10 Kata Bahasa Inggris Ini Penyebutannya Mirip Banget! Kamu Bisa Nggak Bedainnya?

29 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Ternyata, nggak hanya bahasa Indonesia aja yang memiliki kata-kata homofon alias kata dengan bunyi yang sama. Bahasa Inggris juga memiliki kata yang bunyinya mirip, bahkan ada yang sama persis. Bagi yang lagi belajar menguasai bahasa Inggris, kata-kata di bawah ini mungkin bikin bingung gimana cara membedakan pengucapannya. Coba deh tes kemampuan pronouncation kamu di sepuluh pasangan kata berikut ini.

1. Accept & Except

Mungkin dua kata ini merupakan kata-kata yang paling membingungkan, ya? Accept merupakan kata kerja yang artinya menerima dan cara bacanya adalah /ek-sept/ (e seperti menyebut bebek). Sementara except berarti kecuali dan cara bacanya adalah /ik-zept/.

2. Affect & Effect

Mirip juga nih dengan poin sebelumnya. Affect adalah kata kerja yang memiliki arti memberikan pengaruh pada orang lain. Cara bacanya adalah /e’-fekt/ (e seperti menyebut bebek). Sementara effect adalah kata benda yang berarti hail dari suatu pengaruh dan cara membacanya adalah /i’-fekt/.

3. Buy & By

Pasti kamu menyebutnya dengan pengucapan yang mirip nih. Buy merupakan kata kerja yang artinya membeli, sementara by adalah kata depan yang biasa diartikan sebagai kata 'oleh'. Keduanya memang terdengar sangat mirip karena penyebutannya sama-sama /bai/.

4. Write & Right

Kedua istilah ini memang terdengar mirip, padahal keduanya memiliki arti yang berbeda. Penyebutan kata write dan right sama-sama berbunyi /rait/. Coba deh kalau kamu harus mengucapkan kalimat, “I write the right”, pasti kayak nggak ada bedanya!

5. Hear & Here

Ada lagi nih dua kata dalam bahasa Inggris yang bunyinya sama. Hear yang berarti mendengar dan here yang artinya di sini sama-sama dibaca /hir/. Memang agak sulit membedakannya kalau diucapkan tanpa ada kata lain.

6. Hurt & Hard

Pernah dengar istilah, “No hard feeling”? Beberapa orang mungkin mengiranya istilah tersebut adalah “No hurt feeling” karena menyatakan antisipasi terhadap pesan yang mungkin membuat orang lain tersinggung. Padahal, hurt dibaca /he:t/ (e seperti menyebut elang) dan hard dibaca /ha:d/.

7. Leave & Leaf

Cara pengucapan yang mirip membuat kedua kata ini sering tertukar. Padahal, cara bacanya agak berbeda. Leave yang berarti meninggalkan dibaca /li:v/ dan leaf yang artinya daun dibacanya /li:f/. Masih bingung? Kata leave biasanya diucapkan dengan huruf I yang lebih panjang.

8. Suite & Sweet

Meskipun komposisi hurufnya yang berbeda, namun kedua kata ini sering salah penyebutannya. Suite dan sweet sama-sama dibaca /swi:t/. Kata suite menggambarkan sebuah tipe kamar umumnya di hotel, sementara sweet berarti manis.

9. Than & Then

Kedua kata ini nggak hanya sering salah diucapkan, tapi juga sering salah penggunaannya. Than artinya daripada, sementara then artinya kemudian. Cara penyebutannya memang mirip banget bahkan seperti nggak ada bedanya, yaitu /dhen/.

10. To & Too

Terakhir, ada dua kata yang nyaris nggak ada bedanya. Bahkan, komposisi hurufnya hampir sama. Meskipun artinya berbeda, namun keduanya memiliki cara baca yang sama, yaitu /tu:/ dan berlaku juga untuk penyebutan kata "two".

Gimana? Masih bingung atau tambah bingung nih? Tapi, kata-kata dengan bunyi yang mirip itu bisa dibedakan dan dimengerti kok kalau kamu mendengar padanan kalimatnya. Menurutmu, mana nih yang paling bikin bingung?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES