11 Ide Packaging yang Bisa Menghipnotis Pembeli. Jadikan Inspirasi buat Bisnis Online-mu!

11 Mei 2018
|Dwi Ayu Silawati
122SHARES

Makin ke sini, bisnis online mulai menjamur dan semakin digemari. Apakah kamu salah satu yang lagi merintis usaha macam ini? Kalau iya, kamu wajib mencoba beberapa inspirasi ide packaging yang menarik berikut ini, guys.

Selain brand dan kualitas produk yang bagus, desain sekecil apa pun itu akan memberi dampak besar untuk kelangsungan bisnismu ini. Tidak hanya kamu yang puas, tapi pembelimu juga akan merasa dilayani seperti raja beneran.

Meskipun barang yang kamu nantinya sederhana dan akan dikirim ke tempat nun jauh di sana, akan lebih baik jika kamu pastikan kualitas barangmu tetap aman. Selain itu, packaging cantik ini juga bisa bikin hati pembelimu senang.

1. Packaging yang menarik akan membuat pembeli nggak nyesel beli produkmu

Caranya bisa nih dengan memberikan kata-kata motivasi atau petuah kalau mereka tuh sudah mengambil keputusan tepat dengan membeli barang yang kamu jual. Apalagi produk kamu yang dijamin kualitasnya tidak main-main. Sematkan tulisan tersebut di dalam kotak, dan pas akan dibaca pertama kali ketika si pembeli membuka paket. 

2. Berikan kartu ucapan terima kasih

Selain kata-kata motivasi, kamu juga bisa berikan kartu ucapan terimakasih sudah membeli produk dari pengusaha pemula seperti kamu. Wah, si pembeli pasti ikut senang sudah memberi kamu yang notabene masih baru sebuah kepercayaan. 

3. Meskipun cuma pakai kertas cokelat biasa, tunjukkan kalau itu produk dari brand kamu

Packaging menarik nggak harus dari bahan kertas mahal dan tebal lho. Kamu bisa tunjukkan kesungguhan kamu dengan mencetak brand kamu di kertas pembungkus. Tambahkan kata-kata yang menarik seperti “Halo, akhirnya sampai juga!” atau “ Halo, apa kabar? Akhirnya aku menemukanmu.” 

4. Gunakan pilihan warna pop

Warna mencolok atau pop pas banget buat produkmu yang menyasar anak muda dan anak-anak. Seperti ini nih, siapa yang nggak jatuh cinta sama warnanya yang kece punya!

5. Berikan hadiah kecil di dalam paket kamu

Sebagai ucapan terima kasih atau selagi masa promo, coba deh beri pembeli hadiah kecil. Misalnya, sticker pack, kartu pos, atau cookies

6. Display produkmu sejelas mungkin

Kamu ingin pelanggan bisa melihat produk kamu bahkan sebelum membukanya? Bisa dong! Caranya gunakan perpaduan kertas atau kotak pembungkus dengan plastik mika dan display sebagian produkmu. 

7. Jual makanan jangan cuma modal plastik atau kertas bungkus lah!

Coba bikin yang beda, selain menempelkan stiker brand kamu. Bisa tuh kamu bikin menarik dengan menambahkan pita atau washi tape yang sesuai dengan tema brand kamu. Atau kamu bisa bikin makanan kamu menarik dengan bantuan tata letak yang seru, misal meletakkan garpu terbalik atau memisahkan saus dengan makanannya. 

8. Jual baju, nggak hanya dilipat dong!

Mengemas baju atau kaus nggak hanya dilipat, guys! kamu bisa menggulungnya atau membungkusnya seperti mengemas CD. Trend banget nih di kalangan musisi dan band yang jualan merchandise. Biasanya mereka memang menggabungkan CD mereka dengan kaos dalam satu paket. Seru, 'kan? 

9. Bikin bungkusan yang mirip toples

Nggak kalah hitsnya, sekarang ada tren zip lock yang berbentuk seperti toples. Bisa jadi kamuflase nih! 

10. Desain kotak packing yang cantik jadi nggak perlu kertas kado

Biasanya pembeli memesan barang untuk dijadikan kado buat orang lain. Biasanya bisa sih kita tawarkan tambahan packing dengan kertas kado. Namun, daripada ribet coba deh desain kotak paket kamu dengan indah, bagaikan sudah terbungkus kertas kado. Lebih praktis, bikin pembeli serasa buka kado. 

11. Kemas produkmu jadi sesuatu yang unik

Misalnya handuk yang kamu lipat dan beri beberapa aksesoris tambahan hingga terlihat mirip boneka. Alangkah senangnya saat membuka paket itu!  

Bagaimana para pengusaha muda, tertarik buat mencoba? Boleh lah memanjakan pembeli dengan memberikan packaging yang cantik, sekalian usaha bikin produk kamu makin laris. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
122SHARES