5 Beasiswa Luar Negeri Favoritnya Pelajar Indonesia. Kesempatan Kuliah Gratis Terbuka Lebar!

29 September 2017
|Olphi Disya
171SHARES

Siapa yang tak tergiur beasiswa luar negeri yang bergengsi? Mungkin beasiswa yang menjadi paling favorit di kalangan pelajar Indonesia adalah LPDP yang merupakan program beasiswa dari pemerintah. Tapi kamu juga harus tahu alternative program beasiswa lain yang tak kalah menarik. Di antaranya adalah 5 beasiswa berikut ini. Siap-siap berburu ya, guys!

1. Beasiswa Erasmus

Kalau kamu bercita-cita untuk kuliah di Eropa, kamu bisa coba berburu beasiswa Erasmus+. Banyak pelajar Indonesia yang mengidam-idamkan beasiswa ini karena dananya yang besar. Ada banyak jenis beasiswa yang ditawarkan dan umumnya beasiswa ini menanggung biaya pendidikan, biaya hidup dan tempat tinggal, asuransi, dan biaya pulang pergi ke negara asal. Beasiswa yang dikelola oleh konsorsium yang berasal dari 27 negara lebih di Eropa ini menyediakan beasiswa S2 dan S3 untuk ratusan pelajar Indonesia tiap tahunnya.

2. Beasiswa Fulbright

Memimpikan untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat? Daftar beasiswa luar negeri Fulbright aja! Beasiswa dari pemerintah AS ini menawarkan setidaknya 7000 beasiswa ke 155 negara. Setiap tahunnya beasiswa ini menerima lebih dari 200 ribu awardee dari seluruh dunia. Ditawarkan dalam berbagai jenis, beasiswa Fulbright membuatmu berkesempatan untuk mengenyam pendidikan jenjang S2 dan S3. Adapun yang dijamin oleh beasiswa ini adalah biaya studi, tunjangan buku, uang saku perbulan, tiket pesawat hingga asuransi.

3. Beasiswa Chevening

Bagi kamu yang ingin merasakan kuliah di Inggris, kamu bisa mulai cari informasi tentang beasiswa Chevening, nih. Beasiswa yang ditawarkan dari pemerintah Inggris untuk calon mahasiswa internasional ini menyediakan sekitar 700 beasiswa untuk 41 ribu awardee lebih. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah master, tiket perjalanan dari dank e negara asal, biaya penyusunan tesis, biaya hidup, dan uang saku dengan kisaran £ 917-£ 1.134 per bulannya. Setiap tahunnya ada sekitar 25 beasiswa untuk pelajar Indonesia.

4. Beasiswa Australia Awards

Ingin kuliah di luar negeri tapi nggak mau yang jauh? Kejar beasiswa Australia Awards aja untuk bisa kuliah di negeri kangguru. Menariknya lagi, beasiswa ini memang diperntukkan bagi pelajar yang berasal dari negara berkembang dan tentunya terbuka banget untuk pelajar Indonesia. Adapun beasiswa yang ditawarkan adalah S2 dan S3 dan pilihannya adalah universitas ternama di penjuru Australia. Beasiswa ini menanggung biaya kuliah, biaya hidup, pelatihan Bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tiket pesawat, dan lain-lain. Indonesia masuk prioritas, lho!

5. Beasiswa Monbukagakusho

Pemburu beasiswa Jepang tentu udah nggak asing lagi nih dengan beasiswa yang satu ini. Bisa dibilang bahwa beasiswa ini cukup populer di 160 negara dan memiliki alumni penerima beasiswa sekitar 92 ribu lebih. Ada tujuh jenis beasiswa yang ditawarkan tiap tahunnya. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah, tiket pulang pergi dari negara asal, biaya masuk universitas, hingga uang saku bulanan kurang lebih 143 ribu yen. Menariknya lagi, program ini menawarkan beasiswa dari jenjang S1.

Jadi udah tahu mau berburu beasiswa luar negeri yang mana? Setiap tahunnya kelima program tersebut selalu membuka peluang untuk pelajar Indonesia, jadi nggak perlu ragu, siap-siap dari sekarang ya! Siapa tahu tahun depan kamu berhasil meraih beasiswa kan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
171SHARES