10 Dekorasi Dapur Shabby Chic Ini Bakal Bikin Kamu Betah Masak Seharian

02 Januari 2018
|Chandra W.
958SHARES

Kalau dulu dapur hanya dipandang dari fungsinya untuk memasak sehingga dekorasi kurang diperhatikan, sekarang berbeda keadaannya. Aspek estetika atau keindahan juga penting, termasuk di tempat yang digunakan untuk menyiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga.

Salah satu dekorasi yang selalu digemari terutama oleh perempuan adalah dapur bergaya shabby chic, salah satu gaya dekorasi menggunakan perabot lawas atau bahasa gaulnya: vintage. Seperti sepuluh dekorasi di bawah ini contohnya. 

1. Salah satu hal yang penting dalam dekorasi shabby chic adalah pemilihan warna yang lembut, misalnya putih, krem, atau merah muda

Warna putih selain memberikan kesan bersih, juga memberikan kesan lapang dan sangat netral sehingga mudah dipadukan dengan tempat gantungan cangkir berwarna kayu natural. 

2. Selain warna, wallpaper juga bisa memberikan sentuhan vintage di dapur. Pilih wallpaper bergambar bunga mawar

Bunga mawar atau bunga apa saja tidak masalah. Pilih yang warna dasarnya lembut. Warna pastel seperti kuning muda, merah muda, dan biru muda adalah pilihan terbaik. 

3. Jika dapurmu memiliki pantry atau dekat dengan area meja makan, pilih perabot berbahan dasar kayu dengan warna natural cokelat muda atau cokelat tua

Bahkan kamu juga bisa memilih gorden dengan warna emas jika dapurmu memiliki jendela ke arah luar. Warna emas identik dengan kemewahan, tapi jadi vintage ketika dipertemukan dengan warna putih, lampu gantung berwarna senada, dan hiasan-hiasan dinding bergambar bunga mawar. 

4. Selain wallpaper, gunakan juga wadah-wadah bumbu / gula / kopi berupa kaleng dengan motif serupa

Selain itu, tutup microwave atau tutup dispenser dan tutup apa saja juga memegang peranan penting. Pilih yang warnanya juga lembut dan ada aksen pita atau bunga di atasnya.

5. Serbet juga ternyata bisa menjadi elemen dekorasi yang penting lho. Seperti pada foto di bawah ini

Serbet yang biasanya hanya dilipat atau bahkan terabaikan di pojok dekat kompor bisa jadi elemen dekorasi kece jika kamu memilih atau membuat serbet dari kain berpola polkadot dan warna shocking pink atau pola dan warna lucu yang lain. Gantungkan di pintu lemari bawah supaya dapurmu terlihat lebih kece. 

6. Di meja makan, kamu bisa menggunakan tudung saji yang juga bergaya shabby chic supaya dapur dan ruang makanmu semakin matching

Bahkan kalau meja makan tidak terbuat dari kayu dan malah terbuat dari kaca seperti gambar di atas, masih bisa tampil shabby chic dengan tudung saji bertutup floral. 

7. Kalau kamu memang niat banget, bisa ditiru nih kompor gas dengan motif bunga-bunga juga

Entah itu kompor gas edisi khusus atau sengaja ditempelin wallpaper, yang jelas kompor gas ini bikin dapur semakin stunning. 

8. Penataan yang cenderung terlihat 'berserakan' juga bagus lho, yang penting tetap bersih

Tidak seperti dapur untuk rumah minimalis, dekorasi shabby chic justru akan terlihat lebih menarik jika susunan barang-barangnya sedikit acak. 

9. Nah bukan hanya warna merah muda saja yang cocok untuk dapur shabby chic. Hijau tosca begini juga memberikan kesan lawas

Penggunaan warna meskipun hanya pada satu bagian dapur ternyata sangat berpengaruh kan? Jadi harus berhati-hati ya ketika memilih warna ya. 

10. Tambahkan juga elemen dekoratif seperti talenan hiasan yang digantung pada dinding

Pot bunga warna cerah yang digantung juga bikin dapurmu beda nih dengan yang lain. Dan yang penting, tetap shabby ya. 

Itu dia sepuluh inspirasi dekorasi dapur shabby chic buat kamu. Bisa nih diterapkan buat kamu yang males banget masak di dapur karena kotor atau bau. Nah kalau dapurnya sudah cantik begitu, siapa sih yang tidak mau memasak di sana?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
958SHARES