa Ini Bisa Bikin Jerawat Semakin Subur

Hati-Hati, 6 Kebiasaan Buruk Saat Puasa Ini Bisa Bikin Jerawat Semakin Subur

loading