5 Bahan Alami Ini Bikin Bibir Hitam Kembali Merah Jambu Buat Sambut Hari Raya

14 Juni 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Selain karena faktor keturunan, bibir hitam bisa disebabkan oleh kebiasaan lain seperti merokok dan mengonsumsi minuman berkafein. Bahan kimia yang terkandung pada lipstik juga bisa memicu bibir menjadi hitam. Kebiasaan buruk menjilat bibir pun juga dapat menyebabkan bibir kering yang lama kelamaan menghitam karena terlalu sering terkelupas.

Warna gelap pada bibir ini seringkali membuat kurang percaya diri. Apalagi buat menyambut hari Raya Idul Fitri Nanti. Bibir hitam memang terkesan sepele dan tampak mudah disiasati dengan pewarna bibir. Namun meski sudah pakai lipstik, lama kelamaan bibir hitam akan kembali terlihat seiring memudarnya lipstik. Lip balm dan lip gloss pun kurang mampu mengatasi penampakan bibir hitam.

Biar bibirmu nggak melulu terkontaminasi bahan kimia, berikut bahan alami yang bisa bikin bibir hitam kembali jadi merah jambu.  

1. Gula

Selain bisa buat bikin teh jadi manis, gula ternyata bisa dipakai buat merawat bibir. Gula bisa difungsikan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir. Caranya mudah, campurkan dua sendok makan gula pasir dengan minyak zaitun. Oleskan pada bibir dan pijat-pijat lembut. Tunggu beberapa saat kemudian hapus dengan kain basah. Sel kulit mati yang terangkat bikin bibir kembali cerah. Lakukan seminggu sekali.

2. Bubuk kunyit

Nggak cuma bisa dipakai buat luluran, kunyit juga bisa membuat bibir jadi lebih merona. Campurkan bubuk kunyit dengan sedikit susu. Aduk sampai jadi pasta kemudian ratakan ke bibir. Kunyit mengandung pewarna alami kurkumin sehingga bisa membuat bibir tampak memerah.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung agen pemutih alami dan kaya akan vitamin C. Jeruk nipis juga bisa mengangkat sel-sel yang mati dan membuat bibir kering jadi segar kembali. Ambilah sepotong jeruk nipis lalu usap perlahan pada bibir. Kehitaman yang melanda bibir pun perlahan akan lenyap.

4. Stroberi

Stroberi mengandung mineral dan vitamin mampu membuat bibir gelap menjadi lebih cerah. Buah berwarna merah menggiurkan ini juga mampu mengangkat sel kulit mati yang membuat bibir tampak kusam. Mineral yang terkandung di dalamnya pun bisa melembabkan bibir. Caranya mudah, lumatkan sebutir stroberi lalu campurkan dengan petroleum jelly. Usapkan di bibir dan lihat hasilnya!

5. Jus Buah Bit dan Gliserin

Buah bit menghasilkan warna merah alami yang bisa memerahkan bibir. Campurkan satu sendok teh jus buah bit lalu tambahkan sepertiga sendok teh gliserin. Gliserin merupakan senyawa yang sering terkandung dalam kosmetik dan berfungsi sebagai bahan sabun. Oleskan secara merata di bibir kemudian usaplah dengan kain basah. Hasilnya, warna merah alami pun tertinggal di bibir seolah memakai liptint.

Selain mempraktikan cara alami tersebut, sebaiknya sering-seringlah mengonsumsi air putih dan buah-buahan segar. Sebab, bibir hitam juga bisa terjadi karena dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan bibir kering, mengelupas, kemudian jadi hitam. Ayo, cerahkan kembali bibirmu, biar nggak dikira lagi sakit saat hari kemenangan nanti.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES