5 Kuliner Andalan Buleleng yang Wajib Kamu Coba. Duh, Bikin Ngiler!

16 Juni 2018
|Robertus Ari
97SHARES

Nggak hanya terkenal dengan lumba-lumba cantik yang berada di Pantai Lovina, berkunjung ke Buleleng kamu juga bakal menemukan kuliner menarik. Kamu akan menemukan berbagai olahan yang bakal menggoyang lidah kamu. Meskipun kuliner Buleleng hanya sederhana dan tradisional, justru karena ini kamu wajib untuk mencicipi. Ingin tahu apa saja? Berikut beberapa kuliner rekomendasi yang harus kamu coba saat berkunjung ke Buleleng, Bali.

1. Jukut undis

Dalam bahasa Indonesia, jukut undis adalah kacang hitam. Ya, kuliner ini memang menggunakan bahan dasar tersebut. Hidangan sering menjadi pelengkap berbagai masakan khas Buleleng atau Bali, seperti untuk nasi campur dan sudang lepet. Jadi kalau kamu makan masakan khas Buleleng kalau belum dicampur dengan kuah jukut undis, rasanya belum lengkap. Untuk mencicipi kudapan ini kamu bisa menemukannya di berbagai warung makan daerah Buleleng.

2. Blayag buleleng

Kuliner ini sekilas mirip seperti pecel. Namun cita rasanya berbeda, karena Blayag Buleleng tidak menggunakan bumbu kacang, melainkan kuah kuning khas bumbu Bali. Di dalamnya terdapat isian seperti tauge, bayam, suwiran ayam, kacang tanah yang digoreng, telur rebus, dan bawang goreng. Biasanya sebagai teman bersantap disediakan juga peyek yang kriuk banget. Kuliner ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di Jl. Surapati No.124, Kampung Baru, Buleleng, Bali.

3. Sudang lepet

Tadi kuliner ini sudah disingguh di poin pertama. Sudang lepet adalah kuliner yang dimakan dengan ikan asin. Di Buleleng sudang lepet selalu dihindangkan dengan nasi campur atau nasi urap. Ikan ini digoreng kering dan renyah. Kemudian sebagai pelengkap tentu saja menambahkan jukut undis. Kamu sangat mudah menemukan kuliner satu ini di Buleleng. Harganya juga cukup terjangkau, kisaran Rp 15 sampai 20-an ribu saja.

4. Siobak Khe Lok

Siobak merupakan kuliner khas Tionghoa yang sudah ada di Bali sejak tahun 60-an. Kuliner non-halal ini salah satunya bisa kamu temukan di Kampung Tinggi, Singaraja dekat Pantai Lovina. Kuliner ini sungguh nikmat dengan saus yang pekat menggoda. Siobak khe lok di dalamnya terdapat irisan daging babi, lemak babi goreng, jeroan, babi, usus, dan kulit babi atau rambak.

5. Sate Plecing

Kalau berkunjung ke Buleleng, sate plecingnya nggak boleh ketinggalan untuk dicoba. Namun sayang, sate ini non-halal karena terbuat dari daging babi. Tapi kamu kamu yang ingin mencicipi, bedanya dengan sate lain, sambelnya tidak menggunakan sambal kacang. Tetapi menggunakan sambal cabai yang pedas. Kalau kamu ingin mencoba, datanglah ke Warung Sate Babi Plecing di Singaraja dekat pantai Lovita. Atau, bisa juga ke Sate Plecing Babi “Bli Made” di Jl. Laksmana, Buleleng.

 

Itulah tadi kuliner Buleleng yang selalu jadi andalan para wisatawan saat berkunjung ke sana. Bagaimana? Melihat gambarnya saja sudah bikin kamu menelan ludah, bukan? Makanya kamu wajib coba saat datang ke daerah ini. Selamat berwisata kuliner!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
97SHARES