10 Kuliner Khas Daerah Ngapak Ini Bikin Lidah Jatuh Cinta, Rugi Nggak Mencicipinya!

www.yukepo.com

Mendengar kata ngapak pasti langsung terbayang dengan dialek yang super medok dengan pengucapan huruf A dan K yang tegas. Masyarakat berdialek ngapak tersebar di wilayah Kebumen, Cilacap, Banyumas, dan sekitarnya. Tidak hanya bahasanya yang unik, wilayah-wilayah masyarakat berdialek ngapak juga memiliki kuliner khas tersendiri. Mungkin selama ini hanya mendoan yang terkenal. Namun, banyak kuliner khas lainnya yang membuat lidah jatuh hati. Berikut sepuluh di antaranya.

1. Mendoan

resepanekamasakantradisional.blogspot.com

Mendoan adalah camilan legendaris yang jadi ikon kuliner masyarakat di wilayah masyarakat yang berdialek ngapak. Terbuat dari tempe khusus yang super tipis yang digoreng dengan balutan tepung. Mendoan digoreng sebentar dalam minyak panas sampai setengah matang alias “mendo”.

2. Soto Sokaraja

kulinersgt.wordpress.com

Soto Sokaraja cukup berbeda dengan soto lainnya. Terbuat dari ketupat, kubis, kecambah, daun bawang, mi sohun, bawang merah goreng, suwiran ayam, dan kerupuk yang disiram dengan kuah kaldu bening, Tambahan bumbu kacang dan sambal cabai rawit membuat Soto Sokaraja jadi lebih gurih dan nikmat. Apalagi kalau disantap dengan mendoan

3. Sate Bebek

phinemo.com

Saat berkunjung ke Banyumas, sayang sekali jika tidak mengunjungi Kecamatan Tambak. Tepatnya di Pasar Tambak, banyak penjual sate bebek mulai dari warung tenda dan warung makan ala resto. Kalau biasanya daging bebek itu alot, sate bebek Tambak justru berteksur lembut dan manis. Biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang gurih dan gulai tulang bebek.

4. Sate Ambal

travelingyuk.com

Sate Ambal merupakan makanan khas kecamatan Ambal di Kabupaten Kebumen. Sate Ambal terbuat dari daging ayam atau daging kambing yang dibumbui kecap manis. Kalau biasanya, bumbu sate terbuat dari kacang, bumbu sate Ambal justru terbuat dari tempe yang diulek dan dimasak dengan rempah-rempah.

5. Nasi Penggel
catatanresepseorangistri.wordpress.com

Masih dari Kebumen, ada kuliner yang dinamakan  Nasi Penggel. Makanan ini terbuat dari yang dikepal-kepal sebesar bola pingpong. Nasi itu ditata di atas daun pisang yang dipincuk. Biasanya disiram dengan sayur nangka muda yang disantan dengan tambahan daun singkong dan kikir atau jeroan yang dimasak pedas. Nasi Penggel paling nikmat disantap menggunakan mendoan panas.

6. Sate Blengong
ksmtour.com

Blengong merupakan unggas hasil persilangan bebek dan menthok dengan tekstur daging mirip bebek tetapi tidak amis. Sebelum dimasak, dagingnya akan direbus dulu agar lebih lunak. Sate Blengong dihidangkan dengan ketupat glabet khas Brebes kemudian disiram kuah berbumbu. Kuah sate ini terbuat dari santan yang dimasak dengan rempah yang bercitarasa pedas.

7. Gembus

www.bukalapak.com

Camilan yang satu ini hampir bisa ditemukan di seluruh wilayah berdialek ngapak. Gembus terbuat dari singkong yang diolah dan dibentuk menyerupai donat. Kemudian digoreng dalam minyak panas yang melimpah sampai mengambang. Gembus bisa dinikmati bersama soto Sokaraja dan  pecel.

8. Kraca

cookpad.com

Kraca terbuat dari keong sawah atau tutut yang dimasak dengan kuah gurih dan pedas. Keong ini dimasak dengan bawang merah, bawang putih, pala, merica, garam, dan cabai. Kraca biasa dijual mendekati dan selama bulan puasa.

9. Rempeyek yutuk

zonekebumen.blogspot.com

Beralih ke wilayah pesisir Cilacap, ada makanan legendaris, yakni rempeyek yutuk. Yutuk atau disebut juga undur-undur laut dengan bentuk  menyerupai kepiting yang habitannya di tepi pantai. Yutuk ini biasa dibuat rempeyek yang digoreng garing. Rasanya gurih seperti udang dan ada sensasi manis pada dagingnya.

10. Brekecek
cookpad.com

Cilacap memang kaya akan hasil lautnya sehingga terciptalah masakan brekecek. Brekecek ini seharusnya terbuat dari kepala ikan yang dimasak dengan bumbu seperti rica-rica. Namun, banyak juga yang memasak bagian dagingnya agar lebih mudah dinikmati.

Kuliner dari Banyumas dan sekitarnya memang tampak lezat dan menggiurkan. Kalau suatu saat mengunjungi daerah-daerah itu bakal nyesel  banget kalau nggak mencicipi kulinernya. Yang belum pernah, pasti ingin segera bertandang ke sana. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
OOTD Monokrom yang Classy-nya Selevel Princess. Satu Warna, Siapa Takut!

OOTD Monokrom yang Classy-nya Selevel Princess. Satu Warna, Siapa Takut!

Dandan Menor atau Polosan, Pevita Pearce Diapa-apain Juga Tetap Cantik. Setuju?

Dandan Menor atau Polosan, Pevita Pearce Diapa-apain Juga Tetap Cantik. Setuju?

Usia Boleh Seperempat Abad, Tapi Sering Dikira Bocah. Dandan Kayak IU Aja!

Usia Boleh Seperempat Abad, Tapi Sering Dikira Bocah. Dandan Kayak IU Aja!

Kekinian dan Aneh Itu Beda Tipis, Model Celana Jeans Kebalik Ini Contohnya!

Kekinian dan Aneh Itu Beda Tipis, Model Celana Jeans Kebalik Ini Contohnya!

7 Alasan Betapa Pentingnya Pake Toner Tiap Hari, Jangan Bikin Kulitmu Merana

7 Alasan Betapa Pentingnya Pake Toner Tiap Hari, Jangan Bikin Kulitmu Merana

Sering Dituding Jadi Penyebab Gemuk, Ternyata Ini 5 Manfaat Ngemil untuk Kesehatan Tubuh

Sering Dituding Jadi Penyebab Gemuk, Ternyata Ini 5 Manfaat Ngemil untuk Kesehatan Tubuh

loading