5 Kesalahan dalam Persiapan Pernikahan Ini Sering Terjadi, Namun Bisa Dihindari, Kok!

09 Agustus 2017
|Olphi Disya

Budaya kita menyikapi sebuah pernikahan umumnya dengan perayaan sebagai salah satu bentuk sukacita. Maka dari itu, tak heran jika persiapan pernikahan menjadi momen yang menyenangkan sekaligus melelahkan. Mungkin sebagian besar para calon pengantin menemui hambatan saat persiapan pernikahannya, padahal beberapa kesalahan tersebut bisa banget dihindari. Inilah lima kesalahan dalam mempersiapkan pernikahan yang bisa kamu hindari agar hari bahagiamu menjadi sukses!

1. Nggak menentukan skala prioritas

Skala prioritas itu penting banget dalam perencanaan apa pun. Dalam persiapan pernikahan, kamu bisa menentukan skala prioritas, mana yang harus dipesan atau dilakukan duluan dan mana yang bisa kamu lakukan belakangan. Bisanya, hal-hal dengan biaya yang besar menjadi prioritas utama dan dikerjakan duluan, seperti menentukan venue, memilih gaun atau busana pernikahan, dan sebagainya. Lakukan prioritas tersebut sekitar delapan bulan sebelum tanggal pernikahan. Jangan lupa juga untuk selalu mendiskusikan konsep dengan pasangan dan panitia keluarga hingga menemukan kesepakatan.

2. Menyepelekan dan menunda-nunda

Meski biasanya segala persiapan pernikahan berlangsung setelah lamaran, namun nggak ada salahnya untuk mulai menyicil persiapan. Misalnya, dengan survei venue, vendor, atau sekadar mencari inspirasi dekorasi. Ketika tahap persiapan sudah "resmi" dimulai setelah lamaran, kamu bisa memanfaatkan waktu luang atau saat akhir pekan untuk bertemu dengan vendor, menyewa venue, berburu busana pengantin, hingga souvenir. Meskipun sepertinya hari pernikahanmu masih lama, tapi menyepelekan dan menunda-nunda akan membuat rencanamu menjadi lebih sulit terwujud di saat last-minute. Nggak mau kan persiapan dengan terburu-buru?

3. Nggak membentuk panitia keluarga

Peran dan keterlibatan anggota keluarga besar untuk acara pernikahanmu tentulah sangat berpengaruh terhadap kesuksesan acara. Maka dari itu, jangan anggap remeh panitia keluarga. Meskipun kamu pikir acara pernikahanmu sederhana atau udah ada wedding organizer, kamu tetap harus mempersiapkan panitia keluarga. Tim ini akan membantumu mempersiapkan hal-hal kecil atau jika sewaktu-waktu ada yang harus diubah. Kamu pun jadi nggak pusing sendiri mempersiapkan semuanya. Nggak perlu menitahkan jabatan tertentu pada setiap anggota keluarga. Cukup orang-orang terdekat yang kamu kenal dan kamu percaya.

4. Sibuk sendiri dan lupa dengan pasangannya

Nah, biasanya kesalahan ini sering dialami oleh para wanita. Sibuk mencari make-up artist yang bagus, kebaya pernikahan yang keren, hingga rencana bulan madu sampai lupa sama pasangannya sendiri. Padahal, sang calon suami pun butuh diperhatikan, mulai dari busana atau jas, treatment menjelang hari pernikahan, dan sebagainya. Nggak hanya wanita yang butuh persiapan ekstra, pria pun butuh hal itu, namun mungkin nggak sebanyak dan seintens wanita. Untuk menghindari hal ini, kalian harus rajin berdiskusi dan menyiapkan segalanya dengan cara berbagi tugas. Ingat, ini adalah pernikahan kalian berdua, bukan pesta salah satu pihak kan?

5. Semuanya serba mepet dan terburu-buru

Ingin terlihat langsing, tapi baru rajin olahraga seminggu sebelum hari H. Udah beberapa hari menjelang pernikahan, tiba-tiba ingin ganti konsep dekorasi. Semua yang serba dadakan pasti bikin pusing dan malah akan membuat mood kamu menjadi kacau sebelum hari pernikahan. Apalagi kalau perubahan mendadak atau terburu-buru belum tentu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik atau maksimal kan? Maka dari itu, kalau kamu memang punya rencana yang matang, kerjakanlah dengan konsisten. Kalau ingin terlihat lebih langsing atau kulit tampak lebih mulus, lakukan perawatan minimal empat bulan sebelum hari pernikahanmu.

Persiapan pernikahan adalah hal yang harus dikerjakan dengan serius. Memang melelahkan, namun hasilnya juga pasti akan sesuai dengan harapan jika kamu bisa menghindari kelima hal di atas. Semoga lancar dan bahagia selalu, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES