10 Kuliner Serba Legendaris di Jogja. Ada yang Jualan Sejak Zaman Penjajahan!

www.reresepan.com

Jogja, kota yang dikenal sering mendatangkan para pelancong dari seluruh Nusantara. Banyak dari mereka datang dengan tujuan beragam, ada yang karena ingin melakukan liburan semata hingga ingin menempuh pendidikan di Kota Pelajar ini. Namun selain hal tersebut, banyak hal-hal menarik yang bisa kamu temukan di kota Gudeg ini, yakni kulinernya.

Kota ini memang dikenal memiliki kekayaan ragam kuliner. Tapi zaman yang terus berkembang membuat ragam kuliner cepat saji dan kekinian semakin banyak, hingga sajian tradisional sudah mulai tak terlihat. Namun meski begitu, masih banyak kuliner serba legendaris yang sampai saat ini masih bertahan dan makin digandrungi banyak orang, lho. Penasaran apa saja?

1. Oseng Mercon Bu Narti

www.tanahnusantara.com

Pecinta kuliner pedas, kamu harus coba Oseng Mercon Bu Narti. Kuliner ini sangat populer di Jogja. Isinya ada gajih, kikil, kulit, tulang muda, dan tentu saja cabe rawit. Warung Bu Narti ini sudah ada sejak 20 tahunan yang lalu. Hingga kini makin eksis dan ramai. Lokasinya ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Yogyakarta.

2. Mie Ayam Bu Tumini

www.caramudah.id

Mie ayam sangat banyak di Jogja, tapi kalau kamu ingin mencicipi yang legendaris, cobalah Mie Ayam Bu Tumini. Warung olahan mie ini sudah eksis sejak tahun 90-an dan kini memiliki pelanggan yang banyak. Bahkan, tiap hari warung Bu Tumini tak pernah sepi pembeli. Yang membedakan dengan mie ayam pada umumnya adalah dari kuah coklat kental yang bikin rasanya makin nikmat. Mau mencoba? Datanglah ke Jl. Imogiri Timur No.187, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.

3. Wedang Ronde Mbah Paiyem

indonesia.tripcanvas.co

Mbah Paiyem sudah jualan sejak tahun 60-an. Ia memiliki semangat yang tinggi untuk tetap berjualan wedang ronde olahannya. Minuman ini sangat cocok diminum ketika malam atau cuaca cukup dingin karena bisa menghangatkan badan. Bahkan, wedang ronde Mbah Paiyem ini dikabarkan sempat disinggahi Presiden Soeharto lho dulunya. Penasaran ingin ke sini? Alamatnya di Jl. Kauman, Yogyakarta.

4. Angkringan Kopi Jos Lik Man

rasakopi.com

Kalau doyan makan di angkringan, Kopi Jos Lik Man bisa jadi rekomendasi. Lik Man sudah jualan di Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Jogja. Warungnya adalah yang pertama jualan di sana. Sebab, saat ini sudah sangat banyak angkringan serupa di Jalan Wongsodirjan. Oiya, kopi josnya jangan sampai lupa kamu cicipi juga ya. Pokoknya maknyus!

5. Saoto Bathok Mbah Katro
ksmtour.com

Bukan typo, tapi namanya memang Saoto Bathok Mbah Katro. Lokasinya di Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Saoto ini cukup unik penyajiannya, yakni menggunakan bathok (tempurung kelapa). Rasanya juga juara dengan daging sapi. Cocok deh buat menu sarapan. Di sana juga ada menu pelengkap seperti satu usus, telur puyuh, gorengan, dan sejenisnya.

6. Jenang Lempuyangan Bu Gesti
deskgram.org

Tak heran kalau jenang olahan Bu Gesti ini digandrungi banyak orang, sebab rasanya memang benar-benar nikmat. Bahkan, jenang Bu Gesti ini jadi langganan Presiden Soeharto, Megawati hingga Hamengkubuwono. Rasanya manis, di dalamnya ada sumsum, candil, dan mutiara. Lokasinya di Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, Yogyakarta.

7. Es Buah PK

jajanjogja.com

Sejak tahun 1973, Es Buah PK sudah mengademkan kota Yogyakarta. Kalau kamu lagi ke Jogja, wajib kamu mampir ke sini. Di dalamnya ada beberapa macam buah, seperti sawo, kelapa muda, nangka, hingga alpukat. Sangat cocok untuk pelepas dahaga karena panasnya Jogja. Lokasinya di Jl. Pakuningratan No. 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

8. Mangut Lele Mbah Marto

food.detik.com

Untuk mencari lokasinya nggak mudah, soalnya berada di dalam perumahan desa. Alamat tepatnya di Jalan Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta. Ketika kamu masuk di desa Sewon, mungkin kamu bisa bingung. Tapi tenang, Mangut Lele Mbah Marto ini populer di sana, jadi kamu bisa tanya orang di situ pasti banyak yang tahu. Mangut ini adalah lele asap yang dimasak dengan santan pedas. Terus makannya kamu di dapurnya langsung, jadi sensasinya berbeda.

9. Gudeg Pawon

vacationpassage.com

Ya, gudeg memang andalan di Jogja. Bahkan, kamu bisa dengan mudah menemukan kuliner ini di berbagai kawasan Jogja. Namun rekomendasi yang bisa kamu coba adalah Gudeg Pawon. Lokasinya di Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta. Namun kalau kamu datang ke sini jangan terlalu malam ya. Sebab, tiga jam buka biasanya sudah habis. Gudeg ini sudah ada sejak tahun 1958 dan buka dari pukul 22.00 sampai 01.00 WIB.

10. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
regional.kompas.com

Banyak yang bilang, gudeg ini paling tua di Jogja, yakni Gudeg Mbah Lindu di Sosrowijayan. Julukan ini wajar saja, sebab Mbah Lindu sudah jualan sejak zaman penjajahan. Bahkan usianya sudah hampir satu abad, yaitu 97 tahun. Setiap hari Mbah Lindu jualan dari pagi pukul 05.00 sampai 11.00 WIB. Lokasinya di Jl. Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Pokoknya, gudeg yang satu ini wajib banget kamu coba, guys!

Itulah tadi deretan kuliner legendaris yang ada di Jogja. Apakah kamu sudah pernah mencicipi salah satunya? Atau, masih ada kuliner legendaris lain yang belum kesebut di atas? Kamu bisa tambahkan ke kolom komentar, ya. Selamat berwisata kuliner!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tumpas Berbagai Masalah Rambut Berhijab dengan 7 Rekomendasi Shampo Ini. Mujarab!

Tumpas Berbagai Masalah Rambut Berhijab dengan 7 Rekomendasi Shampo Ini. Mujarab!

Tampil Santai dengan Harem Pants Bikin Penampilanmu Se-hitz Selebgram. Nggak Percaya?

Tampil Santai dengan Harem Pants Bikin Penampilanmu Se-hitz Selebgram. Nggak Percaya?

Kepingin Putih Tapi Takut Nggak Aman? Cek 5 Kandungan Pemutih Aman Ini Dalam Kosmetik!

Kepingin Putih Tapi Takut Nggak Aman? Cek 5 Kandungan Pemutih Aman Ini Dalam Kosmetik!

Nggak Butuh Skill Masak, Ini 7 Menu Sahur Praktis Buat Anak Kos

Nggak Butuh Skill Masak, Ini 7 Menu Sahur Praktis Buat Anak Kos

Elegan nan Memesona, 19 Gaun Bridesmaids Ini Bisa Dicontoh buat Pesta Nikahanmu Nanti

Elegan nan Memesona, 19 Gaun Bridesmaids Ini Bisa Dicontoh buat Pesta Nikahanmu Nanti

Cuma Ada di Luar Negeri, 10 Varian Rasa Pie McDonald’s Ini Bikin Kepengen Nyobain

Cuma Ada di Luar Negeri, 10 Varian Rasa Pie McDonald’s Ini Bikin Kepengen Nyobain

loading