10 Siasat “Kerja Cerdas”, Biar Cepet Kelar dan Bisa Leyeh-leyeh Lebih Lama

08 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Kamu adalah seorang milenial masa kini yang selalu dikejar deadline dan target. Baik yang kuliah maupun udah kerja, pasti familiar dengan stres karena beban kerja dan tugas yang kadang berlebihan. Gimana nggak stres, target selalu menghatui, tapi berasa nggak ada habisnya.

Sebenarnya, kamu nggak perlu kerja terlalu keras, tetapi harus tahu bagaimana cara kerja yang cerdas. Dengan begitu, bebanmu akan cepat selesai dan bisa bersantai-santai lebih lama. Gimana caranya? Simak tips berikut ini ya. 

1. Sederhanakan pekerjaanmu

Sudah jadi hal lumrah kalau kita punya banyak pekerjaan, kita akan menuliskan semuanya di catatan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun, itu malah membuat kamu kebingungan dan tidak fokus sendiri. Makanya, caranya adalah menyederhanakan to-do-list kamu. Buat to-do-list mu menjadi 3-5 daftar pekerjaan saja. Pilih yang paling menjadi prioritas, detail atau perintilan hal kecil kamu singkat saja jadi satu pekerjaan. 

2. Nilai kinerjamu dari hasil, bukan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan

Kalau kamu fokus pada waktu, yang ada kamu malah kebingungan dan frustasi sendiri sebab kamu pasti merasa kekurangan waktu. Berusahalah santai dan fokus pada proses serta hasil pekerjaanmu. 

3. Jangan egois

Meskipun kamu dikejar deadline, jangan sampai kamu jadi egois dan nggak mau mengalah apalagi merasa kamu yang paling sibuk. Ingat, bahwa semua orang di kantor atau kampus juga punya tugas mereka sendiri, hargai mereka dan luangkan sedikit waktumu untuk membantu jika temanmu kesusahan. Yakin deh, kamu akan merasa lebih baik dan tenang setelah berbuat baik. 

4. Selalu berkomunikasi

Walaupun harus menyelesaikan tugas sendiri, kamu pasti butuh orang lain setidaknya untuk memberikan masukan di sana sini. Apalagi jika kamu bekerja untuk klien atau atasan, selalu komunikasikan ide dan kesulitanmu agar bisa diselesaikan bersama. Begitu juga buat kamu yang masih kuliah, nggak ada salahnya kamu tanya ke temanmu jika kamu mengalami kesulitan, meskipun itu tugas individu. 

5. Buat dan pertahankan rutinitas

Nggak peduli anak kuliahan, pegawai kantoran, freelancer, atau pengusaha sekalipun, kamu tetap perlu yang namanya jadwal rutin. Meskipun kamu punya jam kerja fleksibel atau jam kuliah yang berubah-ubah, usahakan kamu tetap punya jam tidur yang tetap, makan teratur, jam kerja dan belajar yang juga sudah kamu biasakan. Jadi secara tidak sadar setiap hari kamu akan punya cukup waktu untuk melakukan aktivitasmu dengan efektif.

Sebaliknya, jika setiap hari kamu bangun dan tidur di jam yang tidak menentu, kamu akan kebingungan sendiri. Mau coba? 

6. Kurangi tugas-tugas yang kurang penting

Sadarkah kamu kalau Mark Zuckerberg itu sering pakai baju yang modelnya sama setiap hari setiap waktu? Ternyata ia sengaja melakukan itu agar dia tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memilih baju yang harus dipakai. Jadi dia hanya punya beberapa model baju, kebanyakan hanya kaus oblong polos dengan warna yang hampir sama.

Di sini, intinya kalau kamu merasa sering kehabisan waktu, buat rutinitas yang bisa kamu lakukan tanpa berpikir terlalu lama, misal soal baju dan menu makan siang. 

7. Jangan lakukan terlalu banyak tugas dalam satu waktu (multitasking)

Buat kamu para cewek, pasti sering banget melakukan multitasking. Misalnya, sambil mengerjakan tugas kamu pilih-pilih barang di toko online. Tugas kamu akan lebih cepat selesai jika kamu kerjakan satu tugas sampai selesai, kemudian baru dilanjutkan dengan kegiatan lainnya. Jadi, kerjakan kewajibanmu dulu sampai selesai baru deh leyeh-leyeh sambil belanja online. 

8. Buat timeline yang rigid

Rigid di sini artinya kamu bisa buat timeline untuk pekerjaanmu dengan sangat singkat, dengan begitu kamu nggak akan merasa menghabiskan terlalu banyak waktu. Membuat timeline yang panjang memang dimaksudkan agar kamu tidak merasa tertekan dengan deadline yang terlalu ketat, padahal itu malah bikin kamu tergoda untuk terus menunda. Jadi buat yang rigid saja, nggak perlu bertele-tele dan langsung pada intinya. 

9. Menunda demi kebaikan

Kamu merasa tugasmu udah menumpuk hingga dibuat pusing? Ini saatnya menyegarkan pikiranmu dulu dengan melakukan sesuatu yang kamu senangi. Ini lebih baik daripada kamu memaksakan mengerjakan tugas saat itu juga ketika pikiranmu sedang penat, yang ada tugasmu malah terbengkalai dan tak kunjung selesai. Eitsss, tapi jangan lama-lama ya istirahatnya, secukupnya saja.

Menunda demi kebaikan ini bisa kamu lakukan dengan nonton video lucu, jalan-jalan sebentar, baca buku cerita, makan es krim, main games sederhana, olahraga ringan, dan lain-lainnya. Pokoknya yang bikin kamu rileks dan senang barang sejenak. 

10. Lakukan pekerjaan yang kamu suka dulu

Banyak yang bilang, kalau kamu ingin daftar tugasmu tuntas, mulailah dengan pekerjaan yang mudah dulu. Ya itu ide bagus juga, tetapi sebenarnya kita akan lebih tertarik dan bersemangat untuk memulai yang kita sukai dulu. Benar, nggak? 

Itu dia 10 hal yang kamu perlu lakukan untuk bekerja dengan cerdas, supaya kamu punya lebih banyak waktu untuk leyeh-leyeh. Semangat terus, ya! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES