12 Skill Memasak Ini Bikin Kelihatan Jago Ala Chef Profesional. Sumpah, Easy Banget

17 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Ada banyak skill yang harus dikuasai untuk bisa bertahan di hidup yang keras ini. Salah satunya adalah memasak. Nah, untuk kamu yang punya masak, harus banyak-banyak bersyukur. Asalkan bisa nyalain kompor, kamu bisa bertahan dimana saja.

Kamu bisa juga kok masak dimana pun dan berasa kayak chef profesional. Walau ngekos dan bermodal bahan seadanya, kamu bisa bikin makanan kamu serasa menu yang ada di restoran. 

1. Biarkan bahan makananmu berada di ruangan selama beberapa saat setelah keluar dari kulkas

Salah satu tips yang paling sepele tetapi penting, terutama untuk bahan makanan seperti mentega dan keju yang kita harapkan akan meleleh ketika dimasak. Membiarkan mereka sejenak berada di ruangan akan menaikkan suhu mereka sehingga lebih mudah dimasak dan menghasilkan hasil yang maksimal. 

2. Rendam bawang dengan air es untuk mengurangi baunya yang tajam

Banyak yang menghindari bawang karena takut bau mulut setelah memakannya. Namun, tahu sendiri 'kan bawang merupakan bumbu penting apalagi untuk masakan Indonesia. Untuk mengurangi baunya, kamu bisa merendamnya sebentar dengan air es sebelum mengolahnya. Cara ini sudah banyak dilakukan di restoran milik chef profesional ternama. 

3. Buat kopimu makin nikmat dengan tambahan garam dan kayu manis

Mau bikin kopi ala kafe yang nikmatnya maksimal? Ternyata salah satu rahasianya adalah menambahkan sedikit garam dan bubuk kayu manis di bubuk kopimu sebelum kamu larutkan dengan air mendidih. 

4. Masak nasi menggunakan kaldu

Sekali-kali, masak nasi yang enak dengan menanaknya menggunakan kaldu ayam atau daging. Nasi kamu akan terasa seperti risotto atau nasi briyani, enak dimakan dengan lauk apa aja. 

5. Ganti garam mejamu dengan garam jenis lain

Ternyata garam punya beberapa jenis, nggak cuma garam meja halus yang kita biasa beli di warung, antara lain garam kosher dan garam laut. Garam ini tidak melalui proses yang panjang seperti garam meja. Ini yang membuat mereka lebih organik dan lebih mahal. Garam laut dan garam kosher punya tekstur lebih kasar dengan bulir yang lebih besar. Garam kosher biasa digunakan untuk membumbui daging steak. Sementara, garam laut punya tekstur paling kasar, biasanya hanya digunakan untuk taburan (finishing).  

6. Tambahkan garam ke saladmu

Kali ini garam digunakan untuk membuat saladmu makin renyah dan tidak terlalu berair. Caranya mudah banget, sebelum kamu beri dressing, buah dan sayur yang sudah kamu potong kecil-kecil tadi ditaburi garam secukupnya.

Tunggu beberapa saat, dan kamu akan mendapati salad kamu berair. Sekarang buang air dari sayuranmu tadi dan saladmu siap diberi dressing. Garam tadi sudah larut bersama air yang sudah kamu buang tadi, jadi saladmu nggak akan terasa asin sama sekali. 

7. Buat daging ayammu empuk dan menggoda dengan menambahkan putih telur dan tepung kanji

Bubuhi campuran putih telur dan tepung kanji sebelum memasak daging ayam. Putih telur dan sedikit tepung kanji bisa membuat daging ayammu tidak mudah gosong dan mengeras ketika dimasak, sehingga akan lebih empuk ketika sudah matang. 

8. Dua kunci resep kue yang perlu kamu ingat

Ternyata untuk membuat kue apa saja, kamu cuma butuh dua resep kunci ini: perbandingan berat antara tepung terigu dengan gula harus sama, begitu pula dengan perbandingan antara telur dengan mentega. Ingat, perbandingan yang dimaksud adalah beratnya (gram) bukan volumenya (cup) ya. 

9. Cara mudah membuat Egg Benedict kekinian

Egg Benedict kekinian ini memang membutuhkan trik dan skill khusus katanya. Ternyata ada cara yang lebih mudah untuk membuatnya, yaitu dengan menceplok telur terlebih dulu seperti akan digoreng di panci anti lengket, kemudian baru kamu tambahkan air perlahan-lahan. Tutup panci dan tunggu beberapa saat. Kamu bahkan bisa membuatnya dengan cetakan muffin dan memasaknya di oven. Jangan lupa tambahkan air, ya! 

10. Gunakan bahan yang dingin untuk membuat pastry

Ketika yang lain disarankan dibuat dengan bahan yang sudah dibiarkan hingga mencapai suhu ruangan, pastry membutuhkan bahan-bahan yang masih dingin, seperti mentega yang masih beku dan air es. Ini ditujukan untuk membuat pastry dengan tekstur renyah sempurna. 

11. Tambahkan tepung tapioka atau kanji untuk telur orak-arik yang creamy

Kalau kita makan di restoran atau kafe, telur orak-arik yang disajikan selalu creamy dan bervolume. Ternyata rahasianya adalah tepung tapioka. Tepung tapioka akan mencegah telur kamu overcooked dan terlalu kering. 

12. Tambahkan tepung roti ke daging burgermu

Salah satu rahasia daging burger agar crispy dan adalah campuran tepung roti di dalamnya. Ini juga yang akan membuat daging burger kamu lebih mudah dibentuk. 

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Langsung bisa dicoba nih skill masak ini mulai besok. Masakanmu jadi kayak bikinan chef bukan mimpi lagi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES