12 "Amunisi" Anti Homesick yang Harus Dipunya Saat Tinggal Jauh dari Orangtua

unsplash.com

Buat kamu yang harus tinggal jauh dari orangtua, selamat kamu akan menuju gerbang kehidupan yang sebenarnya. Sebab, kamu harus pandai-pandai buat menjaga dirimu dan ngapa-ngapain sendiri, karena sudah tidak ada orangtua yang akan siap siaga membantumu.

Walaupun punya banyak teman, mereka tidak akan sesiap siaga orangtua yang tinggal satu rumah. Kadang, hal ini yang bikin kamu gampang kangen rumah dan tiba-tiba jadi melankolis.

Hmmm, supaya kamu tetap survive di perantauan walau sedang jauh dari orangtua, perlu banget buat menyiapkan amunisi dengan baik saat tinggal di kosan. Apa saja amunisi yang perlu kamu punya? Simak langsung sumak aja ya, guys!

1. Walau nggak ber-AC, bikin kamarmu nyaman dengan punya kipas angin mini

www.beldray.com

Nggak semua orang bisa menyewa kamar kos ber-AC. Jadi, untuk kamu yang nggak punya kamar ber-AC, wajib hukumnya untuk beli kipas angin. Beli saja yang ukuran mini dan mudah dipacking, jadi nanti ketika kamu akan pindah kos kamu nggak kerepotan mengemas kipas angin kesayanganmu. 

2. Alat masak tenaga listrik

foodinjars.com

Terlepas dari ketersediaan dapur di kosmu atau tidak, kamu disarankan memiliki alat masak bertenaga listrik. Nggak masalah kalau kamu harus nambah biaya listrik, yang penting hidupmu terselematkan. Punya alat masak tenaga listrik akan memberimu banyak keuntungan, kamu nggak perlu jauh-jauh ke dapur untuk masak air atau masak mie instan. Cukup di dalam kamar aja. 

3. Setrika

thewirecutter.com

Banyak yang meremehkan setrika. Padahal setrika ini sangat bermanfaat. Kamu lagi buru-buru karena ada acara seminar, tapi bajumu kusut karena kelamaan di lemari. Kamu tinggal seterika aja selama beberapa menit, langsung rapi.

Meskipun kamu serahkan urusan bajumu ke laundry, nggak ada jaminan bajumu siap dipakai setelah lama disimpan di lemari. Ada resiko bau apek dan kusut, makanya sedia selalu seterika. 

4. Galon air isi ulang
wateroffer.com

Galon isi ulang akan menolongmu berhemat. Minum air putih adalah kebutuhan primer, jadi kamu harus selalu siap sedia. Beli galon air isi ulang, dan rasakan manfaatnya. Nggak ada deh yang namanya uang habis karena beli air botol tanggung terus. 

5. Peralatan makan
id.pinterest.com

Nah, ini, sering kali kita anak kos merasa nggak enak makan di luar terus. Kadang kita pengen makan di kamar sambil mengerjakan tugas atau nonton film, benar 'kan? Makanya sedia peralatan makan utama, yaitu sendok, garpu, piring, dan gelas

6. Lampu darurat

id.pinterest.com

Lampu darurat penting untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba ada pemadaman bergilir atau tiba-tiba lampu di kamarmu putus dan minta diganti, tapi kamu belum sempat beli. So, lampu darurat bisa mengentaskanmu dari kegelapan. 

7. Kabel roll dan terminal

www.aliexpress.com

Kabel roll, harus banget dimiliki anak kos masa kini yang tidak bisa lepas dari gadget. Biasanya di kamar, hanya ada satu sumber listrik. Akali dengan benda satu ini.

8. Kalender meja

id.pinterest.com

Benda ini seringkali baru kita sadari kegunaannya ketika sudah di ada di masa merantau. Rasanya sesek banget ketika tahu ternyata hari ini sudah masuk long weekend. 'Kan sayang, harusnya kamu bisa pulang kampung. Jadi, kalender meja penting untuk menandai kapan kita bisa pulang, eh menandai kapan harus bayar kos dan SPP juga sih. 

9. Obat-obatan pribadi
id.pinterest.com

Tinggal jauh dari orangtua menuntut kamu untuk mandiri dalam banyak hal, salah satunya ya merawat dirimu sendiri. Jadi pastikan kamu sudah punya beberapa obat-obatan umum seperti antibiotik, parasetamol, obat batuk, obat merah, dan lain sebagainya. Penyakit bisa datang kapan saja, jadi siapkan kantong P3K di kamar kosmu. 

10. Peralatan pembersih sederhana
id.pinterest.com

Jangan malas membersihkan kamar kos. Toh, kamu juga yang tinggal di dalamnya. Ingat tempat kotor sarangnya hantu, eh sarang penyakit. Jadi sediakanlah beberapa alat pembersih yang praktis saja, seperti kain pel, sapu kecil, cairan pembersih kaca. Kalau kamar kosmu punya kamar mandi dalam, siapkan juga karbol dan sikat kamar mandi. 

11. Gembok dan kuncinya

id.pinterest.com

Demi keamanan dan kemaslahatanmu, amankan barang-barang berhargamu dalam kotak atau lemari yang dilengkapi gembok, kalau perlu kamu siapkan juga gembok untuk pintu kamarmu. 

12. Meja lipat

id.pinterest.com

Tidak semua kamar kos menyediakan meja belajar. Kamu terpaksa belajar lesehan atau di kasur deh, tetapi kamu bisa mengakalinya dengan membeli meja lipat sederhana nan serbaguna.

Itu tadi list amunisi yang HARUS ada di kamar kosmu, terlepas dari barang-barang wajib seperti kasur, lemari, pakaian, dan peralatan mandi ya. Oke, para perantau, sudah siap menghadapi kerasnya dunia walau sedang jauh dari orangtua? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

Bantahan Bank Dunia Atas Data Prabowo yang Sebut 99 Persen Orang Indonesia Hidup Pas-Pasan - Keepodotme

15 Inspirasi Kado buat Temanmu yang Baru Nikah. Pengantin Baru Pasti Butuh!

15 Inspirasi Kado buat Temanmu yang Baru Nikah. Pengantin Baru Pasti Butuh!

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari  Kitab Suci - Keepodotme

Trauma Dapat Order Fiktif, Bang Taksol Cancel Perjalanan Pelanggannya Ke Barat Buat Mencari Kitab Suci - Keepodotme

Tanpa Minum Obat dan ke Dokter, Sembuhkan Sakit Kepalamu dengan 7 Cara Ini

Tanpa Minum Obat dan ke Dokter, Sembuhkan Sakit Kepalamu dengan 7 Cara Ini

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Peran Politisi Perempuan. - Keepodotme

Bro, Memilih Celana Dalam Pria Nggak Boleh Asal. Demi “Adik” yang Tetap Sehat

Bro, Memilih Celana Dalam Pria Nggak Boleh Asal. Demi “Adik” yang Tetap Sehat

loading