10 Hidangan Daging Lezat Untuk Hari Raya Idul Adha, Nggak Melulu Disate dan Direndang!

www.yukepo.com

Idul Adha merupakan perayaan besar bagi umat muslim selain Idul Fitri. Pada hari itu, orang muslim berpesta sekaligus berbagi rezeki kepada orang-orang yang membutuhkan berupa daging kurban. Semua orang menikmati daging bersama keluarga, kerabat, dan teman masing-masing. Daging kurban yang diperoleh biasanya dibuat rendang dan disate saja.

Namun, lebaran tahun ini, ada baiknya kita berinovasi agar tidak bosan dengan menu yang biasa disantap dari tahun ke tahun. Ragam hidangan daging berikut ini bisa menginspirasimu!

1. Sate Lilit Sapi

www.shopback.co.id

Kalau biasanya sate lilit terbuat dari daging ikan maupun ayam, daging sapi pun bisa jadi bahan utamanya. Cincang daging sapi menggunakan chopper atau blender kemudian dibumbui dengan bawang bombay, bawang putih, lada, pala, garam, dan kacang tanah goreng. Daging giling tersebut kemudian dikepal-kepal pada batang sereh. Sate lilit pun akan semakin sedap saat disajikan dengan sambal matah.

2. Sampadeh Dagiang

ferryberbagi.blogspot.com

Nggak cuma rendang, masakan Minang satu ini juga memanjakan lidah pecinta pedas. Gurih empuknya daging sapi berpadu dengan bumbu rempah asam dan pedas. Bumbu-bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, cabe giling, jeruk purut, daun kunyit, dan cabai giling.

3. Sup Buntut

www.resepbumbumasak.com

Anugerah luar biasa kalau mendapat jatah daging kurban bagian buntut sapi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk memasak sup buntut. Bumbunya pun nggak ribet hanya terdiri dari bawang putih, bawang merah, lada, garam, dan pala. Hanya saja perlu perebusan beberapa lama untuk mendapatkan kuah kaldu yang gurih dan tekstur daging yang lembut.

4. Tongseng

citarasaindonesia.co.id

Daging kambing maupun sapi sama-sama bisa dibuat tongseng. Hidangan berkuah ini dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, garam, gula, dan kecap yang ditumis dan diberi kuah kaldu daging. Tongseng biasanya kubis dan tomat segar.

 

5. Kari India
www.gastrosenses.com

Hidangan dengan aroma rempah ala India bisa membuat hidangan hari raya menjadi lebih beragam. Kari khas India bisa terbuat dari daging sapi, kambing, maupun ayam. Bawang putih, bawang bombay, dan jahe ditumis sebagai bumbu dasar kemudian ditambah bubuk kari yang terdiri dari cabe giling, kapulaga, kunyit, dan kayu manis. Kari India tidak akan sempurna tanpa dibumbui dengan garam masala.

6. Tengkleng
news.detik.com

Saat Idul Adha, terkadang kita tidak hanya mendapatkan daging tetapi juga segepok balungan. Dari pada bingung, balungan bisa diolah menjadi tengkleng. Entah tengkleng sapi atau kambing semuanya sama-sama nikmat dengan kuah yang kaya rempah. Bumbunya terdiri dari, bawang merah, bawang putih, lada, bunga pekak, kapulaga, garam, dan gula. Ada juga tambahan sereh dan daun jeruk purut yang menjadi sumper aroma sedapnya.

Selain versi yang berkuah, tengkleng juga bisa disajikan lebih kering dengan bumbu yang menempel sempurna pada dagingnya.

7. Kikil Bakar

ramesia.com

Kikil pun jadi bagian yang sering dibagikan panitia kurban kepada masyarakat. Kikil bakar bisa jadi alternatif olahan yang memanjakan lidah. Agar lebih empuk, rebus dahulu kikil dengan jahe, daun salam, dan sereh. Buatlah bumbu bakar dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, gula, garam, dan lada. Tambahkan kecap sebagai olesannya.

8. Oseng Mercon Jeroan

www.bintang.com

Hidangan khas Yogyakarta ini berbahan utama daging dan bisa juga dikombinasikan dengan jeroan. Jeroan sapi atau kambing ditumis dengan bumbu rempah dan cabai yang melimpah. Ditambah juga dengan sereh dan daun salam untuk menambah aroma. Hati-hati, oseng mercon itu pedasnya meledak-ledak.

9. Bakso

www.vemale.com

Karena punya stok daging yang melimpah ruah, kamu bisa mengolahnya menjadi bakso yang sedap. Daging sapi digiling kemudian ditambah tepung kanji, telur, bawang putih, garam, dan lada. Bentuk bulat-bulat dan rebus sampai mengambang. Bisa disajikan dengan kuah kaldu sapi maupun digoreng sebagai camilan.

10. Sup Kaki Sapi
beritabaik.web.id

Kaki sapi direbus sampai daging-daging yang menempel bisa lepas dengan mudah. Bisa juga menggunakan presto untuk menyingkat waktu. Bumbunya pun sederhana, hanya bawang putih, garam, lada, dan daun bawang. Namun, sensasi menyeruput sumsum dari tulangnya sungguh luar biasa.

Kini kamu tidak perlu bingung kalau punya stok daging yang melimpah saat Idul Adha. Banyak hidangan yang bisa kamu masak. Namun, walau nikmat tiada tara, ingatlah jangan mengomsumsinya berlebihan. Kamu juga harus memperhatikan tekanan darahmu dan kolesterol jahat yang mengancam. Waspadalah, waspadalah!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Makeup Anti Menor Ala Lindswell Kwok, Tetap Cantik Walau Bermandikan Keringat Saat Wushu

Makeup Anti Menor Ala Lindswell Kwok, Tetap Cantik Walau Bermandikan Keringat Saat Wushu

Punya Anak Bukan Halangan buat Tetap Tampil Kece, Sabai Dieter Adalah Bukti Nyatanya

Punya Anak Bukan Halangan buat Tetap Tampil Kece, Sabai Dieter Adalah Bukti Nyatanya

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Contouring dan Strobing. Jangan Keliru Lagi Yes!

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Contouring dan Strobing. Jangan Keliru Lagi Yes!

Dandanan Minimalis Ala Yuki Kato Ini Pas buat Cewek Males Ribet. 10 Menit Kelar!

Dandanan Minimalis Ala Yuki Kato Ini Pas buat Cewek Males Ribet. 10 Menit Kelar!

Dandan buat Ngantor Ala Makeup-nya Sekretaris Kim, Terlihat Segar dan Memukau

Dandan buat Ngantor Ala Makeup-nya Sekretaris Kim, Terlihat Segar dan Memukau

Nggak Cuma Nasi Goreng, 10  Masakan Berbahan Dasar Nasi Ini Bikin Lahap Makan

Nggak Cuma Nasi Goreng, 10  Masakan Berbahan Dasar Nasi Ini Bikin Lahap Makan

loading