5 Investasi yang Cocok untuk Anak Muda Usia 20-an. Menguntungkan Banget, Nih!

08 Oktober 2017
|Olphi Disya
4SHARES

Mendengar kata investasi mungkin yang terbayang di benakmu adalah rumah, saham perusahaan besar, perhiasan, dan sebagainya. Padahal investasi nggak selalu berkaitan dengan kondisi keuangan tajir melintir. Kamu hanya perlu memperhatikan investasimu sekecil apapun nilainya agar nggak merugi.

Nah, beberapa jenis investasi di bawah ini cocok bagi anak muda yang pemula dan memiliki modal di kisaran 100-500 ribu per bulannya. Keuntungannya lumayan banget 'kan, apalagi buat kamu yang usianya 20-an! Check it out!

1. Tabungan jangka panjang

Menabung merupakan salah satu cara berinvestasi yang paling mudah. Investasi dengan menabung yang dimaksud adalah menabung di bank. Menabung memiliki risiko yang sangat rendah, tapi keuntungannya juga nggak terlalu tinggi. Umumnya, setiap tahun, tabungan di bank akan bertumbuh dengan bunga nggak lebih dari 2%. Investasi dengan tabungan di bank cocok untuk kamu yang konsisten, ingin main aman, dan nggak bertujuan untuk nyari untung.

Menabung per bulan: Rp 500 ribu

Perkiraan nilai investasi setahun: Rp 6.006.000

2. Investasi emas

Kalau kamu kira investasi emas itu sulit, kamu harus pahami lagi deh. Nyatanya, investasi emas terbilang mudah dan aman bagi anak muda. Nilai emas itu stabil, bahkan cenderung meningkat. Oleh karena itu, emas terutama emas batangan memiliki daya tarik tersendiri sebagai investasi awal bagi kamu yang masih pemula di dunia investasi. Kamu bisa menyimpannya sendiri atau dikelola di bank emas untuk mendapatkan info-info terkini seputar investasi emas.

Investasi emas 1 gram (harga beli): Rp 500 ribu

Perkiraan nilai investasi (harga jual): Rp 700 ribu

3. Reksadana

Bagi yang belum tahu, reksadana adalah skema investasi yang tujuannya untuk menghimpun dana dari pemilik modal. Mudahnya, kamu bersama orang lain akan patungan untuk menjadi pemodal atau investor bisnis tertentu. Meski begitu, investasi reksadana nggak repot sama sekali karena semuanya diurus oleh manajer investasi. Mirip dengan tabungan, reksadana punya risiko yang kecil namun nilai investasinya lebih besar dari tabungan (sekitar 5% lebih per tahun).

Reksadana per bulan: Rp 100 ribu

Perkiraan nilai investasi setahun (asumsi suku bunga 5%): Rp 1.338.000

4. Saham

Jangan kira main saham itu hanya untuk kalangan menengah ke atas atau bos-bos besar. Saat ini, pembelian saham cukup mudah dan nggak ramah di kantong anak muda. Nilai investasi yang kita berikan saat membeli saham memang menggiurkan. Ketika sentiment pasar tinggi terhadap sahammu, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat. Nilainya yang tinggi sebanding pula dengan risikonya. Jadi, bisa untung banget, bisa juga rugi banget. Harus cermat!

Saham (harga beli 100 lot): Rp 1300/lot                  

Perkiraan nilai investasi (harga jual): 1500/lot

Saham sangat tergantung dengan kondisi pasar sehingga sangat tidak pasti

5. Investasi pendidikan

Ini dia investasi jangka panjang dan kepemilikannya sangat eksklusif. Investasi pendidikan adalah investasi yang harus kamu lakukan sejak muda. Dengan pendidikan kamu bisa jadi apapun yang kamu inginkan selama jenjang karier yang kamu tekuni itu positif. Meraih pendidikan setinggi-tingginya akan menjamin masa depan. Investasi yang satu ini memang nggak akan berupa materi, tapi kepuasan setelah menempuh pendidikan pasti nggak ada bandingannya!

Biaya kuliah per semester: Rp 6-10 juta

Perkiraan keuntungan: tak terhingga

Jadi itu tadi kelima investasi yang cocok banget untuk anak muda. Kamu nggak perlu khawatir dengan kondisi keuanganmu karena itulah investasi, kamu harus yakin dan berani menumbuhkan uang jadi nilai yang lebih tinggi. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
4SHARES