11 Resep Olahan Terong yang Nggak Kalah Enak, Daripada Bosen Disambel dan Digoreng Terus

03 April 2018
|Dwi Ayu Silawati
46SHARES

Terong adalah salah satu sayuran sehat yang sering dikonsumsi orang di Kawasan Mediterania yaitu Italia, Turki, Yunani, dan sekitarnya. Terong ini terbukti bisa jadi makanan alternatif favorit untuk para vegetarian sebab ketika dimasak ia punya rasa dan tekstur yang bisa menggantikan daging, selain jamur tentunya.

Di Indonesia sendiri, terong dijual dengan harga relatif murah, serta mudah sekali didapatkan kapan saja. Sayangnya, orang Indonesia hanya mengenal terong sebagai bahan makanan untuk digoreng, dijadikan sambal, atau campuran sayur lodeh.

Nah, buat kamu yang suka makan terong atau mau mencoba melakukan penghematan, simak beberapa resep olahan terong berikut untuk menu makanmu!

1. Terong panggang dengan topping

Supaya lebih sehat dan tidak menyerap terlalu banyak minyak, coba panggang terong yang kamu punya. Kemudian tambahkan bumbu sesuai selera. Coba selain sambal ya, misalnya salad yang berisi campuran yogurt dan mayonaise, tomat, dan sayuran lainnya. Lebih simple lagi, taburi dengan keju dan kacang yang sudah ditumbuk. 

2. Tumis terong dan jamur

Terong juga enak banget dipadukan dengan jamur. Tumis menggunakan daun bawang, tambahkan bayam. Jadilah makanan sehat kaya serat yang pas banget dinikmati dengan nasi panas dan sambal. 

3. Pasta dengan terong

Selain daging atau sosis, kamu juga bisa menjadikan terong sebagai pendamping jamur untuk topping pasta kamu. 

4. Sushi terong

Selain nori atau zucchini, kamu juga bisa membungkus nasimu dengan potongan terong tipis. Gulung seperti sushi, tambahkan mayones dan sushi terongmu siap disantap. 

5. Ragut terong

Ragut biasanya terbuat dari wortel dan kentang yang dilunakkan hingga bertekstur kental. Kamu bisa tambahkan bahan ragut kamu dengan terong lho. Cara masaknya sama saja, potong wortel, kentang, dan terong dalam bentuk dadu kecil, kemudian tambahkan bumbu, saus, air atau kaldu. Masak hingga lunak dan kental. Sajikan dalam bentuk lumpia atau disajikan di atas roti panggang. 

6. Taco isi terong

Taco biasanya diisi dengan potongan tomat, paprika, dan daging, serta saus-saus pelengkap lainnya. Nah, kamu bisa tuh coba modifikasi isinya dengan terong yang sudah kamu panggang. 

7. Nasi goreng terong

Selain untuk lauk, terong bisa jadi pelengkap nasi goreng lho. Pengganti potongan daging ayam yang tetap nikmat dimakan. 

8. Bikin ratatouille yang legendaris

Ratatouille adalah makanan legendaris asal Prancis yang salah satu bahan dasarnya terong. Nggak perlu kecil hati dulu, kamu nggak harus menatanya seindah yang dibuat chef-chef kenamaan. Buat kamu yang pemula, cukup potong dadu terong, tomat, timun, dan paprika. Kemudian tumis dengan bawang bombai dan bumbu lainnya. Kamu bisa juga memasaknya dengan oven untuk sensasi yang lebih otentik. 

9. Mie ayam terong

Kalau biasanya mie ayam dipadukan dengan jamur. Kali ini saatnya kamu padukan mie dengan lauk ayam dan terong. Cara bikinnya sama saja kok, hanya mengganti bahannya saja. 

10. Jadikan terong camilan pengganti kentang goreng

Biar camilan kamu lebih sehat, ganti kentang dengan terong. Potong terong tipis-tipis seperti kripik, beri bumbu sesuai selera, bisa garam, merica, dan sedikit saus sambal. Percikan sedikit minyak di atasnya, kemudian panggang dalam oven hingga kering dan crispy. 

11. Terong dengan keju parmesan

Kalau biasanya yang kamu masak dengan keju parmesan adalah pasta, kali ini kamu bisa coba masak terong sebagai penggantinya. Susun terong yang sudah dipotong bulat ke wadah, kemudian tambahkan saus dan bumbu, susun lagi terong dan saus hingga wadah cukup penuh. Beri taburan keju parmesan atau keju mozarella di atasnya. Kemudian panggang hingga matang. 

Masih banyak resep lain yang bisa kamu lakukan dengan terong. Praktikan dulu 11 resep di atas dan kamu akan menemukan ide-ide kreatif lainnya. Dijamin deh bikin ketagihan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
46SHARES