12 Tips Belanja Bulanan buat Anak Kost yang Totalnya Nggak Sampe 200 Ribu!

unsplash.com

Bagi kamu para anak kos yang harus mengatur keuangan sendiri, pasti ada tantangan dan keuntungan tersendiri. Keuntungannya kamu bisa beli apapun yang kamu mau, nggak perlu takut dihakimi orangtua atau saudaramu. Orangtuamu juga nggak akan tega melihat kebutuhanmu nggak terpenuhi. Maka dari itu, kamu bisa belanja dengan suka hati.

Tantangannya adalah apakah uang yang kamu belanjakan sudah pantas dan nggak kebanyakan. Jangan-jangan selama ini kamu boros, sampe-sampe nggak bisa nabung dan beli sesuatu yang lebih penting.

Nah, supaya nggak masuk dalam jeratan boros, simak tips belanja ini yuk, guys! Siapa tahu semua kebutuhan belanja bulananmu cuma butuh uang sebesar 200 ribu!

1. Tentukan budget yang pas dengan kantongmu

unsplash.com

Ketika belanja, biasakan hanya bawa uang sesuai budget, jangan bawa uang lebih kecuali untuk parkir. Budget belanja bulanan untuk anak kos normalnya nggak lebih dari 100 hingga 200 ribu. Itu sudah termasuk bahan makanan, keperluan mandi dan cuci, alat tulis, dan keperluan tambahan lainnya.

Dengan membawa uang pas, kamu nggak akan tergoda membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. 

2. Selalu buat list barang belanjaan sebelum meluncur ke swalayan atau pasar

unsplash.com

Saat masih di kosan ambil secarik kertas kecil, buat daftar barang-barang yang perlu kamu beli, barang apa yang sudah habis persediaannya dan perlu diisi ulang, misal sampo, sabun, pembalut, bedak, baterai jam dinding, tisu, dan lain sebagainya. Biasanya untuk barang-barang kosmetik dan peralatan mandi kamu tidak akan belanja setiap bulan. 

3. Belanja bahan makanan

unsplash.com

Sebagai anak kos, kamu harus pandai memanfaatkan fasiltas kos untuk masalah makanan. Kalau kosmu menyediakan dapur dan kulkas tandanya kamu bisa menghemat uang makan dengan masak sendiri. Kamu perlu beli beberapa bahan makanan seperti beras, bisa juga makanan cepat saji yang tinggal digoreng. Bisa untuk stok makanan selama beberapa minggu dengan disimpan di kulkas.

Kalau tidak ada kulkas, belilah bahan makanan kering, misal spaghetti instan dan mi instan. Kalau kosmu tidak menyediakan dapur, kamu masih bisa berhemat dengan membeli sereal dan susu bubuk. Sereal bisa kamu konsumsi untuk sarapan, hemat dan sehat daripada harus makan di luar setiap hari. 

4. Jangan belanja ketika kamu lapar
giphy.com

Penting banget nih! Bisa-bisa uangmu habis karena kamu beli makanan ringan yang cukup banyak hanya karena lapar. Sebelum belanja, lebih baik kamu makan pagi atau makan siang dulu ya, supaya kuat juga membawa barang belanjaanmu nanti. 

5. Beli air minum galon akan jauh lebih murah
youtube.com

Sekarang kamu nggak perlu repot untuk beli air minum galon, kamu bisa manfaatkan delivery service. Untuk pemompa airnya pun sudah ada alat yang lebih mudah jadi kamu nggak perlu menggunakan dispenser.

Beberapa merk air minum juga menyediakan air galon dalam ukuran yang lebih kecil. Lumayan daripada harus membeli air minum dalam bentuk botol. Biasanya kamu hanya perlu mengeluakan uang sekitar 15 ribuan untuk persediaan minum sebulan. 

6. Kalau ada produk yang menawarkan persediaan dalam jumlah grosir dan harganya terjangkau, sikat saja!

id.pinterest.com

Kamu bisa beli susu cair yang dikemas dalam kotak besar, kalau kamu seorang konsumen rutin ambil saja produk itu. Kamu juga bisa beli snack ukuran besar yang bisa jadi persediaan jangka panjang di kamarmu. Begitu juga dengan sampo, daripada beli dalam bentuk sachet kecil, lebih baik beli dalam bentuk isi ulang besar. Lumayan kamu bisa menghemat banyak pengeluaran dan nggak perlu belanja bulan depan. 

7. Kurangi konsumsi daging dan makanan beku

unsplash.com

Masukan lebih banyak sayuran daripada daging dalam daftar belanjaanmu. Misalnya, daripada beli sosis atau chicken nugget yang mahal, lebih baik kamu beli telur dan sayuran segar. 

8. Sekali-kali beli produk dengan merek kurang terkenal

twitter.com

Terkadang kita selalu termakan nama dan iklan barang tertentu. Padahal beberapa produk tanpa merek pun punya kualitas yang bagus. Misal gula, lebih baik beli gula tanpa merek daripada beli gula bermerek yang lebih mahal. 

9. Belanja di jam-jam santai
unsplash.com

Lebih baik kamu belanja saat toko sedang sepi pelanggan, ini akan membuatmu santai dan lebih leluasa bergerak dan memilih barang yang kamu butuhkan. Ini juga akan membuatmu lebih teliti dan tidak terburu-buru sampai membeli barang yang salah atau kelupaan dengan barang yang sebenarnya sangat penting. 

10. Belanja buah pada musimnya
unsplash.com

Jangan beli mangga jika saat itu bukan musim mangga, harganya akan melonjak tajam. Beli buah yang saat itu sedang musim panen, kamu bisa menghemat banyak uang. 

11. Selalu teliti saat di kasir

giphy.com

Ketika di kasir kamu harus teliti juga, apakah hasil scan harga di kasir sama dengan yang tertera di label rak. Terkadang ada kesalahan yang merugikanmu, jadi teliti sangat penting. 

12. Simpan dan pelajari struk belanjamu

mediakonsumen.com

Untuk perbandingan belanja bulanan berikutnya, kamu perlu mempelajari struk belanjamu kali ini. Barang-barang apa yang bisa kamu hemat atau kurangi, produk apa yang ternyata mahal. Seiring waktu, kamu akan semakin pintar dan cermat mengatur pengeluaran belanjamu. 

Mengatur keuangan adalah keterampilan yang harus dimiliki anak kos masa kini. Jadi kamu-kamu para anak kos, yuk makin pintar dan cermat saat belanja bulanan. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Muncul Suara Aneh di Wilayah Pantura Jawa Tengah, Masyarakat Geger dan Menilai Sebagai Tanda Kiamat! - Keepodotme

Muncul Suara Aneh di Wilayah Pantura Jawa Tengah, Masyarakat Geger dan Menilai Sebagai Tanda Kiamat! - Keepodotme

Buat Freshgraduate, Hilangkan Jauh-jauh Rendah Diri. 11 Cara Ini Nih Jalan Keluarnya!

Buat Freshgraduate, Hilangkan Jauh-jauh Rendah Diri. 11 Cara Ini Nih Jalan Keluarnya!

Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta Tapi Malu Mengungkapkan - Keepodotme

Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta Tapi Malu Mengungkapkan - Keepodotme

Bukannya Anti Sosial, Hal Ini Lebih Seru Kalau Dilakuin Sendirian. Rela Dibagi-bagi?

Bukannya Anti Sosial, Hal Ini Lebih Seru Kalau Dilakuin Sendirian. Rela Dibagi-bagi?

Dari Putri Duyung Sampe Stalking Artis Idola, 5 Orang ini Punya Obsesi Teraneh yang Bikin Semua Orang Ngeri - Keepodotme

Dari Putri Duyung Sampe Stalking Artis Idola, 5 Orang ini Punya Obsesi Teraneh yang Bikin Semua Orang Ngeri - Keepodotme

Biar Bisa Tidur Cepat dan Nyenyak, Ikuti 8 Cara Ini. Bangun-bangun Seger!

Biar Bisa Tidur Cepat dan Nyenyak, Ikuti 8 Cara Ini. Bangun-bangun Seger!

loading